5 Fakta Menarik Timnas Indonesia Pasca Mengalahkan Guyana

Siap menghadapi Asian Games 2018, nih!

Indonesia dengan meyakinkan berhasil mengalahkan timnas dari Zona Concacaf, Guyana dengan skor 2-1 dalam pertandingan yang digelar di Stadion Patriot Candrabhaga pada Sabtu (25/11). Ternyata, ada banyak fakta menarik pasca pertandingan tersebut. Apa saja? Simak di bawah ini, ya.

1. Gol Pertama Spasojevic di Timnas Indonesia.

5 Fakta Menarik Timnas Indonesia Pasca Mengalahkan Guyanakompas.com

Dua gol yang dilesakkan Illija Spasojevic mengantarkan Indonesia menjadi pemenang dalam pertandingan malam Sabtu. Dua gol tersebut dicetak pada menit ke-35 lewat titik penalti dan menit ke-75 lewat sontekan menyambar umpan dari Febri Haryadi. 

Gol tersebut adalah gol pertama Spasojevic setelah resmi menjadi WNI dan menjadi punggawa Timnas Indonesia. Sebenarnya, Spaso bisa saja mencetak tiga gol dalam pertandingan tersebut, sayangnya peluang emas menjelang turun minum babak pertama belum bisa dimanfaatkan dengan baik oleh Spaso. Namun, dua gol tersebut cukup membuktikan Spaso sebagai salah satu striker yang diperhitungkan.

2. Kemenangan Pertama di Uji Coba Timnas Bulan November.

5 Fakta Menarik Timnas Indonesia Pasca Mengalahkan Guyanaviva.co.id

Sebelumnya, Indonesia menelan kekalahan ketika bertanding melawan Timnas Suriah U-23. Padahal saat itu, Indonesia diperkuat oleh 8 pemain senior. Kemenangan melawan Guyana menjadi modal penting bagi Timnas Indonesia menghadapi pertandingan selanjutnya. 

3. Peringkat FIFA Timnas Naik Drastis.

5 Fakta Menarik Timnas Indonesia Pasca Mengalahkan Guyanagoal.com

Seperti dilansir Bola.com, sebelum pertandingan melawan Guyana, poin Timnas Indonesia naik hingga 11 peringkat. Saat ini, Indonesia berada di posisi 154, dari sebelumnya posisi 165 dengan total poin 144. Posisi ini diprediksi masih akan naik lagi pada tanggal 21 Desember 2017 mendatang ketika update rangking FIFA selanjutnya. 

Dengan posisi saat ini, Indonesia berada di urutan ke-5 di Asia Tenggara berdasar rangking FIFA. Indonesia berada di bawah Filipina, Vietnam, Thailand dan Myanmar.

4. Debut Dua Pemain Baru.

5 Fakta Menarik Timnas Indonesia Pasca Mengalahkan Guyanaviva.co.id

Dalam pertandingan melawan Guyana, dua orang punggawa baru Timnas menjalani debut. Kedua orang tersebut adalah Awan Setho Rahardjo dan Andy Setyo Nugroho. Bedanya, Awan Setho bermain full selama 90 menit, sedangkan Andy Setyo masuk sebagai pemain pengganti.

5. Sejumlah Nama Pemain Senior "Dipulangkan".

5 Fakta Menarik Timnas Indonesia Pasca Mengalahkan Guyanagoal.com

Sejumlah nama pemain Timnas senior dipulangkan oleh pelatih Luis Milla sebelum pertandingan ini. Namun, mereka dipulangkan bukan dicoret, dengan alasan diberi waktu libur pasca kompetisi. Beberapa nama pemain senior yang dipulangkan antara lain Andritany Ardhiyasa, Fachruddin Wahyudi Aryanto, M Taufiq, Bayu Pradana, Ahmad Jufriyanto, Andik Vermansah, dan Boaz Solossa. 

Adhyra Irianto Photo Writer Adhyra Irianto

Penulis kelas rendahan. Memulai hidup dengan secangkir kopi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya