Uruguay Vs Portugal, Bukan Hanya Sekadar Ronaldo dan Suarez

#WorldCup2018 Dipastikan berlangsung dalam tensi tinggi

Dua tim dengan karakteristik yang mirip harus bertemu terlalu cepat. Meski laga yang akan berlangsung di Fisht Stadium Sochi pada Sabtu (30/6) malam waktu setempat itu sejatinya adalah pertemuan antara Uruguay dan Portugal, namun perhatian justru diarahkan kepada sosok penting dari masing-masing kubu.

Siapa lagi kalau bukan Luis Suarez dan Cristiano Ronaldo. Sama-sama menempati pos terdepan, rivalitas mereka di La Liga turut dibawa ke tanah Rusia. Adu taktik antara nahkoda masing-masing kesebelasan turut memanaskan partai hidup mati ini.

1. Oscar Tabarez, pelatih Uruguay, ingin timnya tak hanya berfokus pada CR7 saja

Uruguay Vs Portugal, Bukan Hanya Sekadar Ronaldo dan SuarezFIFA.com

Melaju sebagai juara Grup A tanpa kebobolan sebiji gol menjadi modal berharga La Celeste jelang laga ini. Duet Suarez bersama sang tandem, Edinson Cavani, mulai padu terlebih saat mereka menghajar Rusia pada laga terakhir Grup A. Bagi juru taktik Uruguay, Oscar Tabarez, CR7 bukanlah satu-satunya momok yang harus diwaspadai.

"Ronaldo adalah salah satu penyerang terbaik saat ini. Ketika bermain bagus, dia menjelma sebagai pemimpin di lapangan. Namun masih ada 9 pemain lain yang harus diwaspadai. Ingat, mereka adalah juara Eropa. Itu membutikan Portugal adalah tim dengan kualitas merata," tutur sosok berumur 71 tahun tersebut dalam sesi jumpa pers pra-pertandingan pada hari Jumat (29/6) kemarin seperti dikutip dari Daily Mirror.

Lebih lanjut, Tabarez mengaku sebagian pemainnya sudah tahu benar karakteristik Ronaldo. Dan salah satunya adalah Diego Godin, palang pintu Atletico Madrid. Godin-lah yang sukses mematikan penggawa andalan Real Madrid itu dalam setiap kesempatan "El Derbi madrileno" sejak tahun 2010.

2. Fernando Santos selaku juru taktik Portugal optimis skuatnya bisa keluar sebagai pemenang

Uruguay Vs Portugal, Bukan Hanya Sekadar Ronaldo dan SuarezFIFA.com

Selain itu, para pemain tengah Uruguay pun sama berbahayanya. Rodrigo Betancur yang tak pernah absen di babak penyisihan grup siap merangsek dari lini kedua. Begitu pula dengan Nahitan Nandez serta Matias Vecino sebagai penyeimbang, mereka berdua tak canggung saat melakoni duel.

Sementara dari kubu lawan, Portugal siap menghadapi partai sarat tensi tinggi tersebut. Berbicara dalam kesempatan yang sama, Fernando Santos selaku pelatih kepala Selecao Das Quinas percaya timnya mampu mengandaskan Uruguay.

"Kedua tim sama-sama ingin menembus perempat final. Namun perbedaan hanya bisa dilakukan di lapangan. Aku yakin kami bisa mencetak gol dan menerapkan apa yang sudah kami persiapkan sejak lama," kata juru taktik Portugal sejak 2014 tersebut seperti dilansir oleh laman FIFA.com.

3. "Selecao Das Quinas" diharapkan tak bergantung pada Ronaldo seorang

Uruguay Vs Portugal, Bukan Hanya Sekadar Ronaldo dan SuarezFIFA.com

Portugal jelas tak akan bergantung pada Ronaldo seorang diri untuk menyelesaikan segala masalah. Duet Pepe serta Jose Fonte yang siap mengawal lini belakang. Selama 90 menit nanti, mereka dipastikan akan memecah fokus mulai dari memotong alur serangan Uruguay, termasuk dalam situasi bola mati sekalipun.

Di lapangan tengah, peran gelandang Joao Moutinho - William Carvalho tetap menjadi andalan Santos. Sulit rasanya menggeser sepasang veteran tersebut, meski Portugal tampaknya akan kembali andalkan permainan efektif ketimbang penguasaan bola, seperti yang ditunjukkan dalam penyisihan grup.

Berikut ini prakiraan susunan pemain kedua tim :

Uruguay (4-4-2)

(Kiper) Fernando Muslera; (Belakang) Martin Caceres, Jose Maria Gimenez, Diego Godin, Diego Laxalt; (Tengah) Nahitan Nandez, Matias Vecino, Lucas Torreira, Rodrigo Bentancur; (Depan) Luis Suarez, Edinson Cavani

Portugal (4-4-2)

(Kiper) Rui Patricio; (Belakang) Cedric, Pepe, Jose Fonte, Raphael Guerreiro, William; (Tengah) Adrien Silva, Ricardo Quaresma, Joao Mario; (Depan) Goncalo Guedes, Cristiano Ronaldo.

Achmad Hidayat Alsair Photo Verified Writer Achmad Hidayat Alsair

Separuh penulis, separuh orang-orangan sawah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya