Malaysia Krisis di Piala AFF, 2 Pemain Lain Positif COVID-19

Malaysia akan hadapi dua lawan berat, Vietnam dan Indonesia

Jakarta, IDN Times - Malaysia dihantam krisis pemain di Piala AFF. Ada dua pemain lainnya yang terkonfirmasi positif COVID-19, Kamis (9/12/2021).

Mereka yang baru saja dinyatakan positif adalah Akhyar Rashyid dan Quentin Cheng. Keduanya memperluas krisis yang dialami Malaysia. Sebelumnya, kiper Malaysia Khairulazhan Khalid dan winger Faisal Halim sudah lebih dulu tak bisa bermain di Piala AFF akibat masalah yang sama.

Khalid dan Halim terdeteksi COVID-19 saat hendak masuk ke kawasan Singapura. Tentu, situasi ini membuat kondisi Malaysia makin pelik.

1. Dua pemain positif COVID-19

Malaysia Krisis di Piala AFF, 2 Pemain Lain Positif COVID-19Pemain timnas Malaysia, Akhyar Rashid. (channelnewsasia.com)

Pelatih Malaysia, Tan Cheng Hoe, mengakui masalah ini begitu pelik. Apalagi, Rashid tampil luar biasa ketika Malaysia mengalahkan Kamboja, 3-1.

"Tentu saja Akhyar bermain luar biasa di pertandingan sebelumnya. Tetapi, karena dia baru ketahuan positif COVID-19, kami tidak bisa menurunkannya di pertandingan melawan Laos," kata Tan Cheng Hoe dilansir Channel News Asia.

Baca Juga: Timnas Indonesia Hentikan Kutukan Partai Pembuka Piala AFF

2. Skuad makin tipis

Malaysia Krisis di Piala AFF, 2 Pemain Lain Positif COVID-19Timnas Malaysia raih kemenangan perdana di Grup B Piala AFF usai mengandaskan Kamboja 3-1 pada Senin (6/12/2021). (affsuzukicup.com).

Malaysia kini cuma punya 22 pemain jelang fase akhir penyisihan grup Piala AFF. Empat pemain, termasuk Rashid dan Cheng, sudah dipastikan tak bisa berlaga hingga akhir penyisihan grup.

Manajer Malaysia, Yusoff Mahadi, sempat mengeluarkan wacana buat memanggil pemain baru demi menggantikan mereka yang tak bisa berlaga di Piala AFF. Namun, hal tersebut tampaknya tak bisa dilakukan karena terbentur aturan dari Piala AFF.

3. Ujian berat hadapi Vietnam dan Indonesia

Malaysia Krisis di Piala AFF, 2 Pemain Lain Positif COVID-19Timnas Malaysia raih kemenangan perdana di Grup B Piala AFF usai mengandaskan Kamboja 3-1 pada Senin (6/12/2021). (affsuzukicup.com).

Khairulazhan dan Faisal diminta untuk menjalani karantina mandiri selama 10 hari. Sedangkan Akhyar Rashid dan Quentin Cheng, yang baru kemarin dinyatakan positif kemarin, kemungkinan akan melakukan karantina mandiri dalam durasi yang serupa. 

Itu artinya, Malaysia kemungkinan akan tanpa keempat pemain tersebut saat laga kontra juara bertahan, Vietnam, pada 12 Desember 2021 mendatang. Setelahnya, Malaysia akan bertemu Indonesia di pertandingan terakhir grup B.

Baca Juga: 2 Pemain Malaysia di Piala AFF Positif COVID-19

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya