Mengenal Papa John's Trophy, Turnamen untuk Divisi Bawah Liga Inggris!

Papa John's seperti turnamen Carabao Cup untuk divisi bawah

Turnamen piala di Inggris yang paling populer adalah FA Cup serta Carabao Cup yang memang melibatkan klub-klub dari Premier League. Perlu diketahui, turnamen resmi di luar liga tidak hanya FA Cup dan Carabao Cup saja, salah satu yang tidak kalah menarik adlaah Papa John's Trophy atau bernama resmi EFL Trophy.

Turnamen Papa John's Trophy ini memiliki keunikan tersendiri juga memiliki gengsi tersendiri bagi klub manapun yang mengikuti turnamen tersebut. Lantas, apa itu turnamen Papa John's Trophy? Jika kamu penasaran, simak artikel berikut ini, yuk!

1. Disponsori oleh perusahaan pizza ternama

Mengenal Papa John's Trophy, Turnamen untuk Divisi Bawah Liga Inggris!Papa John's menjadi sponsor utama untuk EFL Cup (sportbible.com)

Turnamen ini sebenarnya bernama resmi EFL Trophy, lantas, mengapa turnamen ini mengubah namanya menjadi Papa John's Trophy? Hal tersebut karena sponsor utama kompetisi tersebut adalah perusahaan pizza ternama, Papa John's.

Ini membuat nama dari Papa John's berhak ada pada turnamen tersebut. Hal ini sama halnya seperti turnamen Carabao Cup yang memakai nama sponsor utama dalam nama resmi kompetisi.

2. Hanya dapat diikuti oleh tim Divisi League One dan League Two

Mengenal Papa John's Trophy, Turnamen untuk Divisi Bawah Liga Inggris!Laga Sunderland vs Tranmere di laga final berlangsung sengit (chroniclelive.co.uk)

Turnamen ini memang kalah bergensi dibandingkan dengan FA Cup serta Carabao Cup. Hal tersebut karena turnamen ini hanya diikuti oleh klub-klub yang bermain di League One dan League Two atau divisi tingkat ketiga serta keempat Inggris. Walaupun tidak terdapat tim Premier League, turnamen ini tetap terlihat menarik karena peta kekuatan di dalamnya cukup berimbang.

3. Kompetisi akan dibagi berdasarkan wilayah

Mengenal Papa John's Trophy, Turnamen untuk Divisi Bawah Liga Inggris!Portsmouth menjadi salah satu peserta Papa John's Throphy (portsmouthfc.co.uk)

Turnamen ini akan diikuti oleh 48 tim dari dua divisi yang berbeda. Lalu seluruhnya akan terbagi dalam 8 grup dengan pembagian 2 wilayah, barat dan timur. Setiap grup akan diisi oleh 4 tim.

Pada babak grup, akan ada 2 tim yang lolos untuk lanjut pada babak 16 besar. Setelah masuk babak knockout, format turnamen sudah seperti biasa, tidak ada pembagian berdasarkan wilayah.

4. Kemenangan hanya menghasilkan 2 poin

Mengenal Papa John's Trophy, Turnamen untuk Divisi Bawah Liga Inggris!Walaupun hanya 2 poin, kemenangan tetap suatu yang berharga (efl.com)

Ada satu keunikan dalam turnamen ini, yaitu format pembagian poin pada babak grup. Untuk setiap kemenangan yang diraih, tim akan mendapatkan 2 poin. Sedangkan tim yang kalah akan mendapatkan 1 poin.

Dalam turnamen ini tidak ada yang namanya seri, karena jika pertandingan berakhir imbang, laga akan langsung dilanjutkan pada babak adu penalti untuk menentukan pemenang.

5. Final selalu berlangsung di Stadion Wembley

Mengenal Papa John's Trophy, Turnamen untuk Divisi Bawah Liga Inggris!Seperti biasa, Stadion Wembley akan menjadi venue untuk laga final (skysports.com)

Papa John's Trophy adalah turnamen yang serupa seperti FA Cup dan Carabao Cup namun hanya tim yang mengikuti turnamen saja yang membedakan. Laga final pada turnamen ini akan diselenggarakan di stadion kebanggaan Inggris, Wembley Stadium. Tim terbaru yang memenangkan turnamen ini adalah Sunderland yang pada laga final berhasil menekuk Tranmere Rovers dengan skor 1-0.

 

Turnamen Papa John's Trophy ini memang menarik untuk diikuti karena tim yang akan menjadi juara sulit ditebak karena peta kekuatan yang berimbang. Apalagi dengan format kompetisi yang berbeda memaksa tim harus selalu meraih kemenangan agar lolos dari babak grup. Apa yang menurutmu menarik dari turnamen ini? Yuk tulis pendapatmu di kolom komentar!

Baca Juga: Bukan dari Inggris, 5 Klub Ini Bermain di Kompetisi Liga Inggris

Ahsan Nurrijal Photo Verified Writer Ahsan Nurrijal

instagram.com/ahsan_nurrijal

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya