Guardiola Amuk Wasit saat Lawan Liverpool: Berat Sebelah!

Liverpool menang 1-0 atas ManCity

Jakarta, IDN Times - Performa wasit Anthony Taylor saat memimpin laga Liverpool versus Manchester City di Anfield, Minggu (16/10/2022), menjadi sorotan. Sejumlah kesalahan fatal dibuat Taylor, memicu adanya perdebatan di kalangan publik.

Manajer ManCity, Pep Guardiola, sepakat kalau Taylor melakukan banyak kesalahan. Dia sampai mencak-mencak usai laga.

Salah satu yang bikin Guardiola marah adalah karena Taylor menganulir gol Phil Foden. Prosesnya memang beraroma pelanggaran, karena Erling Haaland menarik baju Fabinho. Namun, Guardiola merasa seharusnya Taylor bisa lebih tegas dalam menyikapi situasi tersebut.

"Ada banyak pelanggaran tapi tak dianggap. Begitu kami mencetak gol, dia menganggapnya ada pelanggaran," kata Guardiola dilansir Daily Mirror.

1. Bingung dengan keputusan Taylor

Guardiola Amuk Wasit saat Lawan Liverpool: Berat Sebelah!Manajer Manchester City, Pep Guardiola. (mirror.co.uk)

Guardiola benar-benar dibuat bingung dengan keputusan Taylor. Sebab, sebenarnya Taylor bisa menghentikan laga lebih dini ketika Fabinho jatuh.

Namun, ketika Foden sudah cetak gol, Taylor langsung menggunakan video assistant referee untuk meninjau ulang insiden tersebut. VAR juga digunakan karena protes dari para pemain Liverpool.

"Wasit mendatangi para manajer dan mengatakan 'lanjut, lanjut, lanjut', setelah terjadi sejumlah pelanggaran. Setelah kami cetak gol, dia malah tak memberikannya. Itu juga sudah menggunakan VAR. Tahulah, ini Anfield," ujar Guardiola.

Baca Juga: 3 Faktor Manchester City Bisa Keok dari Liverpool di Anfield

2. Harap wasit konsisten

Guardiola Amuk Wasit saat Lawan Liverpool: Berat Sebelah!Liverpool vs Manchester City. (si.com)

Tak hanya Guardiola, pemain ManCity, Bernardo Silva, juga merasa dirugikan karena performa Taylor yang tak konsisten. Menurutnya, wasit perlu tampil lebih tegas dan memiliki standar yang baku.

"Apa yang kami harapkan dari wasit adalah konsistensi dalam pengambilan keputusan. Ketika dia tidak meniup peluit tanda pelanggaran ketika muncul kontak-kontak kecil, maka harus terus seperti itu," kata pemain asal Portugal tersebut.

3. Keputusan yang tepat

Guardiola Amuk Wasit saat Lawan Liverpool: Berat Sebelah!Pelanggaran Haaland terhadap Fabinho. (manchestereveningnews.co.uk)

Meski begitu, legenda Manchester United yang juga pengamat untuk Sky Sports, Gary Neville, menganggap keputusan wasit sudah benar. Dia menilai Haaland menarik jersey Fabinho dan merupakan sebuah pelanggaran.

"Haaland menarik jersey Fabinho, itu sebabnya gol dianulir. Saya pikir itu keputusan yang tepat," kata Neville.

Baca Juga: Liverpool Menang, Rekor Tak Terkalahkan ManCity Putus

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya