Comscore Tracker

Prediksi Skor Jepang vs Kroasia, Lebih Unggul Siapa?

Jepang jadi wakil Asia yang paling berpeluang melaju jauh

Jakarta, IDN Times - Jepang akan berduel dengan Kroasia dalam laga babak 16 besar Piala Dunia 2022 di Stadion Al Janoub, Senin (12/5/2022) malam WIB. Duel nanti bakal jadi pembuktian bagi skuad Samurai Biru menasbihkan diri jadi kuda hitam di ajang ini.

Jepang tampil penuh kejutan di babak penyisihan Grup E Piala Dunia 2022. Tergabung di Grup E yang diisi tim-tim kuat, secara brilian mereka bisa finis di posisi pertama, mengalahkan Juara Piala Dunia 2014 Jerman dan Juara Piala Dunia 2010.

Sementara, penampilan Kroasia masih belum istimewa. Walau lolos ke fase gugur, mereka hanya bisa meraih sekali kemenangan saja. Sisanya, dua laga di Grup F mereka lewati dengan hasil imbang.

1. Jepang dan taktik serangan baliknya

Prediksi Skor Jepang vs Kroasia, Lebih Unggul Siapa?Ao Tanaka, Timnas Jepang (Instagram.com/tnk_0910)

Usai tampil memberi kejutan di fase grup E, Jepang jadi harapan besar wakil Asia untuk menembus perempat final Piala Dunia 2022. Ini jadi percobaan keempat Jepang menembus perempat final ajang Piala Dunia setelah gagal pada 2002, 2010, dan 2018.

Taktik serangan balik bisa dibilang jadi senjata utama Jepang menembus babak 16 besar dengan status pemuncak Grup E. Taktik yang sama diprediksi akan kembali digunakan Jepang untuk menghadapi Kroasia malam ini.

Baca Juga: Etos Kerja yang Bawa Jepang Bicara di Piala Dunia 2022

2. Kroasia belum pernah kalah di Piala Dunia 2022

Prediksi Skor Jepang vs Kroasia, Lebih Unggul Siapa?FIFA.com

Kroasia boleh saja keluar sebagai runner-up Grup F Piala Dunia 2022. Penampilan mereka juga dibilang tak istimewa. Namun, tim besutan Zlatco Dalic ini bukan skuad yang layak dipandang sebelah mata oleh Jepang.

Kroasia menembus babak 16 besar Piala Dunia 2022 dengan mengunci satu kemenangan dan dua hasil seri. Penampilan terbaik mereka, ditunjukkan saat mengandaskan Kanada dengan skor telak 4-1. 

Jika performa itu ditunjukkan dalam duel melawan Jepang nanti, bukan tak mungkin duel kedua tim bakal berjalan panas.

3. Prediksi hasil Jepang vs Kroasia

Prediksi Skor Jepang vs Kroasia, Lebih Unggul Siapa?Bintang Jepang, Ritsu Doan, usai cetak gol ke gawang Jerman di Piala Dunia 2022. (twitter.com/FIFAWorldCup)

Laga Jepang kontra Kroasia diprediksi akan berlangsung alot malam ini. Laga berpeluang dimenangkan Jepang dengan hasil tipis 1-0 atas Kroasia.

Jepang sudah mengoleksi empat gol selama babak penyisihan. Empat gol itu dicetak, masing-masing dua gol dalam dua pertandingan

Pada laga kontra Jerman, Jepang menang 2-1 lewat gol Ritsu Doan (75') dan Takuma Asano (83'). Dalam laga lain kontra Spanyol, Jepang kembali menang tipis 2-1 lewat gol yang diciptakan Ritsu Doan (48') dan Ao Tanaka (51').

Laga kontra Kosta Rika jadi satu-satunya pertandingan di mana Jepang tak mencetak angka. Belum lagi melihat bagaimana Jepang yang kerap menyerang balik lebih agresif setelah pergantian pemain usai deadlock dengan lawan.

Sedangkan, Kroasia kalah konsisten mencetak gol ketimbang Jepang. Walau sama-sama mencetak gol, Hanya pada laga kontra Kanada empat gol dihasilkan merka lewat Andrej Kramaric (36', 70'), Marko Livaja (44'), dan Lovro Majer (90+4').

Sementara itu, ancaman Jepang terbilang berbahaya dan sangat berpeluang membawa kenjutan dengan memenangkan laga kontra Kroasia di babak 16 besar Piala Dunia 2022.

Baca Juga: Jepang Enggan Besar Kepala Usai Bekuk Jerman di Piala Dunia 2022

Topic:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya