Comscore Tracker

5 Prestasi Dunia Sepak Bola Indonesia di Luar Timnas

Capain penting ini jarang ada yang tahu

Seringkali kita kecewa dengan capaian Timnas sepak bola Indonesia. Hal itu wajar saja karena tidak ada prestasi yang benar benar membanggakan dalam beberapa tahun terakhir.

Namun kecintaan orang Indonesia terhadap sepak bola memunculkan berbagai capain lain. Apa saja capainnya? Berikut 5 prestasi dunia sepak bola Indonesia selain dari Timnas.

1. Gelora Bung Karno menjadi stadion terbesar ke-8 di Asia

5 Prestasi Dunia Sepak Bola Indonesia di Luar Timnasinstagram.com/love_gbk

SUGBK (Stadion Utama Glora Bung Karno) adalah stadion yang menjadi kandang tim nasional Indonesia. Stadion yang dibangun era Presiden Soekarno ini memiliki kapasitas 88.083 kursi. Jumlah kapasitas kursi yang besar ini membuat stadion ini menjadi stadion terbesar ke-8 se-Asian dan ke-28 di dunia.

2. Pangeran Siahaan jadi presenter terbaik Asia

5 Prestasi Dunia Sepak Bola Indonesia di Luar Timnastwitter.com/pangeransiahaan

Prestasi timnas sepak bola boleh biasa saja, tapi tidak dengan presenter bolanya. Pangeran Siahaan memenangkan kategori Best Sports Presenter pada tahun 2017 dalam Asian Television Award ke-22. Pria yang biasa disapa Pange ini membawakan program siaran langsung Liga Inggris di stasion televisi Bein Sports.

Baca Juga: 5 Kandidat Kuat Direktur Sepak Bola Pertama Manchester United

3. Timnas futsal masuk peringkat 55 besar di dunia

5 Prestasi Dunia Sepak Bola Indonesia di Luar TimnasInstagram.com/timnasfutsal

Berbeda dengan timnas sepak bolanya. Prestasi timnas futsal cukup menggembirakan. Bersama Thailand, Indonesia menjadi salah satu tim paling diperhitungkan di Asia Tenggara. Selain itu pada tahun 2018 peringkat timas futsal menduduki rangking 55 jauh lebih baik dari timnas sepak bola yang menempati peringkat 164.

4. Brigata Curva Sud jadi suporter bola terbaik Asia

5 Prestasi Dunia Sepak Bola Indonesia di Luar TimnasTwitter com/bcsxpss

Loyalitas suporter sepak bola Indonesia tidak perlu lagi dipertanyakan. Tidak hanya loyal, salah satu suporter klub Indonesia, Brigata Curva Sud berhasil meraih predikat sebagai suporter terbaik se Asia oleh media Copa 90. Media asing ini menilai tradisi dari Brigata Curva Sud seperti selalu membeli tiket, fokus mendukung selama 2x45 menit dan lain lain memberikan dampak positif ke industri sepak bola.

5. Bali United menjadi klub sepak bola pertama se-Asia Tenggara yang melakukan IPO

5 Prestasi Dunia Sepak Bola Indonesia di Luar TimnasInstagram.com/baliunitedfc

Berita baik dari industri sepak bola dalam negeri. Pada 27 Juni 2019, Bali United akan melakukan penawaran saham perdana atau yang sering dikenal dengan IPO (initial public offering). Dengan ini saham dari Bali United bisa dimiliki oleh siapa saja sehingga profesionalitas dan akuntabilitas manajemen akan membaik. Bali United menjadi klub sepak bola pertama di Asia Tenggara yang melakukan IPO.

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

Ahmad Uzlif Rosyid Photo Community Writer Ahmad Uzlif Rosyid

Passionate about sport, pop culture, fashion and local brand.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Efendi Ari Wibowo

Just For You