5 Raksasa Eropa Antre Buat Si Anak Ajaib Mikkel Damsgaard

Damsgaard meledak di Piala Eropa 2020

Jakarta, IDN Times - Mikkel Damsgaard semakin dikenal publik usai tampil moncer di Piala Eropa 2020. Kini, sederet raksasa Eropa antre demi bisa merekrut pemain yang kini membela Sampdoria tersebut.

Selama menjalani debut di turnamen mayor, Damsgaard berhasil menunjukkan magis di atas lapangan. Tampil membela Denmark di lima laga, dia berhasil membukukan dua gol dan satu assist.

Bahkan, salah satu gol dilesakkan ke gawang Inggris dan berasal dari sepakan bebas yang spektakuler. Terbilang mengejutkan, mengingat Damsgaard statusnya merupakan ban serep Christian Eriksen. 

Laporan Tuttosport, Barcelona, Real Madrid, Tottenham Hotspur, Liverpool, hingga AC Milan, mengantre untuk mendapatkan jasanya. Mereka bahkan sudah siap mengeluarkan dana yang besar untuk bisa membajak Damsgaard.

Baca Juga: Mikkel Damsgaard, Sinar Terang Tim Dinamit di Piala Eropa

1. Madrid dan Liverpool lebih diunggulkan

5 Raksasa Eropa Antre Buat Si Anak Ajaib Mikkel DamsgaardMikkel Damsgaard sukses mencetak gol ke gawang Inggris (twitter.com/EURO2020)

Dari laporan tersebut, Madrid justru yang digadang-gadang punya peluang lebih besar mendapatkannya. Terlebih, mereka belum berbelanja hingga saat ini. Berbeda dengan Barcelona yang sudah jor-joran mendatangkan banyak pemain, seperti Sergio Aguero, Memphis Depay, Georginio Wijnaldum, hingga Eric Garcia.

Sementara, Liverpool jadi tim terbaru yang menginginkan jasanya. Posisi Liverpool juga sedikit diunggulkan, karena banyak pihak yang menyarankan Damsgaard merapat ke Anfield lantaran gaya bermainnya mirip dengan Philippe Coutinho.

Tapi, Madrid dan Liverpool mengalami sedikit kesulitan untuk mendaratkan sang pemain pada bursa transfer musim panas 2021. Sebab, Presiden Sampdoria, Massimo Ferrero, bersikeras menyebut Damsgaard tidak dijual. 

Namun, Direktur Olahraga Sampdoria, Carlo Osti, memberikan pernyataan sebaliknya. Mereka bisa saja menjual Damsgaard, asal tawaran yang masuk sesuai dengan keinginan klub.

2. Berapa harga Damsgaard?

5 Raksasa Eropa Antre Buat Si Anak Ajaib Mikkel DamsgaardMikkel Damsgaard saat memperkuat Sampdoria di Serie A. (sempremilan.com).

Di tengah isu kepergiannya di bursa transfer kali ini, Ferrero mengatakan kepada Il Secolo XIX, Damsgaard dibanderol 40 juta euro atau Rp700 miliar. Tapi, dengan kondisi sekarang, Sampdoria tampaknya bakal menaikkan harga sang pemain. Konon, mereka baru bisa melepas Damsgaard dengan mahar 50 juta euro atau Rp859 miliar. 

Tentu, bakal jadi keuntungan yang sangat besar bagi Sampdoria jika berhasil menjual pemuda 21 tahun tersebut dengan harga tersebut. Maklum, Sapmdoria mendatangkan dia dengan harga yang jauh lebih murah, yakni cuma tujuh juta euro alias Rp120 miliar dari FC Nordsjaelland. 

Apakah Madrid atau Liverpool tetap berminat mengeluarkan dana hampir Rp1 triliun untuk mendatangkan Damsgaard? Tentu, banyak pertimbangan yang mereka pikirkan. 

3. Bisa sukses di Liverpool?

5 Raksasa Eropa Antre Buat Si Anak Ajaib Mikkel DamsgaardMikkel Damsgaard (twitter.com/IntChampionsCup)

Pengamat yang juga mantan pemain Premier League, David Hughes, berbicara dalam podcast Analyzing Anfield terkait apakah Damsgaard cocok dengan Liverpool. Hughes justru meminta agar Liverpool lebih berani mengeluarkan dana besar agar bisa mendatangkan Damsgaard.

Dari pengamatan Hughes, Damsgaard dapat memenuhi ekspektasi Juergen Klopp untuk membangun tim dan memenangkan gelar lainnya bersama Liverpool.

"Ketika saya melihatnya lebih dalam, setelah pertandingan melawan Rusia, dia terlihat sebagai pemain yang berpotensi memberi banyak peluang juara untuk Liverpool," ujar Huges dikutip Liverpool Echo.

"Usianya masih begitu muda, banyak impian tinggi yang ingin dicapainya dengan ambisi begitu besar. Secara teknis, kualitasnya sangat bagus, dia serbabisa, dan mampu memainkan posisi yang berbeda di seluruh lini serang," lanjut Hughes.

4. Mengikuti jejak Eriksen

5 Raksasa Eropa Antre Buat Si Anak Ajaib Mikkel Damsgaardtwitter.com/EURO2020

Sepanjang Piala Eropa 2020, Damsgaard lebih sering beroperasi di sayap kiri Denmark. Dia pertama kali tampil di ajang ini ketika menggantikan Christian Eriksen pada laga pertama melawan Finlandia. Kala itu, dia masuk usai seniornya kolaps di lapangan usai serangan jantung.

Damsgaard menyiratkan jika sudah banyak belajar dari Eriksen. Sejak pertama kali bergabung dengan Denmark, dia terus berdiskusi dan fokus memerhatikan cara bermain Eriksen. Hal itu ternyata memberikannya banyak pandangan untuk bermain lebih kreatif di lapangan.

"Saya mempelajari banyak detail permainannya dan bagaimana dia menemukan ruang. Saya sudah mencoba memasukkan cara dia bermain dalam penampilan diri ini sejak masih kecil. Kemudian begitu terasa sangat gila, ternyata saya bisa bermain dengannya di tim nasional dan melihat bagaimana dia berlatih," kata Damsgaard dikutip Football Italia.

Sekarang, Damsgaard merupakan calon pemain muda berbakat yang patut diperhitungkan di luar nama Jadon Sancho, Erling Haaland, bahkan sampai Kylian Mbappe. Dia berpotensi menyusul mereka yang punya harga jual sangat fantastis.

Baca Juga: Meledak di Piala Eropa 2020, Wonderkid Denmark Diburu Barcelona

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya