Comscore Tracker

FIFA Mentahkan Protes Portugal soal Gol Ronaldo

Portugal bela Ronaldo, tapi FIFA kasih bukti

Jakarta, IDN Times - FIFA telah mengambil keputusan mengenai siapa yang sebenarnya mencetak gol pada pertandingan Portugal kontra Uruguay, 29 November 2022 lalu. Hal itu terjadi setelah Portugal dilaporkan sempat melayangkan protes, demi menjadikan Cristiano Ronaldo sebagai pencetak gol pertama.

Sempat ada bahasan panas, apakah Bruno Fernandes atau Ronaldo yang mencetak gol pembuka di laga yang berakhir dengan kemenangan A Selecao 2-0 itu. Hal itu lantaran, bola yang disepak Fernandes, tampaknya berhasil disambut oleh kepala Ronaldo sebelum meluncur ke dalam gawang Uruguay. Kini, FIFA telah buka suara dan mengeluarkan keputusan akhir.

"Kami dapat secara definitif menunjukkan tidak ada kontak pada bola dari Cristiano Ronaldo untuk gol pembuka," kata FIFA pada pernyataannya.

1. Dikonfirmasi oleh teknologi pada bola

FIFA Mentahkan Protes Portugal soal Gol RonaldoGol yang dianggap dicetak Cristiano Ronaldo. (mirror.co.uk)

FIFA mengonfirmasi kalau Ronaldo sama sekali tidak menyentuh bola yang sebelumnya ditendang oleh Fernandes. Konfirmasi tersebut dibuat berdasarkan teknologi yang tersemat di dalam bola produksi Adidas yang dapat memberikan data secara real-time kepada ofisial pertandingan. Juga terdapat sensor yang dapat menangkap setiap sentuhan yang dilakukan oleh para pemain.

"Dengan menggunakan Connected Ball Technology yang ditempatkan di bola pertandingan resmi Adidas, Al Rihla, tidak ada gaya eksternal pada bola yang terekam pada pengukuran kami. Sensor IMU 500Hz di dalam bola memungkinkan kami menjadi sangat akurat," lanjut FIFA dilansir Daily Mirror.

Baca Juga: Alasan Cristiano Ronaldo Dianulir Jadi Pencetak Gol Portugal

2. Memang ingin mengumpan Ronaldo

FIFA Mentahkan Protes Portugal soal Gol RonaldoCristiano Ronaldo dan Bruno Fernandes melakukan selebrasi usai Portugal membobol gawang Uruguay dalam laga lanjutan Grup H Piala Dunia 2022. (Twitter/@selecaoportugal)

Bruno juga sempat merasa jika Ronaldo berhasil menyentuh bola. Dia mengaku memang bermaksud untuk mengumpan Ronaldo yang berada di dalam kotak penalti.

"Saya berselebrasi seakan Ronaldo yang mencetak gol itu. Tampak bagi saya kalau dia menyentuh bola itu. Tujuan saya pun ingin memberinya umpan," kata Fernandes.

Baca Juga: Bola Canggih Piala Dunia Jadi Bukti Kuat Ronaldo Tak Cetak Gol

3. Tak peduli siapa yang cetak gol

FIFA Mentahkan Protes Portugal soal Gol RonaldoSelebrasi Bruno Fernandes saat bobol gawang Uruguay, Selasa dini hari WIB (29/11/2022). (Twitter/@FIFAWorldCup).

Meski dinyatakan sebagai pencetak gol, Fernandes mengaku tak peduli siapa yang mencetaknya. Menurut Fernandes, yang terpenting adalah tim berhasil meraih kemenangan berkat gol yang dicetak tersebut.

"Kami senang dengan kemenangan terlepas dari siapa yang mencetak gol. Yang paling penting adalah kami mencapai tujuan kami yaitu lolos ke babak berikutnya," ujar Fernandes

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya