5 Gelandang Termahal yang Pernah Didatangkan oleh Arsenal

Termasuk Fabio Vieira yang baru bergabung ke Arsenal

Pada bursa transfer musim panas 2022, Arsenal cukup aktif dalam merekrut pemain. Skuad asuhan Mikel Arteta ini ingin menjadi penantang serius dalam perburuan gelar Premier League musim depan.

Terkini, The Gunners berhasil mengamankan tanda tangan Fabio Vieira, gelandang muda berbakat pada musim panas ini. Fabio Vieira diboyong dengan harga mahal oleh Arsenal. Sebelum Vieira, inilah lima gelandang termahal yang pernah didatangkan oleh Arsenal.

1. Thomas Partey (Rp869 miliar)

5 Gelandang Termahal yang Pernah Didatangkan oleh ArsenalThoma Partey (instagram.com/thomaspartey5)

Thomas Partey baru bergabung dengan Arsenal pada musim panas 2020. Pemain asal Ghana ini ditebus The Gunners dari Atletico Madrid dengan biaya 57 juta euro atau setara dengan Rp869 miliar. Angka tersebut membuat ia menjadi gelandang termahal yang pernah digaet Arsenal.

Pemain yang kerap mengisi pos gelandang bertahan ini berhasil jadi andalan Arsenal. Sejauh ini, Partey telah membukukan 59 penampilan dengan mencetak 2 gol dan 4 assist. Partey memiliki kontrak hingga Juni 2025 mendatang bersama Arsenal.

2. Mesut Ozil (Rp816 miliar)

5 Gelandang Termahal yang Pernah Didatangkan oleh ArsenalMesut Ozil (twitter.com/premierleague)

Menunjukkan performa ciamik bersama Real Madrid lantas membuat Arsenal kepincut. Pemain asal Jerman ini akhirnya didatangkan oleh Arsenal pada musim 2013. The Gunners rela merogoh kocek sebesar 53 juta euro atau setara dengan Rp816 miliar.

Kiprahnya bersama Arsenal bisa dibilang mengesankan. Pemain yang berposisi gelandang serang ini sukses menjadi andalan dengan mencetak 44 gol dan 77 assist dalam 254 pertandingan. Kiprahnya berakhir pada musim dingin 2021 lalu dan ia bergabung Fenerbahce.

Baca Juga: 10 Pemain Muslim yang Pernah Membela Arsenal, Ada Mesut Ozil!

3. Granit Xhaka (Rp782 miliar)

5 Gelandang Termahal yang Pernah Didatangkan oleh ArsenalGranit Xhaka (twitter.com/premierleague)

Granit Xhaka memulai karier Eropanya bersama Borussia Mongladbach sejak musim 2012. Pemain yang berposisi gelandang bertahan ini lantas berhasil menunjukkan performa apik kala berseragam Borussia Mongladbach.

Pemain berkebangsaan Swiss ini akhirnya merapat ke Arsenal pada musim panas 2016. Sang pemain diboyong dengan biaya 51 juta euro atau setara dengan Rp782 miliar. Sejauh ini ia telah mencatatkan 14 gol dan 22 assist dalam 250 pertandingan bersama Arsenal.

4. Martin Odegaard (Rp608 miliar)

5 Gelandang Termahal yang Pernah Didatangkan oleh ArsenalMartin Odegaard (twitterr.com/premierleague)

Ketatnya persaingan di lini tengah Real Madrid membuat Martin Odegaard menjadi korban. Pemain asal Norwegia ini hanya menghabiskan waktu sebagai pemain pinjaman ke klub lain. Pada musim dingin 2021, ia dipinjam oleh Arsenal hingga akhir musim.

Martin Odegaard dinilai mampu tampil apik sehingga ia akhirnya dipermanenkan The Gunners pada musim panas lalu. Pemain berusia 23 tahun ini dipermanenkan dengan mahar 39 juta euro atau setara dengan Rp608 miliar.

5. Fabio Vieira (Rp608 miliar)

5 Gelandang Termahal yang Pernah Didatangkan oleh ArsenalFabio Vieira (instagram.com/fabiodfvieira)

Pada bursa transfer musim panas 2022, Arsenal kembali menguatkan lini tengah mereka dengan mendatangkan Fabio Vieira. Sukses tampil impresif bersama FC Porto tentu menjadi alasan The Gunners ingin menggunakan jasa pemain asal Portugal ini.

Fabio Vieira ditebus dengan biaya sekitar 39 juta euro atau setara dengan Rp608 miliar. Biaya transfer tersebut membuat ia masuk dalam jajaran gelandang termahal yang pernah didatangkan Arsenal sepanjang sejarah mereka.

 

Hanya Mesut Ozil yang sudah tidak menjadi bagian skuad Arsenal saat ini. Dengan diperkuat sejumlah gelandang berbakat, akankah Arsenal sukses tampil impresif pada musim depan?

Baca Juga: 9 Fakta Fabio Vieira, Pemain Muda yang Baru Direkrut Arsenal

Ainur Rizki Photo Verified Writer Ainur Rizki

Orang yang suka ngopi dan sepak bola aja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya