5 Pemain Afrika Terakhir yang Meraih Player of the Month EPL 

Ada Mohamed Salah

English Premier League (EPL) menjadi salah satu kompetisi impian bagi para pesepak bola di seluruh penjuru dunia. Para tim peserta Premier League rela mendatangkan pemain-pemain terbaik untuk memperkuat timnya. Salah satu yang jadi favorit adalah pemain asal Afrika.

Beberapa pemain Afrika juga mampu menunjukkan kemampuan terbaiknya bersama tim yang ia bela. Bahkan, beberapa di antaranya meraih penghargaan Player of the Month EPL.

Penasaran siapa saja pemain Afrika yang meraih penghargaan tersebut? Yuk, simak ulasan pemain Afrika terakhir yang meraih Player of the Month EPL!

1. Joel Matip

5 Pemain Afrika Terakhir yang Meraih Player of the Month EPL potret Joel Matip (twitter.com/premierleague)

Joel Matip merupakan pemain berkebangsaan Kamerun yang saat ini memperkuat Liverpool. Pemain berusia 31 tahun ini bergabung bersama Liverpool sejak 2016/2017. Ia menjadi andalan Liverpool di lini belakang bersama Virgil van Dijk.

Pada Februari 2022, Joel Matip meraih penghargaan Player of the Month. Penghargaan tersebut ia raih berkat penampilan gemilangnya di lini pertahanan, sehingga Liverpool dapat meraih tiga clean sheet.

Selain itu, ia juga berkontribusi dengan membuat assist saat menghadapi Leicester. Bahkan, mencetak satu gol dalam kemenangan 6-0 kontra Leeds United.

2. Mohamed Salah

5 Pemain Afrika Terakhir yang Meraih Player of the Month EPL potret Mohamed Salah (twitter.com/premierleague)

Selama berseragam Liverpool, Mohamed Salah telah meraih empat penghargaan Player of the Month. Ia terakhir kali meraih penghargaan ini pada Oktober 2021.

Hal tersebut tidak lepas dari performa apik yang ia tunjukkan. Salah mencetak 5 gol dan 4 assist bagi Liverpool pada bulan tersebut.

Mohamed Salah memang menjadi tumpuan Liverpool dalam beberapa musim terakhir. Posisinya sebagai penyerang kanan tak tergantikan pada era Jurgen Klopp.

Pemain asal Mesir ini sendiri telah mencetak 170 gol dan 68 assist. Itu ia buat dari 274 pertandingan bersama The Reds.

Baca Juga: Gestur Berkelas Mohamed Salah, Sumbang Rp2,3 M Buat Gereja di Mesir

3. Kelechi Iheanacho

5 Pemain Afrika Terakhir yang Meraih Player of the Month EPL potret Kelechi Iheanacho (twitter.com/premierleague)

Kelechi Iheanacho merupakan penyerang Leicester City yang didatangkan dari Manchester City pada bursa transfer musim panas 2017. Saat itu, The Foxes mengeluarkan 27,7 juta euro atau setara 449 miliar rupiah untuk memboyong Iheanacho ke King Power Stadium.

Pemain 26 tahun ini berhasil meraih penghargaan Player of the Month pada Maret 2021. Hal ini tak lepas dari penampilan gemilangnya bersama Leicester City.

Pada bulan tersebut, Iheanacho mencetak lima gol. Ia pun menjadi orang Nigeria keempat yang berhasil meraih penghargaan ini setelah Jay-Jay Okocha, Peter Odemwingie, dan Odion Ighalo.

4. Sadio Mane

5 Pemain Afrika Terakhir yang Meraih Player of the Month EPL potret Sadio Mane (twitter.com/premierleague)

Sadio Mane telah mengoleksi tiga penghargaan Player of the Month selama berseragam Liverpool. Pemain asal Senegal ini terakhir kali meraihnya pada November 2019.

Mane saat itu berkontribusi dengan mencetak 3 gol dan 1 assist. Ia membantu timnya menyapu bersih kemenangan pada bulan itu.

Sadio Mane merupakan pemain kunci bagi kesuksesan Liverpool dalam beberapa musim terakhir. Hal ini dibuktikan dengan masih belum ada pemain yang mampu menggantikan perannya di Liverpool saat ini.

Mane sendiri memutuskan untuk meninggalkan Liverpool pada bursa transfer musim panas 2022. Ia bergabung dengan Bayern Munich di Bundesliga Jerman.

5.  Pierre-Emerick Aubameyang

5 Pemain Afrika Terakhir yang Meraih Player of the Month EPL potret Pierre-Emerick Aubameyang (twitter.com/premierleague)

Pierre-Emerick Aubameyang merupakan pemain yang didatangkan Arsenal dari Borussia Dortmund pada 2018. Pemain asal Gabon ini menjadi sosok penting di lini serang Arsenal selama 4 musim, sebelum memutuskan hijrah ke Barcelona pada Januari 2022.

Aubameyang dikenal karena kecepatan dan kemampuan mencetak gol yang sangat baik. Ia terakhir kali meraih gelar Player of the Month pada September 2019.

Auba tampil dalam 4 pertandingan pada bulan tersebut dengan membuat 5 gol. Berkat penampilannya yang cemerlang, Arsenal tidak terkalahkan di semua pertandingan pada September 2019.

Para penggemar Premier League patut menantikan pemain Afrika selanjutnya yang akan meraih penghargaan Player of the Month EPL. Apalagi, ada banyak pemain Afrika yang kini merumput di Inggris.

Baca Juga: Sadio Mane Kirim Pesan untuk Skuad Senegal di Piala Dunia 2022

Aditya Gilang Permana Photo Verified Writer Aditya Gilang Permana

Twitter: @AdityaGPermana

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya