Laga Premier League Terancam Ditunda Lagi, Kenapa?

Bakal ada penobatan Raja Charles III di Istana Buckingham

Jakarta, IDN Times - Sejumlah pertandingan Premier League terancam kembali ditunda. Hal itu terjadi lantaran pengukuhan Raja Charles dijadwalkan bakal berlangsung pada Mei 2023.

Tanggal itu bertepatan dengan hari Sabtu, di mana sejumlah pertandingan Premier League akan dilangsungkan. Itu berarti, beberapa pertandingan akan terancam ditunda atau diundur jam kick-off-nya.

1. Acara penobatan Raja Charles III

Laga Premier League Terancam Ditunda Lagi, Kenapa?potret Raja Charles III saat menikah dengan Ratu Camilla Parker Bowles. (royal.uk)

Setelah sempat ditunda karena menghormati kematian Ratu Elizabeth II, Premier League pun masih memungkinkan untuk tak menggelar laga. Raja Charles sendiri bakal dinobatkan sebagai pemimpin pada Sabtu, 6 Mei 2023.

"Istana Buckingham dengan bangga mengumumkan bahwa penobatan Yang Mulia Raja akan berlangsung pada Sabtu 6 Mei 2023. Upacara penobatan akan berlangsung di Westminster Abbey, London, dan akan dipimpin oleh Uskup Agung Canterbury. Yang Mulia Raja Charles III akan dimahkotai bersama dengan Permaisuri," bunyi sebuah pernyataan dilansir Daily Mirror.

Baca Juga: Ratu Elizabeth II Wafat, 5 Laga Seru Premier League Ini Resmi Ditunda

2. Ada tiga laga kandang di London

Laga Premier League Terancam Ditunda Lagi, Kenapa?Tottenham Hotspur Stadium. (football.london)

West Ham, Tottenham Hotspur, dan Fulham adalah tiga tim Premier League yang berbasis di London yang dijadwalkan akan bermain di kandang pada saat itu. Mereka masing-masing akan menghadapi Manchester United, Crystal Palace, dan Leicester City.

Jika keputusan yang diambil sama dengan pemakaman Ratu, maka polisi di seluruh Inggris akan ditugaskan untuk acara penobatan tersebut. Hal itu membuat pertandingan Liverpool melawan Brentford dan Leeds melawan Manchester City diragukan untuk tetap berjalan.

Jika Premier League mengikuti saran pemerintah untuk tetap menggelar pertandingan, maka laga bisa ditunda atau diundur 24 jam.

3. Masih belum ada kepastian

Laga Premier League Terancam Ditunda Lagi, Kenapa?Juara Premier League 2021/2022, Manchester City. (theanalyst.com)

Penobatan Raja Charles kemungkinan akan berdampak pada pertandingan sepak bola akhir pekan nanti. Namun, tanggal dan jam kick-off yang pasti belum ditentukan.

Pihak Departemen Digital, Budaya, Media dan Olahraga pun belum mengadakan diskusi dengan semua badan olahraga mengenai permasalahan ini.

Namun, pada saat kematian Ratu Elizabeth II yang lalu, mereka menyerahkan keputusan akhir ke pihak Premier League dan EFL. Jadi, tidak ada jaminan mereka akan memberikan arahan yang pasti mengenai keputusan apa yang akan diambil.

Sebelumnya, sejumlah pertandingan sempat ditunda akibat pemakaman Ratu Elizabeth II bulan lalu. Pertandingan Chelsea melawan Liverpool termasuk yang ditunda. Sedangkan laga Manchester United melawan Leeds United juga ditunda.

Baca Juga: Raja Charles Ucapkan Duka untuk Tragedi Kanjuruhan

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya