5 Penjualan Termahal Bayern Muenchen Sepanjang Sejarah

Ada nama Toni Kroos

Bayern Muenchen dikenal memiliki skuad bertabur bintang. Hal ini tak lepas dari keberanian mereka mendatangkan pemain-pemain berkualitas dengan harga mahal. Kehadiran pemain berkualitas tersebut menjadikan Bayern Muenchen sebagai salah satu klub raksasa di Eropa.

Selain mampu mendatangkan pemain dengan harga mahal, Bayern Muenchen ternyata juga sering menjual pemain dengan harga cukup tinggi. Siapa saja mereka?

1. Douglas Costa

5 Penjualan Termahal Bayern Muenchen Sepanjang Sejarahpotret Douglas Costa (twitter.com/FCBayern)

Douglas Costa merupakan pemain berkebangsaan Brasil yang berposisi sebagai penyerang sayap. Ia pertama kali bergabung bersama Gremio saat usianya masih 11 tahun.

Pada 2010, Douglas Costa hijrah ke Eropa untuk bergabung dengan Shakhtar Donetsk di Liga Ukraina. Ia mampu tampil apik bersama mereka dengan mengantarkan timnya menjuarai Liga Ukraina 5 musim berturut-turut.

Bayern Muenchen kemudian mengontrak Douglas Costa pada 2015/2016. Namun, Juventus sempat mendatangkannya dari Bayern Muenchen dengan status pinjaman pada 2017/2018.

Berkat penampilannya yang apik, Juventus mempermanenkan Douglas Costa dengan biaya transfer 36 juta pound sterling atau setara 651 miliar rupiah. Jumlah tersebut menjadikannya sebagai penjualan termahal Bayern Muenchen.

2. Mats Hummels

5 Penjualan Termahal Bayern Muenchen Sepanjang Sejarahpotret Mats Hummels (twitter.com/FCBayern)

Mats Hummels merupakan pemain jebolan akademi sepak bola Bayern Muenchen. Borussia Dortmund mempermanenkan Mats Hummels pada 2009/2010 setelah 1,5 musim bermain dengan status pinjaman dari Bayern Muenchen.

Hummels juga mampu tampil apik bersama Borussia Dortmund. Ia mampu mempersembahkan gelar juara Bundesliga pada 2010/2011 dan 2011/2012.

Mats Hummels kembali bermain untuk Bayern Muenchen pada 2016/2017. Saat itu, Bayern Muenchen harus mengeluarkan biaya transfer sebesar 31,5 juta pound sterling atau sekitar 569 miliar rupiah untuk mengembalikan Hummels.

Setelah 3 musim memperkuat Die Roten, Mats Hummels kembali berseragam Borussia Dortmund. Saat itu, Bayern Muenchen menjualnya dengan harga 27,45 juta pound sterling atau setara 496 miliar rupiah.

Baca Juga: Sadio Mane ke Bayern Muenchen, Begini Kiprahnya selama di Liverpool

3. Toni Kroos

5 Penjualan Termahal Bayern Muenchen Sepanjang Sejarahpotret Toni Kroos (twitter.com/FCBayern)

Toni Kroos merupakan gelandang tengah yang memiliki visi bermain yang baik serta umpan yang akurat. Ia mengawali kariernya dengan bermain untuk skuad muda Bayern Muenchen.

Kroos kemudian menjelma sebagai pemain penting Bayern Muenchen. Dirinya turut berperan mengantarkan Die Roten meraih treble winners pada 2012/2013.

Toni Kroos meninggalkan Bayern Muenchen pada 2014 untuk bergabung bersama Real Madrid. Saat itu, Real Madrid harus mengeluarkan dana 22,5 juta pound sterling atau setara 407 miliar rupiah untuk mendatangkan sang pemain.

Kroos mampu menjadi pemain yang tak tergantikan di lini tengah Los Blancos. Ia telah meraih berbagai gelar bergengsi bersama El Real, termasuk empat kali juara Liga Champions Eropa. Kontrak Kroos bersama Real Madrid akan berakhir pada Juni 2023.

4. Owen Hargreaves

5 Penjualan Termahal Bayern Muenchen Sepanjang Sejarahpotret Owen Hargreaves (twitter.com/Bundesliga_EN)

Owen Hargreaves mengawali kariernya di dunia sepak bola bersama Bayern Muenchen II. Ia merupakan pemain berposisi gelandang bertahan.

Hargreaves telah tampil dalam 218 pertandingan bersama Bayern Muenchen. Ia hampir selalu menjadi pilihan utama. Hargreaves juga mampu mengantarkan Bayern Muenchen meraih gelar juara Liga Champions pada 2000/2001.

Owen Hargreaves berlabuh ke Liga Inggris pada 2007 untuk bermain bersama Manchester United. Saat itu, Manchester United harus mengeluarkan 22,5 juta pound sterling atau sekitar 407 miliar rupiah.

Owen Hargreaves tidak mampu menunjukkan performa terbaiknya karena sering dibekap cedera di Inggris. Cedera yang dialaminya cukup parah sehingga membuat karier sepak bolanya meredup.

Hargreaves kemudian memutuskan gantung sepatu saat usianya baru 31 tahun. Ia kini bekerja sebagai seorang pandit sepak bola di Inggris.

5. Thiago Alcantara

5 Penjualan Termahal Bayern Muenchen Sepanjang Sejarahpotret Thiago Alcantara (twitter.com/FCBayernEN)

Thiago Alcantara dikenal dengan visi bermain, kontrol bola yang baik, dan umpan yang akurat. Ia memulai karier senior di dunia sepak bola bersama Barcelona pada 2009.

Thiago kemudian melanjutkan kariernya di Bundesliga Jerman bersama Bayern Muenchen. Dirinya mampu menjadi pemain inti yang tak tergantikan bersama mereka. 

Setelah 7 tahun bermain bersama Bayern Muenchen, Thiago Alcantara hijrah ke Liga Inggris untuk memperkuat Liverpool. Klub memasang harga 19,8 juta pound sterling atau sekitar 358 miliar rupiah untuk kepindahan Thiago ke Anfield.

Saat ini, Thiago menjadi pemain penting di lini tengah Liverpool. Kemampuannya dalam mengalirkan bola menjadikannya sebagai motor serangan The Reds.

Para pencinta sepak bola kini menanti pemain yang akan memecahkan rekor penjualan Bayern Muenchen. Untuk sementara, lima pemain di atas tetap mengisi daftar termahal.

Baca Juga: 5 Pembelian Termahal Bayern Muenchen dalam Sedekade Terakhir

Aditya Gilang Permana Photo Verified Writer Aditya Gilang Permana

Twitter: @AdityaGPermana

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya