Comscore Tracker

3 Fakta Menarik Jelang Duel Jepang vs Kroasia, Siapa Kuda Hitam?

Jepang dan Kroasia sudah mencetak empat gol

Jakarta, IDN Times - Duel seru akan tersaji dalam laga babak 16 besar Piala Dunia 2022. Tim kuda hitam Jepang bakal ditantang  Kroasia pada laga yang akan digelar di Al Janoub Stadium, Senin (5/12/2022) pukul 22.00 WIB. 

Kedua kesebelasan tentu punya peluang yang sama besarnya untuk memenangkan pertandingan nanti. Namun, Jepang kini diprediksi bisa mengejutkan runner up Piala Dunia edisi sebelumnya, karena punya penampilan lebih menjanjikan sejak babak penyisihan digelar.

Dua eks juara Piala Dunia saja berhasil mereka pencundangi sepanjang babak penyisihan Grup E. Jerman jadi korban lebih dulu di laga pertama, kemudian Spanyol menyusul jadi bukti keganasan skuad Samurai Biru. 

Duel kedua kesebelasan diprediksi bakal berjalan panas. Sebab, harus ada pemenang yang keluar di laga ini. Namun, sebelum keduanya bertemu di lapangan, simak Berikut ini 3 fakta menarik jelang duel Jepang vs Kroasia yang berhasil dihimpun IDN Times.

1. Head to head Jepang vs Kroasia

3 Fakta Menarik Jelang Duel Jepang vs Kroasia, Siapa Kuda Hitam?Ao Tanaka, Timnas Jepang (Instagram.com/tnk_0910)

Sepanjang sejarah, Jepang dan Kroasia tercatat sudah pernah bertemu tiga kali. Dalam tiga duel itu, kedua kesebelasan dinilai sama kuat, karena Jepang pernah menang sekali 4-3 pada Kirin Cup 1997, kalah 1-0 di Piala Dunia 1998, dan bermain imbang 0-0 pada 2006.

Tentunya, catatan ini menunjukkan tak ada tim yang dominan diprediksi bakal menang. Walau Kroasia punya kualitas pemain yang lebih baik, hal itu tak menjamin mereka bisa melewati kejutan dari Jepang. 

Baca Juga: Prediksi Skor Jepang vs Kroasia, Lebih Unggul Siapa?

2. Lima aksi terakhir Jepang dan Kroasia,

3 Fakta Menarik Jelang Duel Jepang vs Kroasia, Siapa Kuda Hitam?Pemain Kroasia, Mateo Kovacic, coba mempertahankan bola dari kepungan para pemain Maroko dalam laga Grup F Piala Dunia 2022 yang digelar pada Rabu (23/11/2022). (Twitter/@FIFAWorldCup)

Dalam lima pertandingan terakhir di semua kompetisi, catatan Kroasia lebih baik dari yang dimiliki Jepang. Tim Vatreni memiliki torehan tiga kemenangan dan dua hasil imbang. Kemenangan Kroasia didapat saat melawan Austria, Arab Saudi, dan Kanada.

Sedangkan Jepang, bisa dianggap memiliki rekor yang lebih buruk. Jepang menderita dua kekalahan, satu kali imbang, dan mendapatkan dua kemenangan. Dua kekalahan Jepang didapatkan dari Kanada dan Kosta Rika.

3. Jepang dan Kroasia memiliki produktivitas gol yang sama di Piala Dunia 2022

3 Fakta Menarik Jelang Duel Jepang vs Kroasia, Siapa Kuda Hitam?Ao Tanaka, Timnas Jepang (Instagram.com/tnk_0910)

Di Piala Dunia 2022, Jepang dan Kroasia memiliki produktivitas yang serupa. Mereka sama-sama punya modal empat gol untuk melaju ke babak 16 besar Piala Dunia 2022. Hanya saja, Jepang unggul efektivitas karena menghasilkan gol-gol itu dari dua laga, sedangkan Kroasia hanya dalam satu pertandingan.

Menariknya, Jepang mencetak tiga dari empat gol tersebut oleh pemain pengganti yaitu Ritsu Doan dengan dua gol dan Takuma Asano. Itulah kenapa pemain yang duduk di bangku cadangan tim Samurai Biru sama pentingnya dengan yang menjadi starter.

Baca Juga: Etos Kerja yang Bawa Jepang Bicara di Piala Dunia 2022

Topic:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya