5 Unggulan yang Kalah di Laga Pembuka Piala Dunia, Ada Argentina!

Banyak tim unggulan yang melempem di laga awal Piala Dunia

Jakarta, IDN Times - Berstatus sebagai favorit juara tak serta merta membuat sebuah tim dengan mudah memenangkan pertandingan. Terlebih di Piala Dunia, apapun bisa terjadi di atas lapangan hijau.

Terbukti, sejumlah tim unggulan berikut ini terpaksa takluk di laga pembuka Piala Dunia beberapa edisi terakhir. Siapa saja? Berikut IDN Times sajikan daftarnya hanya untuk kamu.

1. Argentina (Piala Dunia 2022)

5 Unggulan yang Kalah di Laga Pembuka Piala Dunia, Ada Argentina!Salem Al Dawsari ketika mencetak gol ke gawang Argentina di Piala Dunia 2022, Selasa (22/11/2022). (Twitter/@FIFAWorldCup).

Argentina secara mengejutkan harus bertekuk lutut di hadapan tim yang sama sekali tak diunggulkan, Arab Saudi. Tim Tango harus kalah dengan skor 1-2 di laga pembuka Grup C Piala Dunia 2022.

Sebelum laga tersebut, Argentina sama sekali tak terkalahkan dalam 35 laga beruntun. Mereka sebelumnya bahkan menjuarai Copa America 2021 dan Finalissima mengalahkan raksasa Eropa, Italia.

2. Jerman (Piala Dunia 2018)

5 Unggulan yang Kalah di Laga Pembuka Piala Dunia, Ada Argentina!Timnas Jerman Piala Dunia 2018. (fifa.com)

Pada Piala Dunia edisi 2018 di Rusia, giliran Jerman yang harus kandas di laga pembuka. Skuad Die Mannschaft harus mengakui keunggulan tipis Meksiko 0-1 berkat gol Hirving Lozano.

Jerman sejatinya datang ke Piala Dunia 2018 berstatus sebagai juara bertahan. Namun, secara keseluruhan, mereka tampil buruk dan gagal lolos ke babak 16 besar setelah kembali kalah dari Korea Selatan di laga terakhir.

3. Uruguay (Piala Dunia 2014)

5 Unggulan yang Kalah di Laga Pembuka Piala Dunia, Ada Argentina!Timnas Uruguay di Piala Dunia 2014. (andina.pe)

Melaju hingga babak semifinal di edisi sebelumnya, Uruguay secara mengejutkan kalah di laga pembuka Piala Dunia 2014. Tim yang saat itu masih dilatih Oscar Tabarez menyerah 1-3 dari Kosta Rika, tim yang sama sekali tak diunggulkan.

Kekalahan tersebut tak diperkirakan banyak pihak karena Uruguay membawa mayoritas bintang-bintangnya di edisi sebelumnya. Apalagi, mereka pernah jadi juara dunia dua kali, itulah yang membuat mereka menjadi unggulan.

Baca Juga: Kuda Hitam di Grup Neraka, Serbia Penuh Bintang Serie A

4. Spanyol (Piala Dunia 2010)

5 Unggulan yang Kalah di Laga Pembuka Piala Dunia, Ada Argentina!Timnas Spanyol di Piala Dunia 2010. (soundersfc.com)

Spanyol menjadi favorit juara lewat permainan tiki-takanya yang sedang menjadi pusat perhatian jagat dalam ajang Piala Dunia 2010. Terlebih, mereka juga berhasil memenangkan gelar juara Piala Eropa dua tahun sebelumnya.

Namun, status favorit tersebut tak membuat skuad La Furia Roja dipastikan menang di laga pembuka. Terbukti, Spanyol harus kalah dari Swiss dengan skor 0-1. Meski begitu, Spanyol mampu bangkit dan terus melaju hingga akhirnya keluar jadi juara.

5. Prancis (Piala Dunia 2002)

5 Unggulan yang Kalah di Laga Pembuka Piala Dunia, Ada Argentina!Timnas Prancis di Piala Dunia 2002. (the18.com)

Berstatus juara dunia 1998 dan Eropa 2000, Prancis kesulitan di Piala Dunia 2002. Les Bleus harus mengakui keunggulan tim debutan, Senegal, dengan skor tipis 0-1.

Prancis pun tak mampu bangkit dari tekanan mental yang diberikan oleh Senegal. Mereka akhirnya hanya berakhir jadi juru kunci grup dan gagal lolos ke babak 16 besar dalam ajang empat tahunan ini.

Baca Juga: 5 Peserta Piala Dunia 2022 dengan Pengalaman Minim di Piala Dunia

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya