Comscore Tracker

6 Derby Paling Panas dan Mencekam di Sepak Bola, Ada Korban Jiwa

Rivalitas klub sekota memang menegangkan

Sepak bola selalu menjadi olahraga favorit di berbagai tempat. Salah satu yang menarik adalah pertandingan sepak bola antar klub satu kota. Hal ini karena rivalitas antara dua suporter lebih terasa.

Namun derby antar klub satu kota yang berada di level berbeda, perbedaan idiologi politik, kelas sosial sampai agama pada kedua suporter pendukungnya terkadang membuat suasana memanas. Berikut 6 derby klub antar satu kota paling panas dalam sejarah sepak bola.

1. Derby Kairo

6 Derby Paling Panas dan Mencekam di Sepak Bola, Ada Korban JiwaFootyfair.com

Mesir cukup terkenal dengan kerusuhan tim sepak bola mereka. Berkali kali fans garis keras Al Ahly dan Zamalek, dua klub terbesar di Mesir bentrok dengan berbagai suporter lain. Apalagi jika terjadi derbi, Pemerintah Mesir melalui asosiasi sepak bola Mesir bahkan pernah memanggil wasit dari luar untuk menjaga netralitas pertandingan agar tidak terjadi kerusuhan.

2. Superclasico

6 Derby Paling Panas dan Mencekam di Sepak Bola, Ada Korban JiwaWorldsoccer.com

Superclasico adalah derbi antara River Plate vs Boca Junior milik kota Buenos Aires. Perbedaan kelas sosial menjadi pemicu rivalitas kedua suporter. River Plate didukung kelas menengah atas sedangkan Boca Junior oleh kelas pekerja dan imigran Italia. Bentrokan antar suporter sering kali terjadi pada derbi ini.

Baca Juga: Jangan Terulang! 5 Suporter Sepakbola Indonesia yang Tewas Selama 2018

3. Derby Kitalar Arasi

6 Derby Paling Panas dan Mencekam di Sepak Bola, Ada Korban JiwaThenational.ae

Secara geografis derbi ini sangat unik. Kedua klub walaupun berasal dari kota yang sama yaitu Istanbul, terpisah di dua benua yang berbeda. Fenerbache mewakili Asia sedangkan Galatasaray mewakili Eropa yang dipisahkan oleh selat Bosphorus. Tidak hanya penonton, pemain juga seringkali terpancing emosinya. Seringkali terjadi korban jiwa atas bentrok kedua klub ini.

4. Derby Della Capitale

6 Derby Paling Panas dan Mencekam di Sepak Bola, Ada Korban JiwaPanditfootball.com

Derby Della Capitale adalah derbi dua klub milik Roma Ibukota Italia, AS Roma dan Lazio. Rivalitas kedua klub berasal dari sejarah politik. Dulu, Benito Mussolini salah satu pemimpin fasisme dunia ingin menggabungkan seluruh klub sepak bola di kota Roma. Semua klub menyutujui kecuali Lazio. Hal ini menjadi pemicu permusuhan kedua klub.

5. Mother of All Battles

6 Derby Paling Panas dan Mencekam di Sepak Bola, Ada Korban JiwaNationalpost.com

Derbi yang satu ini berasal dari nYunani. Persaingan antara dua klub, yaitu Olympiakos dan Panathinaikos. Permasalahan kedua klub berasal dari kelas sosial kedua suporter. Olympiakos memiliki suporter dari kalangan atas sementara Panathinaikos memiliki suporter kelas pekerja pelabuhan.

6. The Old Firm

6 Derby Paling Panas dan Mencekam di Sepak Bola, Ada Korban JiwaTheweek.co.uk

Old Firm mungkin derbi paling mencekam yang pernah ada. Tidak hanya rivalitas sepak bola, pengaruh pertandingan ini menjalar sampai aspek agama dan perbedaan politik. Setiap akan bertanding, kota Glasgow seakan akan terbelah menjadi dua kubu yang saling bermusuhan. Kerusuhan dan baku hantam seringkali tidak dapat dihindarkan akibat pertandingan ini.

Di atas adalah 6 derbi paling mencekam dalam sepak bola. Semoga rivalitas antara kedua klub tidak sampai membuat nyawa suporter meregang.

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

Ahmad Uzlif Rosyid Photo Community Writer Ahmad Uzlif Rosyid

Passionate about sport, pop culture, fashion and local brand.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Efendi Ari Wibowo

Just For You