5 Pemain Portugal Terakhir yang Direkrut Liverpool

Ada nama Diogo Jota

Portugal jadi salah satu negara dengan kualitas sepak bola terbaik. Banyak pesepak bola asal Portugal yang tampil memukau bersama tim yang ia bela. Maka dari itu, banyak tim papan atas Eropa yang menaruh minat terhadap pemain asal Portugal.

Liverpool menjadi salah satu tim yang cukup sering mendatangkan pemain asal Portugal. Beberapa di antaranya mampu menunjukkan performa gemilang bersama The Reds.

Berikut lima pemain Portugal terakhir yang direkrut Liverpool.

1. Tiago Ilori

5 Pemain Portugal Terakhir yang Direkrut Liverpoolpotret Tiago Ilori (twitter.com/LFC)

Tiago Ilori merupakan salah satu pemain muda yang pernah didatangkan Liverpool pada bursa transfer musim panas 2012. Saat itu, dirinya yang baru berusia 20 tahun direkrut dari Sporting CP dengan banderol 7,5 juta euro atau setara 122 miliar rupiah.

Pemain yang berposisi sebagai bek tengah ini diharapkan dapat bersinar bersama The Reds. Namun, penampilan Tiago Ilori bersama Liverpool masih jauh dari harapan.

Ia hanya mencatatkan tiga penampilan bersama skuad senior Liverpool. Saat ini, Tiago Ilori bermain di Liga Portugal dengan memperkuat Pacos Ferreira.

2. Paulinho

5 Pemain Portugal Terakhir yang Direkrut Liverpoolpotret Paulinho (liverpoolfc.com)

Paulo Manuel Neves Alves atau lebih dikenal Paulinho merupakan gelandang asal Portugal yang didatangkan Liverpool dari klub Liga Portugal, Sanjoanense, pada musim panas 2015. Saat itu, Paulinho yang baru berusia 18 tahun bermain untuk tim akademi Liverpool. Total, ia mengoleksi 13 penampilan bersama Liverpool U-18 dan Liverpool U-21.

Paulinho tidak mampu beradaptasi dengan sepak bola Inggris. Ia sama sekali tidak pernah bermain untuk skuad senior The Reds.

Ia kemudian berlabuh ke Wolverhampton Wanderers, tetapi gagal menembus skuad utama. Saat ini, Paulinho kembali bermain di Liga Portugal dengan memperkuat Leixoes.

Baca Juga: Sofyan Amrabat Jadi Incaran Utama Liverpool?

3. Rafael Camacho

5 Pemain Portugal Terakhir yang Direkrut Liverpoolpotret Rafael Camacho (liverpoolfc.com)

Rafael Camacho didatangkan Liverpool dari Manchester City pada 2016 saat usianya masih 16 tahun. Dirinya bermain untuk skuad muda Liverpool dan mampu menjadi pilihan utama. Camacho yang berposisi sebagai penyerang juga mampu berkontribusi dengan mencetak banyak gol.

Rafael Camacho hanya mencatatkan dua penampilan bersama tim senior Liverpool. Ia gagal bersaing dengan nama-nama besar, seperti Roberto Firminho dan Divock Origi.

Camacho kemudian meninggalkan Liverpool pada 2019. Ia kembali ke Portugal dengan memperkuat Sporting CP.

4. Diogo Jota

5 Pemain Portugal Terakhir yang Direkrut Liverpoolpotret Diogo Jota (liverpoolfc.com)

Diogo Jota menjadi salah satu pemain Portugal tersukses yang pernah membela Liverpool. Ia didatangkan dari Wolverhampton Wanderers pada 2020 dengan biaya transfer 44,7 juta euro atau setara 726 miliar rupiah. Musim panas ini, dirinya menandatangani kontrak baru hingga 2027 mendatang.

Pemain 25 tahun ini memiliki peran penting di bawah asuhan Jurgen Klopp. Selama berseragam Liverpool Diogo Jota telah mempersembahkan gelar Piala FA dan Piala Liga. Jota juga mampu berkontribusi dengan mencetak  34 gol dan 14 assist dari 93 pertandingan.

5. Fabio Carvalho

5 Pemain Portugal Terakhir yang Direkrut Liverpoolpotret Fabio Carvalho (liverpoolfc.com)

Fabio Carvalho menjadi salah satu pemain baru yang didatangkan Liverpool pada bursa transfer musim panas 2022. Pemuda asal Portugal ini sebelumya bermain untuk Fulham di divisi Championship. Bersama Fulham, Carvalho mampu membuat 12 gol dan 8 assist dari 44 pertandingan.

Jurgen Klopp banyak memberikan kesempatan kepada gelandang 20 tahun ini untuk bermain. Hingga saat ini, Fabio Carvalho telah mencatatkan 15 penampilan bersama tim senior Liverpool. Ia diharapkan dapat menjadi andalan bagi Liverpool pada masa depan mengingat usianya saat ini yang masih sangat muda.

Saat ini, Fabio Carvalho dan Diogo Jota menjadi pemain Portugal yang masih aktif bermain untuk Liverpool. Para penggemar Liverpool patut menantikan pemain Portugal selanjutnya yang akan berseragam The Reds.

Baca Juga: 6 Pemain Liverpool Terakhir yang Sukses Masuk Final Piala Dunia

Aditya Gilang Permana Photo Verified Writer Aditya Gilang Permana

Twitter: @AdityaGPermana

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya