5 Pemain Bayern Munich Tertua yang Bermain di Liga Champions

Ada nama Manuel Neuer

Bayern Munich merupakan salah satu tim yang cukup sukses di ajang Liga Champions. Hingga saat ini, klub asal Jerman itu telah meraih gelar Liga Champions sebanyak enam kali. Terakhir kali Die Roten menjuarai Liga Champions terjadi pada musim 2019/2020.

Tidak hanya mengandalkan pemain muda, Bayern Munich juga kerap memainkan pemain berpengalaman. Bahkan, beberapa di antaranya berusia lebih dari 35 tahun. Siapa saja pemain tertua Bayern Munich di Liga Champions? Simak ulasan berikut ini!

1. Lothar Matthaus

5 Pemain Bayern Munich Tertua yang Bermain di Liga Championspotret Lothar Matthaus (fcbayern.com)

Lothar Matthaus menjadi pemain tertua Bayern Munchen di Liga Champions. Pemain berkebangsaan Jerman ini terakhir kali tampil di Liga Champions pada 8 Maret 2000.

Saat itu, ia bermain menghadapi Real Madrid pada fase grup Liga Champions. Pada laga tersebut, mantan pemain Timnas Jerman ini telah berusia 38 tahun, 11 bulan, dan 16 hari.

Selama berseragam Bayern Munich, Lothar Matthaus telah tampil dalam 30 pertandingan di ajang Liga Champions. Sayangnya, ia tidak pernah memenangkan trofi Liga Champions bersama Die Roten.

2. Oliver Kahn

5 Pemain Bayern Munich Tertua yang Bermain di Liga Championspotret Oliver Kahn(fcbayern.com)

Berikutnya ada nama Oliver Kahn. Ia terakhir kali bermain di Liga Champions pada 11 April 2007 saat Die Bayern menghadapi AC Milan pada babak perempat final leg kedua. Oliver Kahn saat itu telah menginjak usia 37 tahun, 9 bulan, dan 27 hari.

Mantan penjaga gawang Timnas Jerman ini merupakan salah satu pemain yang cukup lama memperkuat Bayern Munich. Ia membela Die Roten sejak 1994 hingga 2008. Oliver Kahn pernah membawa Bayern Munich menjuarai Liga Champions pada musim 2000/2001.

Baca Juga: 6 Mantan Juara Liga Champions Berebut Trofi Liga Europa 2022/2023

3. Hans Jorg Butt

5 Pemain Bayern Munich Tertua yang Bermain di Liga Championspotret Hans Jorg Butt (uefa.com)

Hans Jorg Butt merupakan penjaga gawang yang didatangkan Bayern Munich dari Benfica pada musim panas 2008. Selama 4 musim membela Bayern Munich, Butt telah bermain dalam 21 pertandingan di ajang Liga Champions.

Momen terakhirnya di Liga Champions terjadi pada 7 Desember 2011 saat The Bavarians menghadapi Manchester City pada babak fase grup. Pria kebangsaan Jerman ini berusia 37 tahun, 6 bulan, dan 9 hari saat bermain di pertandingan tersebut.

4. Manuel Neuer

5 Pemain Bayern Munich Tertua yang Bermain di Liga Championspotret Manuel Neuer (fcbayern.com)

Manuel Neuer menjadi nama keempat dalam daftar ini. Pemain asal Jerman tersebut memainkan laga terakhirnya di Liga Champions pada 4 Oktober 2022. Saat itu, Neuer yang berusia 36 tahun, 6 bulan, dan 7 hari tampil dalam pertandingan fase grup menghadapi Viktoria Plzen.

Manuel Neuer masih memiliki kesempatan untuk memecahkan rekor pemain tertua Bayern Munich di Liga Champions. Pasalnya, ia masih menyisakan kontrak bersama Die Roten hingga Juni 2024 mendatang.

5. Mehmet Scholl

5 Pemain Bayern Munich Tertua yang Bermain di Liga Championspotret Mehmet Scholl (fcbayern.com)

Mehmet Scholl merupakan mantan gelandang serang andalan Bayern Munich. Selama membela Die Roten, Scholl mampu mencatatkan 469 penampilan di semua kompetisi dengan torehan 117 gol dan 105 assist.

Di ajang Liga Champions, Mehmet Scholl mampu mengantarkan Bayern Munich menjadi juara pada musim 2000/2001. Laga terakhirnya di Liga Champions terjadi pada 20 Februari 2007 saat usianya menginjak 36 tahun, 4 bulan, dan 4 hari. Saat itu, Bayern Munich harus mengakui keunggulan Real Madrid dengan skor 2-3 di leg pertama babak 16 besar Liga Champions 2006/2007.

 

Dari daftar tersebut hanya Manuel Neuer yang masih aktif bermain untuk Bayern Munich. Jika melihat penampilan Neuer hingga saat ini, bukan hal mustahil baginya untuk memecahkan rekor Lothar Matthaus sebagai pemain tertua Bayern Munich di Liga Champions.

Baca Juga: 5 Pemain Aktif Bayern Munich dengan Koleksi Penampilan Terbanyak

Aditya Gilang Permana Photo Verified Writer Aditya Gilang Permana

Twitter: @AdityaGPermana

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya