5 Fakta Dominik Szoboszlai, Rekrutan Terbaru dari RB Leipzig! 

Wonderkid Hungaria murah meriah dan serba bisa  

RB Salzburg memang seakan tidak kehabisan pemain muda berbakat. Nama-nama seperti Sadio Mane, Naby Keita, dan Dayot Upamecano menjalani masa muda mereka dengan membela klub asal Austria tersebut. Sampai musim lalu, Erling Haaland dan Takumi Minamino menyita perhatian publik hingga mereka dapat berlabuh ke klub yang lebih besar.

Pada musim ini, RB Salzburg kembali memunculkan satu nama berbakat, dimana pada musim sebelumnya dia menjadi pemain terbaik Bundesliga Austria. Wonderkid asal Hungaria tersebut adalah Dominik Szoboszlai.

Sebelumnya dirinya diincar oleh dua raksasa tidur Eropa, yaitu Arsenal dan AC Milan. Namun, saat ini Szoboszlai resmi bergabung dengan RB Leipzig dengan mahar 20 juta euro atau sekitar Rp345 miliar.

Lantas, apa yang membuat Dominik Szoboszlai begitu spesial? Yuk simak fakta mengenai pemain ini pada artikel berikut!

1. Pemain serba bisa

5 Fakta Dominik Szoboszlai, Rekrutan Terbaru dari RB Leipzig! paininthearsenal.com

Sejatinya, Szoboszlai selalu dimainkan sebagai pemain tengah, baik itu saat membela RB Salzburg maupun Hungaria. Namun, pada beberapa kesempatan dirinya kerap kali bermain sebagai gelandang serang maupun sayap kiri.

Hal tersebut dibenarkan oleh pelatih RB Salzburg, Rene Aufhauser, yang menyatakan bahwa Szoboszlai memang dapat bermain di beberapa posisi, namun posisi terbaiknya adalah sebagai 'nomor 8'.

Sejumlah media bahkan menyebut gaya permainan dari Szoboszlai saat dirinya berperan sebagai gelandang tengah mirip dengan Toni Kroos.

2. Klausul rilis murah

5 Fakta Dominik Szoboszlai, Rekrutan Terbaru dari RB Leipzig! goal.com

Arsenal dan AC Milan bukan tim yang rela mengeluarkan dana besar untuk satu pemain. Dengan klausul rilis dari Szoboszlai yang tergolong murah, karena hanya sebesar 20 juta euro atau sekitar Rp345 miliar.

Untuk wonderkid seperti Szoboszlai, harga tersebut terbilang sangat murah karena melihat ke belakang, harga untuk wonderkid biasanya mencapai 40 juta euro atau sekitar Rp690 miliar. Namun ternyata, kedua tim besar tersebut tidak ada pergerakan serius yang membuat RB Leipzig terlebih dahulu mengamankan tanda tangan wonderkid asal Hungaria tersebut.

Baca Juga: 10 Potret dan Fakta Takumi Minamino yang Baru Saja Cetak Gol Perdana

3. Kapten timnas muda Hungaria

5 Fakta Dominik Szoboszlai, Rekrutan Terbaru dari RB Leipzig! sempreinter.com

Dalam perjalanan karier Szoboszlai di kancah internasional di timnas muda Hungaria, dirinya pernah membela Hungaria di tiga kategori usia, yaitu U17, U19, dan U21. Pada seluruh jenjang usia tersebut, dirinya menjadi kapten timnas.

Prestasi terbesar Szoboszlai sebagai kapten timnas Hungaria adalah pada saat membela timnas U17 pada gelaran Piala Eropa U17 tahun 2017, yang diselenggarakan di Kroasia. Dirinya berhasil mengantar Hungaria di peringkat enam dengan mencatatkan dua gol di turnamen tersebut.

4. Andal dalam tendangan bebas

5 Fakta Dominik Szoboszlai, Rekrutan Terbaru dari RB Leipzig! archyde.com

Walaupun seorang gelandang tengah, Szoboszlai mencatatkan 12 gol dan 18 assist dari 40 pertandingan saat dirinya mengantarkan RB Salzburg menjuarai Bundesliga Austria. Bahkan musim ini catatannya tidak kalah tajam dengan 5 gol dan 9 assist dalam 13 pertandingan.

Hal tersebut karena Szoboszlai pintar dalam memanfaatkan tendangan bebas. Musim lalu, dia berhasil mencatat 4 gol dari tendangan bebas langsung, sedangkan assist yang dia catatkan banyak dihasilkan dari umpan tendangan bebas.

5. Pahlawan Hungaria

5 Fakta Dominik Szoboszlai, Rekrutan Terbaru dari RB Leipzig! 90min.com

Pertandingan penentuan Hungaria untuk lolos ke Euro 2020 adalah melawan Islandia. Saat memasuki waktu injury time babak kedua, skor masih 1-1 di mana jika skor ini tidak berubah sampai peluit panjang berbunyi, Hungaria tidak akan lolos.

Namun, keajaiban datang saat sepakan dari luar kotak penalti oleh Szoboszlai mampu merobek jala Islandia, sekaligus memastikan tempat Hungaria di Euro 2020.

 

Itulah fakta-fakta mengenai wonderkid Hungaria yang menjadi 'komoditi panas' transfer musim dingin Dominik Szoboszlai.

Dengan modal pernah menjadi pemain terbaik Bundesliga Australia dan menjadi kapten timnas muda Hungaria, Szoboszlai dapat memaksimalkan potensi yang dimilikinya di klub barunya nanti.

Baca Juga: 9 Potret Dominik Szoboszlai, Wonderkid Ajaib RB Salzburg Asal Hungaria

Ahsan Nurrijal Photo Verified Writer Ahsan Nurrijal

instagram.com/ahsan_nurrijal

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya