Profil Jerman, Raksasa Eropa yang Siap Dominasi Dunia

Jerman sudah raih empat trofi Piala Dunia

Jakarta, IDN Times - Berstatus sebagai salah satu unggulan, Jerman melangkah ke Piala Dunia 2022 dengan penuh rasa percaya diri. Berbekal pengalaman, prestasi, dan kedalaman skuad yang luar biasa bagus, Der Panzer digadang-gadang bisa melangkah jauh di Qatar.

Meski berstatus sebagai raksasa Eropa bahkan dunia, kiprah tim asuhan Hansi Flick itu dipercaya tidak akan mudah. Berada di Grup E, Jerman tergabung bersama raksasa lainnya, Spanyol. Jerman juga harus menghadapi perlawanan dari dua tim yang biasa menjadi kuda hitam, Kosta Rika dan Jepang.

1. Jerman jadi tim kedua yang paling sering tampil di Piala Dunia

Profil Jerman, Raksasa Eropa yang Siap Dominasi DuniaTimnas Jerman lolos kualifikasi Piala Dunia 2022 (instagram.com/timowerner)

Piala Dunia 2022 nanti akan menjadi gelaran ke-20 bagi Jerman. Itu berarti, mereka merupakan tim kedua dengan penampilan paling banyak di ajang empat tahunan tersebut.

Jerman hanya kalah dari Brasil yang sejauh ini sudah mentas sebanyak 22 kali. Tak hanya itu, Jerman juga tercatat menjadi salah satu tim yang paling sering lolos secara beruntun. Die Mannschaft sudah lolos ke putaran final Piala Dunia 18 kali berturut-turut.

Baca Juga: Berapa Ya Hadiah Juara Piala Dunia 2022?

2. Jerman acap berprestasi di Piala Dunia

Profil Jerman, Raksasa Eropa yang Siap Dominasi DuniaTimnas Jerman. (the18.com)

Jerman merupakan salah satu negara dengan rengkuhan gelar Piala Dunia, yakni mengoleksi empat trofi. Mereka jadi jawara di ajang tersebut pada edisi 1954, 1974, 1990, dan 2014.

Catatan trofi Jerman di Piala Dunia ini sama dengan Italia, dan hanya kalah satu gelar dibandingkan dengan Brasil.

Tak hanya itu, Jerman merupakan satu-satunya tim yang selalu finis di peringkat tiga atau lebih baik dari itu tiap dekade Piala Dunia diadakan. Finis di peringkat tiga pada 1934, juara di 1954, runner-up di 1966, juara di 1974, runner-up di 1982 dan 1986, juara di 1990, runner-up di 2002, dan juara di 2014.

3. Para pemain andalan

Profil Jerman, Raksasa Eropa yang Siap Dominasi DuniaSerge Gnabry. (twitter.com/squawka)

Pada babak kualifikasi, Jerman total mencetak 36 gol dari 10 pertandingan. Gelontoran gol tersebut datang dari empat pemain yang total mengoleksi 19 gol. Mereka adalah Serge Gnabry, Timo Werner, dan Ilkay Gundogan dengan masing-masing lima gol. Terakhir ada Leroy Sane dengan torehan empat gol.

Tak hanya itu, Jerman juga memiliki para pengumpan yang handal untuk membantu lini serang mendobrak pertahanan lawan. Mereka adalah duo Bayern Munich, Leon Goretzka dengan enam assist dan Thomas Muller dengan tiga assist.

Mampukah Jerman menyamakan torehan gelar Piala Dunia Brasil dengan lima trofi? Atau malah mereka kembali gagal lolos dari fase grup seperti pada 2018 lalu? Menarik untuk dinantikan tentunya.

Baca Juga: Profil Spanyol, Unggulan yang Siap Mendominasi Dunia Lagi

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya