Comscore Tracker

Profil Inggris, Raksasa yang Juara Dunia Setengah Abad Lalu

Inggris terakhir kali juara dunia 56 tahun lalu

Jakarta, IDN Times - Inggris dikenal sebagai rumahnya sepak bola. Bahkan, di Inggris pula, kompetisi paling keras, ketat, dan atraktif, digelar, yakni Premier League. Banyak talenta asal Inggris yang meledak dan tampil memukau di klub masing-masing.

Namun, prestasi para pemainnya tak sejalan dengan tim nasionalnya. Timnas Inggris, tak kunjung juara dunia setelah sempat melakukannya pada 56 tahun lalu.

Terakhir kali, Inggris bisa juara ketika masih diperkuat Geoff Hurst, Bobby Charlton, dan ditangani manajer Sir Alfred Ernest Ramsey. Itu terjadi pada Piala Dunia 1966. Setelahnya, Inggris belum pernah juara lagi. Kesempatan kembali datang, kali ini di Piala Dunia 2022, mampukah The Three Lions melakukannya?

1. Lebih dari setengah abad lalu Inggris juara

Profil Inggris, Raksasa yang Juara Dunia Setengah Abad LaluTimnas Inggris saat menjuarai Piala Dunia 1966. (bwfc.co.uk)

Inggris terakhir kali jadi juara Piala Dunia adalah pada edisi 1966. Mereka kala itu berstatus sebagai tuan rumah, menggondol trofi Jules Rimet usai mengalahkan Jerman Barat di final dengan skor 4-2.

Kala itu, Hurst jadi bintangnya dengan mencatatkan hattrick. Performa Inggris sepanjang Piala Dunia 1966 juga ciamik. Mereka mencatatkan clean sheets dalam empat pertandingan pembuka ketika menghadapi Uruguay, Prancis, dan Meksiko.

Setelahnya, Inggris langsung menggila dengan menyingkirkan Portugal, Argentina, hingga Jerman Barat di final.

Baca Juga: Maguire Satu-satunya Pemain MU yang Masuk Timnas Inggris

2. Manfaatkan momentum Piala Eropa 2020

Profil Inggris, Raksasa yang Juara Dunia Setengah Abad LaluTimnas Inggris saat menghadapi adu penalti melawan Italia di Final Piala Eropa 2020. (instagram.com/harrykane/)

Harapan Inggris mengakhiri puasa trofi sebenarnya sudah sempat muncul di Piala Eropa 2020 lalu. Namun, mereka tak mampu buka puasa, karena kalah dari Italia di final lewat adu penalti.

Kekalahan dari Italia, menurut manajer Gareth Southgate, bisa menjadi pelajaran bagi Inggris buat menjadi lebih dewasa. Southgate pun berharap kalau apa yang terjadi di Piala Eropa 2020, bisa menjadi pemantik semangat dari para pemain Inggris untuk bisa juara dunia.

3. Sempat ke semifinal pula di 2018

Profil Inggris, Raksasa yang Juara Dunia Setengah Abad LaluSkuad Timnas Inggris di Piala Dunia 2018. (fifa.com)

Secara grafik, Inggris memang menanjak dalam dua turnamen terakhir. Sebelum menembus final Piala Eropa 2020, Inggris sempat melaju ke semifinal Piala Dunia 2018. Asa mereka tembus ke final dihentikan oleh Kroasia. Pun, Inggris kalah dari Belgia dalam perebutan posisi ketiga.

Hanya saja, performa Inggris memang terlihat lebih matang di Piala Eropa 2020. Setelah melakukan sedikit perombakan, Southgate bisa meramu skuad yang cukup matang buat Inggris. Kali ini, tantangannya akan lebih berat di Piala Dunia 2022.

Menarik dinantikan bagaimana perjuangan The Three Lions di Piala Dunia 2022 nanti. Akankah Inggris sukses menjadi juara dunia di Qatar nanti? Atau malah tampil memalukan seperti pada edisi 2014 di mana mereka bahkan tidak lolos dari fase grup?

Baca Juga: FIFA Resmikan Badak Jawa Jadi Maskot Piala Dunia U-20 2023

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya