5 Pembelian Termahal Newcastle United dari Sesama Klub EPL

Beberapa pemain masih aktif membela Newcastle United

Setelah diakuisisi oleh Public Investment Fund (PIF) milik Mohammed bin Salman, Newcastle United terus berbenah pada tiap musimnya. The Magpies cukup sering merekrut pemain baru untuk menambah kekuatan tim. Mereka bahkan rela mengeluarkan banyak uang untuk mendatangkan pemain incaran.

Dalam beberapa musim terakhir, Newcastle United juga sering memecahkan rekor transfer klub. Rekrutan anyar mereka berasal dari berbagai klub, tak terkecuali sesama kontestan English Premier League (EPL). Berikut lima pembelian termahal Newcastle United dari klub Premier League.

1.  Anthony Gordon

5 Pembelian Termahal Newcastle United dari Sesama Klub EPLpotret Anthony Gordon (nufc.co.uk)

Berkat penampilan apiknya bersama Everton, Anthony Gordon menjadi incaran sejumlah klub. Newcastle United menjadi tim yang sukses mendapatkan tanda tangan pemain berkebangsaan Inggris tersebut. The Magpies memboyong Gordon ke St James' Park pada Januari 2023 lalu.

Anthony Gordon ditebus dengan harga 45,6 juta euro atau setara 767 miliar. Nominal tersebut menjadikannya sebagai pemain termahal yang diboyong Newcastle United dari klub EPL. Sejauh ini, pemain 22 tahun tersebut telah tampil dalam 16 pertandingan dengan mencatatkan 1 gol.

2.  Chris Wood

5 Pembelian Termahal Newcastle United dari Sesama Klub EPLpotret Chris Wood (nufc.co.uk)

Chris Wood menunjukkan performa yang cukup impresif bersama Burnley. Penyerang asal Selandia Baru tersebut mampu menorehkan 53 gol dan 9 assist dari 165 penampilan. Setelah 4,5 musim berseragam Burnley, Chris Wood berlabuh ke Newcastle United pada 2022.

Untuk mendapatkan jasanya, The Magpies harus mengeluarkan 30 juta euro atau Rp504 miliar. Akan tetapi, pemain 31 tahun itu gagal membuktikan kualitasnya bersama Newcastle United. Ia hanya bertahan semusim dan langsung hengkang ke Nottingham Forest.

Baca Juga: 11 Potret Chris Wood, Striker Anyar Newcastle asal Selandia Baru

3.  Joe Willock

5 Pembelian Termahal Newcastle United dari Sesama Klub EPLpotret Joe Willock (nufc.co.uk)

Joe Willock juga masuk dalam daftar pembelian termahal Newcastle United. Ia bergabung bersama Newcastle United pada musim dingin 2021 dengan status pinjaman dari Arsenal. Berkat penampilan apiknya, Willock dipermanenkan dengan harga 29,4 juta euro atau Rp494 miliar.

Gelandang tengah asal Inggris tersebut mampu memberikan kontribusi bagi The Magpies. Ia menjadi pemain yang tidak tergantikan di lini tengah Newcastle United. Sejauh ini, Willock telah tampil dalam 88 pertandingan dengan membukukan 13 gol dan 6 assist.

4.  Callum Wilson

5 Pembelian Termahal Newcastle United dari Sesama Klub EPLpotret Callum Wilson (twitter.com/NUFC)

Callum Wilson bergabung ke Newcastle United pada musim panas 2020. Ia merupakan  rekrutan termahal The Magpies pada musim tersebut. Saat itu, Wilson dibeli dari Bournemouth dengan biaya mencapai 22,25 juta euro atau sekitar Rp374 miliar.

Penyerang berkebangsaan Inggris tersebut menjadi salah satu pemain penting di lini depan Newcastle United. Dirinya cukup rajin mencetak gol untuk The Magpies. Pada 2022/2023, Wilson berhasil mengemas 18 gol yang menjadikannya sebagai top skor klub musim tersebut.

5.  Alan Shearer

5 Pembelian Termahal Newcastle United dari Sesama Klub EPLpotret Alan Shearer (nufc.co.uk)

Newcastle United cukup sering mengeluarkan banyak uang untuk mendatangkan penyerang. Salah satunya adalah Alan Shearer. Pada musim panas 1996, The Magpies membeli Shearer dari Blackburn Rovers dengan harga 18 juta euro atau Rp302 miliar.

Sang pemain mampu menunjukkan performa gemilang bersama Newcastle United. Shearer mampu mencatatkan 206 gol dan 58 assist dari 405 penampilan. Ia juga sukses menyabet gelar top skor Premier League pada 1996/1997. Newcastle United menjadi klub terakhir bagi Alan Shearer sebelum memutuskan untuk gantung sepatu pada 2006.

Anthony Gordon, Joe Willock, dan Callum Wilson masih memperkuat Newcastle United hingga saat ini. Dengan status sebagai rekrutan termahal, pemain-pemain tersebut diharapkan mampu memberikan kontribusi maksimal. Terlebih lagi, The Magpies akan bertarung di Liga Champions 2023/2024.

Baca Juga: 5 Pemain Termahal Newcastle United dari Luar Premier League

Aditya Gilang Permana Photo Verified Writer Aditya Gilang Permana

Twitter: @AdityaGPermana

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya