Hasil Drawing Piala AFC U-16, Indonesia Bertemu Lawan Berat

Jalan terjal menuju Piala Dunia U-17

Timnas Indonesia U-16 berhasil melaju ke babak final Piala AFC. Keberhasilan Garuda Muda lolos ke partai puncak setelah keluar sebagai juara grup G pada babak kualifikasi pada bulan September 2017. Setelah penantian panjang untuk menunggu hasil drawing Piala AFC U-16, akhirnya hasil drawing pembagian grup sudah keluar. 

Undian Piala AFC U-16 sendiri sudah usai dilangsungkan di Kuala Lumpur, Kamis (26/4/2018) waktu setempat. Pertandingan Piala AFC U-16 akan digelar pada bulan September 2018 di Malaysia. Indonesia sendiri tergabung di grup C. Siapa lawan yang bakal dihadapi Garuda Muda Indonesia?

1. Tergabung di Grup C, Indonesia bertemu lawan tangguh Iran

Hasil Drawing Piala AFC U-16, Indonesia Bertemu Lawan Beratpssi.org

Pembagian grup Piala AFC U-16 kurang menguntungkan bagi Indonesia. Tergabung di Grup C, Indonesia harus bertemu dengan negara Iran, India, dan Vietnam. Lawan terberat dari Indonesia pastinya Iran. Iran dalam grup ini sangat dijagokan melaju mulus ke babak perempat final.

Untuk India, Indonesia juga patut waspada mengingat Indonesia belum pernah bertemu dan mengenal lawannya. Sementara bagi Vietnam, Indonesia pernah mengalahkan tim Vietnam dengan skor 1-0 pada ajang final Jenesys 2018 di Jepang.  

Merebut angka 6 poin dari India dan Vietnam serta mengamankan 1 poin dari Iran merupakan harga mati bagi Garuda Muda. Hasil tersebut akan membuat Indonesia aman untuk melaju ke babak perempat final. David Maulana dan kawan-kawan diharapkan juga tampil baik dan konsisten demi membawa nama Indonesia di kancah Asia.

2. Inilah pembagian grup Piala AFC, Grup neraka berada di grup D

Hasil Drawing Piala AFC U-16, Indonesia Bertemu Lawan BeratGoal.com

Dari grup A, tuan rumah Malaysia harus menghadapi lawan kuat demi mengamankan tiket berikutnya. Dilansir dari laman Goal.com, Malaysia satu grup dengan Jepang, Thailand, dan Tajikistan . Salah satu yang terberat jelas yaitu Jepang. Pada babak kualifikasi Piala AFC, Jepang dan Malaysia sudah bertemu. Namun, Malaysia dibantai dengan skor 4-0. 

Selain Jepang, jalan terjal juga harus dihadapi Malaysia mengingat mereka juga bertemu jawaranya Asia Tenggara, Thailand. Malaysia juga harus mewaspadai kuda hitam Tajikistan. 

Dari Grup B sendiri, terdapat 3 tim dari Asia timur tengah. Pasalanya ada Oman, Yaman dan Jordania. Sementara satu-satunya tim non timur tengan yaitu Korea Utara. Demi mengamankan tiket ke babak selanjutnya. Korea Utara harus mengalahkan 3 tim tersebut.

Grup D sendiri merupakan grup neraka. Pasalnya tiga kekuatan sepak bola Asia berada dalam grup ini. Iraq, Korea Selatan, dan Australia harus saling berhadapan demi mengamankan babak perempat final. Sementara Afganistan bisa jadi sebagai kuda hitam demi menjegal negara kuat. 

3. Empat negara yang melaju ke babak semifinal, Otomatis melaju ke Piala Dunia U-17

Hasil Drawing Piala AFC U-16, Indonesia Bertemu Lawan Beratpssi.org

Piala Asia U-16 akan digelar di Malaysia pada 20 September-7 Oktober 2018. Setiap negara akan habis-habisan demi meraih tiket lolos otomatis Piala Dunia U-17. Pasalnya hanya tim yang lolos ke babak semifinal Piala AFC akan otomatis mewakili Asia di Piala Dunia U-17 Peru 2019.

Berarti hanya empat negara yang berhak mewakili zona Asia di Piala Dunia. Indonesia sendiri menargetkan lolos ke babak semifinal demi langkah Piala Dunia. Meskipun berat, Indonesia sangat yakin lolos mengingat kualitas talenta muda yang dimiliki sangatlah luar biasa.

Persaingan Piala AFC U-16 tidaklah mudah. Mengingat banyak lawan kuat yang akan dihadapi Indonesia. Dilansir dari laman PSSI, Kekuatan tiap negara juga merata dan pemain harus fokus di setiap pertandingan, ujar pelatih timnas U-16 Fahri Husaini. Indonesia sendiri akan menampilkan yang terbaik demi lolos ke Piala Dunia U-17 2019. 

Ahmad Edi Darmawan Photo Verified Writer Ahmad Edi Darmawan

Save climate change

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya