Comscore Tracker

3 Alasan Harga Gila Wonderkid Denmark yang Laris di Eropa

Damsgaard kini diburu banyak klub top Eropa

Jakarta, IDN Times - Gelandang muda Sampdoria, Mikkel Damsgaard, kini sedang jadi properti panas. Saat bursa transfer musim panas 2021 menjajaki fase awal, Damsgaard sudah diburu sejumlah raksasa Eropa.

Tercatat, ada lima klub yang getol mendekati Damsgaard. Mereka adalah Real Madrid, Liverpool, Barcelona, AC Milan, dan Tottenham Hotspur.

Kelimanya menganggap Damsgaard punya talenta luar biasa. Maka dari itu, mereka rela memburu jasa pemuda 21 tahun tersebut.

Hanya saja, Sampdoria selaku pemilik tak mau kehilangan Damsgaard. Manajemen masih mau menahan Damsgaard, setidaknya buat setahun ke depan. Namun, Direktur Olahraga Sampdoria, Carlo Osti, sedikit mendua.

Dia menyatakan bisa saja melepas Damsgaard kalau ada klub yang mau membayarnya di angka 50 juta euro atau Rp859 miliar. Lantas, apa spesialnya Damsgaard?

1. Murah meriah, kualitas wah

3 Alasan Harga Gila Wonderkid Denmark yang Laris di EropaMikkel Damsgaard saat berkostum Sampdoria. (twitter.com/sampdoria_en)

Murah bukan berarti murahan, pelatih Sampdoria, Claudio Ranieri, tentu tahu betul siapa yang akan direkrutnya untuk menambah kekuatan amunisinya. Pada 1 September 2020, Sampdoria hanya perlu mengeluarkan tujuh juta euro untuk mendapat tanda tangannya.

Ternyata, berlian semurah itu membawa berkah buat Sampdoria. Di musim pertamanya memperkuat I Blucerchiati, Damsgaard menjadi bagian penting tim dengan memainkan 35 pertandingan Serie A dengan catatan dua gol dan empat assist.

Baca Juga: 5 Raksasa Eropa Antre Buat Si Anak Ajaib Mikkel Damsgaard

2. Awalnya cuma ban serep

3 Alasan Harga Gila Wonderkid Denmark yang Laris di EropaMikkel Damsgaard berhadapan dengan Bukayo Saka. (teamtalk.com)

Karena permainan menjanjikan bersama Sampdoria, Damsgaard akhirnya dipanggil ke tim nasional Denmark untuk Piala Eropa 2020. Damsgaard awalnya cuma jadi pelapis bagi Christian Eriksen.

Namun, setelah Eriksen kolaps di laga pembuka Denmark pada Piala Eropa 2020, Damsgaard langsung mencuri perhatian. Performanya luar biasa bersama Danish Dynamite. 

Sepanjang Piala Eropa 2020, Damsgaard bermain lima kali dengan torehan dua gol dan satu serta membantu Denmark bangkit setelah dua kali kalah pada dua pertandingan awal dan melaju jauh ke babak semifinal. Selama Piala Eropa berlangsung dirinya juga mencatatkan 78 persen umpan akurat dan total sembilan peluang tercipta dari kakinya.

Puncak sensasi Damsgaard adalah ketika melepaskan tembakan bebas spektakuler yang menjebol gawang Inggris untuk kali pertama di Piala Eropa 2020. Dari situ, dunia mulai memperhitungkan siapa sebenarnya Damsgaard.

3. Permainan yang fleksibel

3 Alasan Harga Gila Wonderkid Denmark yang Laris di EropaMikkel Damsgaard (twitter.com/IntChampionsCup)

Sebagai gelandang, Damsgaard dituntut untuk bisa bermain di banyak posisi dan itulah yang sudah dilakukannya sepanjang Piala Eropa 2020. Damsgaard bisa bermain sebagai winger, gelandang serang, dan bahkan penyerang lubang.

Selama Piala Eropa 2020 pula, Damsgaard empat kali main di posisi sayap kiri dan sekali di posisi gelandang serang. Ini menjadikan Damsgaard sebagai pemain impian pelatih Denmark, Kasper Hjulmand, karena cepat beradaptasi ketika ditempatkan di berbagai posisi sehingga peran Eriksen bisa segera digantikan.

Baca Juga: Mikkel Damsgaard, Sinar Terang Tim Dinamit di Piala Eropa

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya