5 Peserta Piala AFF 2022 dengan Peringkat FIFA Tertinggi

Jadi unggulan untuk menjadi juara

Piala AFF 2022 menjadi salah satu turnamen yang paling dinantikan oleh pencinta sepak bola Tanah Air. Pada edisi sebelumnya, Indonesia hanya menempati posisi runner-up setelah kalah dari Thailand di partai final.

Di Turnamen Piala AFF 2022, tim dengan peringkat FIFA teratas diunggulkan untuk menjadi juara. Lantas, siapakah tim peserta piala AFF 2022 dengan peringkat FIFA tertinggi? Simak ulasan berikut ini!

1. Vietnam

5 Peserta Piala AFF 2022 dengan Peringkat FIFA Tertinggipotret pemain Timnas Vietnam (instagram.com/affmitsubishielectriccup)

Negara peserta Piala AFF 2022 dengan peringkat FIFA teratas adalah Vietnam. Dalam ranking FIFA yang dirilis pada 22 Desember 2022, Vietnam menduduki peringkat 96 dunia dengan 1.228 poin.

Di Piala AFF 2022, The Golden Stars akan mengandalkan pemain-pemain terbaiknya untuk merebut kembali gelar juara. Timnas Vietnam telah menjuarai Piala AFF sebanyak dua kali, yakni edisi 2008 dan 2018.

Piala AFF 2022 menjadi turnamen terakhir Park Hang Seo bersama Timnas Vietnam. Pelatih asal Korea Selatan ini memutuskan akan mundur dari kursi kepelatihan Timnas Vietnam pada Januari 2023 mendatang.

2. Thailand

5 Peserta Piala AFF 2022 dengan Peringkat FIFA Tertinggipotret pemain Timnas Thailand (instagram.com/changsuek)

Dalam gelaran Piala AFF, Thailand merupakan tim tersukses dengan koleksi enam gelar  juara. Thailand datang ke Piala AFF 2022 dengan status sebagai juara bertahan. Saat ini Tim Gajah Perang berada di peringkat ke-111 dengan 1.173 poin.

Berkat catatan impresifnya di turnamen piala AFF, Thailand diunggulkan untuk menjadi juara pada edisi kali ini. Meskipun begitu, terdapat beberapa pemain pilar yang absen, seperti Chanathip Songkrasin dan Supachok Sarachat. Walaupun tanpa pemain terbaiknya,  Thailand tetap menjadi ancaman serius bagi tim peserta lainnya.

Baca Juga: Timnas Indonesia Harusnya Menang Lawan Thailand, Tetapi?

3. Filipina

5 Peserta Piala AFF 2022 dengan Peringkat FIFA Tertinggipotret pemain Timnas Filipina (instagram.com/phifootballfederation)

Filipina dikenal sebagai tim yang banyak dihuni oleh pemain naturalisasi. Hal tersebut berdampak pada performa Timnas Filipina yang mampu tampil konsisten dalam beberapa tahun terakhir. Saat ini Filipina menempati peringkat 134 FIFA dengan mengoleksi 1.113 poin.

Di Piala AFF 2022, Timnas Filipina akan diperkuat oleh pemain-pemain muda. The Azkals akan tergabung di grup A bersama Thailand, Indonesia, Kamboja, dan Brunei Darussalam. Sepanjang sejarah Piala AFF, prestasi terbaik Filipina ialah lolos ke babak semifinal, yakni pada edisi 2010, 2014, dan 2018.

4. Malaysia

5 Peserta Piala AFF 2022 dengan Peringkat FIFA Tertinggipotret pemain Timnas Malaysia (instagram.com/famalaysia)

Malaysia datang ke Piala AFF 2022 tidak dengan skuad terbaiknya. Beberapa pemain andalan Malaysia, seperti Dion Cools, Arif Aiman, dan Syahmi Safari absen pada edisi kali ini. Juara Piala AFF 2010 tersebut saat ini menempati posisi ke-145 dalam peringkat FIFA. Tim berjuluk Harimau Malaya ini telah mengumpulkan poin sebanyak 1.066.

Piala AFF 2022 dapat menjadi ajang unjuk gigi bagi pelatih baru Malaysia, Kim Pan Gon. Sebelumnya, pelatih asal Korea Selatan ini sukses mengantarkan Malaysia lolos ke putaran final Piala Asia 2023.

5. Indonesia

5 Peserta Piala AFF 2022 dengan Peringkat FIFA Tertinggipotret pemain Timnas Indonesia (instagram.com/pssi)

Negara kelima dalam daftar ini adalah Indonesia yang saat ini menduduki peringkat 151 dunia dengan koleksi 1.033 poin. Timnas Indonesia belum pernah merasakan gelar piala AFF. Terakhir, Indonesia kalah dari Thailand di partai final piala AFF 2020 dengan agregat 2-6.

Di Piala AFF 2022, Indonesia tidak diperkuat oleh beberapa pemain andalan, seperti Elkan Baggott dan Sandy Walsh. Dengan materi pemain yang hampir  sama dengan edisi sebelumnya, Timnas Indonesia diharapkan dapat menjuarai Piala AFF untuk pertama kalinya. 

 

Berada di peringkat teratas FIFA menjadikan negara-negara tersebut sebagai unggulan di Piala AFF 2022. Menurut prediksi kalian, siapa yang akan menjuarai Piala AFF 2022?

Baca Juga: Timnas Indonesia Ditahan 10 Pemain Thailand 1-1!

Aditya Gilang Permana Photo Verified Writer Aditya Gilang Permana

Twitter: @AdityaGPermana

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya