Jadi Presiden, 5 Pemain Sepak Bola yang Beralih ke Dunia Politik

Pemain sepak bola ini beralih jadi presiden, lho!

Di balik popularitas pemain sepak bola, tidak menutup kemungkinan dirinya menggantung sepatu lebih awal. Rasa bosan ketika menggiring bola, menghantarkan beberapa pemain ini harus pergi dan mencari pekerjaan baru.

Dari itu semua, ternyata ada beberapa pemain sepak bola yang memilih pergi ke dunia politik. Sontak hal itu menjadi perbincangan hangat, lantaran latar belakang pekerjaan sebelumnya tidak sesuai dengan yang sekarang. Bahkan beberapa di antaranya sempat menggegerkan dunia sepak bola. Berikut lima pemain sepak bola yang beralih ke dunia politik.

1. George Weah

Jadi Presiden, 5 Pemain Sepak Bola yang Beralih ke Dunia PolitikGeorge Weah melakukan selebrasi setelah menghantarkan AC Milan juara Serie A (wikipedia/Reuters)

Sebelum beralih ke dunia politik, mantan pemain AC Milan ini pernah merasakan manisnya tropi Ballon d'Or pada tahun 1995.

Setelah masuk ke dunia politik, George Weah sempat mengalami beberapa kegagalan berturut-turut. Hingga akhirnya dirinya berhasil terpilih menjadi Presiden Liberia ke-25.

2.  Kakha Kaladze

Jadi Presiden, 5 Pemain Sepak Bola yang Beralih ke Dunia PolitikKakha Kaladze dan Ricardo Kaka sedang mengangkat trofi kemenangan AC Milan. (instagram.com/ kakhakaladze)

Kakha Kaladze memutuskan tuk pensiun dini pada tahun 2012 lalu. Pada saat itu, mantan pemain AC Milan ini bergabung ke partai oposisi Georgian Dream Democratic yang didirikan oleh Bidzina Ivanishvili.

Pada tahun itu juga, dirinya langsung terpilih menjadi anggota parlemen dan menjadi menteri di bidang energi. Hal inilah yang membuat Kakha Kaladze beralih ke dunia politik

Baca Juga: 10 Pencetak Gol Terbanyak Sepanjang Masa AS Monaco, Ada George Weah!

3. Romario Faria

Jadi Presiden, 5 Pemain Sepak Bola yang Beralih ke Dunia PolitikRomario Faria melepaskan baju setelah timnas Brasil memenangkan pertandingan di Piala Dunia (instagram.com/romariofaria)

Romario pernah meraih trofi Piala Dunia pada tahun 1994 bersama tim nasional Brasil. Karier Romario di dunia sepak bola terbilang cukup gemilang.

Pemain Brasil ini merupakan ahli dari bola mati ketika di lapangan hijau. Ketika gantung sepatu, Romario memutuskan untuk pergi ke dunia politik.

Pada tahun 2010, dirinya terpilih menjadi anggota kongres Brasil. Tak hanya itu, prestasinya di dunia politik kian melejit setelah terpilih menjadi anggota senat Rio de Janeiro pada Oktober 2014 lalu.

Ia juga merupakan orang yang sangat vokal untuk kasus korupsi di FIFA internasional.

4. Sol Campbell

Jadi Presiden, 5 Pemain Sepak Bola yang Beralih ke Dunia PolitikSol Campbell mencium trofi Chelsea yang saat itu menjuarai FA Cup 2008 (instagram.com/solmanofficial)

Mantan pemain belakang Inggris ini pernah merasakan pahitnya dunia politik. Sebelumnya, Campbell pernah bermain di klub-klub besar seperti Tottenham Hotspur, Arsenal, dan Newcastle United.

Sepanjang kariernya di dunia sepak bola, Campbell merupakan bek yang paling disegani oleh para lawannya. Pertahanan yang sangat kokoh membuatnya dijuluki sebagai besi dari London.

Setelah pensiun, Campbell memutuskan untuk maju pada kandidat Wali Kota London di tahun 2015. Namun sayangnya, dirinya harus kalah telak dari saingannya.

5. Roman Pavlyuchenko

Jadi Presiden, 5 Pemain Sepak Bola yang Beralih ke Dunia PolitikRoman Pavlyuchenko sedang menonton pertandingan Russia bersama temannya. (instagram/pavlyuchenko_198)

Roman Pavlyuchenko merupakan mantan pemain Tottenham Hotspur yang memutuskan kontrak aktif setelah masuk ke dunia politik.

Dirinya harus pensiun dini ketika namanya terpilih menjadi anggota dewan dari partai persatuan Rusia. Di bawah presiden Vladimir Putin, Pavlyuchenko harus mewakili kota kelahirannya Mostovskoy.

Pada saat itu, Pavlyuchenko terpilih menjadi anggota dewan setelah partai yang dipimpin Vladimir Putin memperoleh 63 persen suara.

Siapa pun orangnya tidak menutup kemungkinan ia akan berlabuh dan bekerja di mana saja. Hal itu termasuk dengan para pemain sepak bola. Para pemain dalam daftar di atas memilih untuk berkarier di ranah politik setelah menggeluti dunia sepak bola.

Baca Juga: Busted! 5 Pemain Sepak Bola Top yang Memiliki Catatan Kriminal

Adi Ramadhan Pratama Photo Writer Adi Ramadhan Pratama

Belajar dari pengalaman

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya