Comscore Tracker

KNVB Sapa Penggemar Oranje di Jayapura

KNVB berada di sana pada 2-4 Desember 2022

Jakarta, IDN Times - Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB) baru saja merampungkan kunjungannya ke Jayapura, Papua. Kunjungan tersebut dilaksanakan setelah sukses menyelenggarakan Oranje Festival Indonesia di Jakarta pada 25 November lalu.

KNVB berkunjung ke wilayah Indonesia Timur tersebut untuk menemui para penggemar yang telah setia mendukung Timnas Belanda selama bertahun-tahun. Mereka berada di Jayapura pada 2-4 Desember 2022.

"Luar biasa, kami sangat senang dapat mengunjungi masyarakat yang memiliki kecintaan dan passion yang besar untuk sepak bola," kata Kepala Strategi Pemasaran Internasional KNVB, Ilja Dijkstra.

1. KNVB dapat sambutan hangat

KNVB Sapa Penggemar Oranje di JayapuraKunjungan KNVB ke Jayapura, Papua. (Dokumentasi KNVB)

KNVB langsung mendapatkan sambutan hangat begitu menginjakkan kaki di Bandara Internasional Sentani, Papua. Sambutan tersebut terus berlangsung hingga KNVB mengunjungi Kampung Yoboi di Danau Sentani.

Di sana, KNVB disambut langsung kepala suku Kampung Yoboi dengan nyanyian-nyanyian tradisional. Sebagai ucapan terima kasih, mereka memberikan jersey yang telah ditandatangani seluruh pemain tim Oranje kepada kepala suku Kampung Yoboi.

Baca Juga: Serunya Nobar Piala Dunia Qatar Vs Belanda yang Digelar KNVB di Ambon

2. Kunjungi Kampung Piala Dunia

KNVB Sapa Penggemar Oranje di JayapuraKunjungan KNVB ke Jayapura, Papua. (Dokumentasi KNVB)

Tak hanya itu, KNVB juga mengunjungi wilayah yang dijuluki 'Kampung Piala Dunia,' di sekitar Kampung Nelayan, Dok Sembilan. Mereka pun terpukau dengan semangat masyarakat setempat dalam merayakan gelaran Piala Dunia tahun ini.

Menurut Ilja Dijkstra, itulah indahnya sepak bola, bisa menyatukan semua orang tanpa terkecuali.

"Di Yoboi, saya melihat berbagai bendera di sana, seperti Brasil, Argentina, Portugal, Jerman dan lain-lain. Sangat menyenangkan melihat semua bendera dipasang di tempat yang sama. Itulah indahnya sepak bola, itu menyatukan semua orang, tidak peduli negara mana yang Anda dukung," kata Ilja.

3. KNVB merasakan pengalaman yang luar biasa di Papua

KNVB Sapa Penggemar Oranje di JayapuraKunjungan KNVB ke Jayapura, Papua. (Dokumentasi KNVB)

Rombongan KNVB juga sempat merasakan pengalaman yang luar biasa saat berkonvoi menggunakan perahu di Laut Argapura. Hal itu dilakukan karena menurut komunitas lokal, akan lebih aman berkonvoi di laut dibandingkan di jalan raya.

Setidaknya, ada 15 perahu yang ikut meramaikan aksi yang bertepatan dengan digelarnya pertandingan Belanda melawan Amerika Serikat tersebut.

"Saya belum pernah mengalami hal seperti ini sebelumnya. Ini adalah pengalaman yang luar biasa, akan saya ceritakan kepada semua rekan saya di KNVB," kata dia.

Terakhir, KNVB mempersembahkan lukisan mural untuk para penggemar sebagai hadiah. Pada lukisan mural tersebut terdapat gambar Singa dan Garuda yang berdiri berdampingan. Ada juga tulisan 'Oranje Indonesia' serta bendera Belanda dan Indonesia. 

Oranje Indonesia adalah program yang diprakarsai KNVB untuk seluruh kegiatannya di Indonesia. Mereka memahami bahwa masyarakat Indonesia memiliki Timnas Garuda sebagai tim utama mereka dan ingin menyampaikan pesan bahwa tim Oranje dapat menjadi tim favorit kedua mereka.

Baca Juga: Legenda Timnas Belanda Bagi Ilmu ke Ratusan Anak Indonesia

Topic:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya