5 Mantan Pemain Andalan AS Monaco yang Direkrut Klub Premier League

Mulai dari Fabinho hingga Bernardo Silva 

AS Monaco merupakan salah satu klub top yang berkompetisi di Ligue 1. Klub berjuluk Les Rouge et Blanc ini memang kerap menghasilkan talenta-talenta berbakat. Bahkan, mereka sukses menjadi andalan AS Monaco.

Performa impresifnya itu membuat sejumlah klub-klub besar Eropa tertarik mendatangkan para pemain AS Monaco. Sejauh ini, terdapat beberapa pemain yang dilepas AS Monaco ke klub English Premier League (EPL).

1. Fabinho

5 Mantan Pemain Andalan AS Monaco yang Direkrut Klub Premier LeagueFabinho (skysports.com)

Fabinho pernah menjadi bagian skuad AS Monaco sejak 2013/2014. Berposisi sebagai gelandang bertahan, Fabinho sukses tampil impresif kala berseragam AS Monaco. Ia mencetak 31 gol dan 21 assist dalam 233 pertandingan.

Fabinho menghabiskan waktu selama 5 musim lamanya (2013—2018) bersama Monaco. Dalam periode tersebut, Fabinho berhasil menjuarai kasta tertinggi Liga Prancis pada 2016/2017. Performa impresifnya membuat Liverpool mendatangkannya pada 2018/2019. Ia ditebus dengan mahar 50 juta euro atau Rp782 miliar.

2. Benjamin Mendy

5 Mantan Pemain Andalan AS Monaco yang Direkrut Klub Premier LeagueBenjamin Mendy (skysports.com)

Benjamin Mendy hanya membela AS Monaco selama semusim (2016—2017). Meski singkat, tetapi Mendy mampu menjadi incaran klub-klub besar Eropa. Manchester City berhasil mendapatkan jasa pemain tersebut.

Mendy ditebus The Citizens dengan biaya fantastis, yakni 64 juta euro atau setara dengan Rp999 miliar. Sayangnya, Mendy tak mampu tampil fit dengan Manchester City. Ia kerap duduk di bangku cadangan. Bahkan, Mendy kini terlibat kasus pelecehan dan kekerasan seksual.

Baca Juga: 5 Jebolan Akademi AS Monaco Terbaik yang Pernah Bermain di EPL 

3. Youri Tielemans

5 Mantan Pemain Andalan AS Monaco yang Direkrut Klub Premier LeagueYouri Tielemans (skysports.com)

Youri Tielmans mulai membela AS Monaco pada 2017/2018. Saat itu, Tielemans baru berusia 20 tahun. Berposisi sebagai gelandang tengah, ia mampu tampil impresif dan menjadi andalan AS Monaco. Ia mencetak 6 gol dan 3 assist dalam 65 laga.

Performa apiknya membuat Leicester City tertarik mendatangkannya. Tielemans dipinjam terlebih dahulu pada musim dingin 2019. Ia baru dipermanenkan The Foxes pada 2019/2020. Hingga kini, ia masih menjadi andalan Leicester City.

4. Anthony Martial

5 Mantan Pemain Andalan AS Monaco yang Direkrut Klub Premier LeagueAnthony Martial (skysports.com)

Anthony Martial adalah pesepak bola asal Prancis yang pernah membela AS Monaco mulai 2013. Pemain yang berposisi sebagai penyerang ini sukses menjadi andalan AS Monaco di lini depan. Ia mampu mencetak 15 gol dan 8 assist dalam 70 pertandingan.

Martial menghabiskan waktu selama 2 musim lamanya (2013—2015). Performa gemilangnya membuat Manchester United membawanya ke Old Trafford. Sang pemain ditebus pada 2015/2016 dengan biaya 67 juta euro atau setara dengan Rp1,04 triliun.

5. Bernardo Silva

5 Mantan Pemain Andalan AS Monaco yang Direkrut Klub Premier LeagueBernardo Silva (skysports.com)

AS Monaco mendatangkan Bernardo Silva dari klub Portugal, Benfica, pada 2014 dengan status pemain pinjaman. Silva baru dipermanenkan Monaco pada 2015. Berposisi sebagai gelandang serang, Silva mampu tampil apik di lini tengah.

Pemain asal Portugal ini mampu menorehkan 28 gol dan 19 assist dalam 147 pertandingan. Ia meraih gelar juara Ligue 1 2016/2017. Silva akhirnya diboyong Manchester City pada 2017. Ia ditebus dengan nilai 86 juta euro atau Rp869 miliar.

Hampir semuanya sukses menjadi andalan di klub barunya dan meraih sejumlah gelar bergengsi. Dari daftar di atas, adakah pemain idolamu?

Baca Juga: 6 Transfer yang Pernah Dilakukan antara Real Madrid dan AS Monaco

Ainur Rizki Photo Verified Writer Ainur Rizki

Orang yang suka ngopi dan sepak bola aja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya