6 Pemain Aktif dengan Caps Terbanyak di Timnas Portugal

Hingga kini mereka masih jadi andalan di timnas Portugal

Portugal merupakan salah satu negara yang memiliki antusiasme tinggi terhadap dunia sepak bola. Ada banyak sekali pemain-pemain bintang yang berasal dari Portugal. Bahkan, mega bintang sepak bola, Cristiano Ronaldo juga berasal dari negara Portugal.

Hingga kini, banyak sekali pemain Portugal merantau ke liga-liga sepak bola papan atas Eropa untuk meraih karier sepak bola yang gemilang. Performa apiknya membuat mereka juga menjadi andalan di timnas Portugal. Berikut merupakan keenam pemain aktif dengan jumlah caps terbanyak di timnas Portugal.

1. Ricardo Quaresma (80 caps)

6 Pemain Aktif dengan Caps Terbanyak di Timnas PortugalRicardo Quaresma (instagram.com/ricardoquaresmaoficial)

Ricardo Quaresma merupakan pesepak bola kelahiran Lisboa,  26 September 1983. Pemain berposisi winger kanan ini telah menjalani debut di tim senior Portugal sejak musim 2003 silam.

Namun, kariernya bersama klub terbilang tak cukup baik. Ia kerap mengabiskan waktunya dengan membela klub asal negaranya, Sporting Lisbon. Bersama timnas Portugal, pria berusia 39 tahun ini telah mencatatkan 80 caps dengan mencetak 10 gol.

2. Rui Patricio (105 caps)

6 Pemain Aktif dengan Caps Terbanyak di Timnas PortugalRui Patricio (instagram.com/rpatricio1l)

Rui Patricio merupakan penjaga gawang utama timnas Portugal. Pemain yang kini membela AS Roma ini telah menjalani debut bersama timnas Portugal sejak musim 2010 lalu. Ia menjadi pilar utama timnas Portugal dalam meraih Piala Eropa dan UEFA Nations League.

Selama berseragam timnas Portugal, sang pemain telah mencatatkan 105 caps. Performa konsisten yang ia tampikan membuat posisinya masih sulit digeser oleh pemain lain. Ia kemungkinan juga masih tampil di Piala Dunia 2022 mendatang.

3. Luis Nani (112 caps)

6 Pemain Aktif dengan Caps Terbanyak di Timnas PortugalLuis Nani (skysports.com)

Luis Nani merupakan salah satu pemain penting timnas Portugal kala menjuarai Piala Eropa pada musim 2016 lalu. Pemain berposisi winger kiri ini melakoni debut bersama timnas Portugal sejak musim 2006 silam.

Ia sukses menunjukkan performa apik bersama timnas Portugal dan telah membukukan 112 caps dengan mencetak 24 gol dan 23 assist. Puncak kariernya bersama klub ia jalani saat ia masih berseragam Manchester United.

Baca Juga: 6 Pembelian Termahal Klub Primeira Liga Portugal pada Musim Panas 2022

4. Pepe (127 caps)

6 Pemain Aktif dengan Caps Terbanyak di Timnas PortugalPepe (instagram.com/official_pepe)

Pepe bisa dikatakan sebagai salah satu bek tengah terbaik yang pernah dimiliki oleh timnas Portugal. Pemain kelahiran 26 Februari 1983 ini berhasil tampil konsisten di sektor pertahanan timnas Portugal hingga kini.

Pepe mulai menjalani debut di timnas Portugal pada musim 2007 silam. Saat itu, ia telah berusia 24 tahun. Hingga kini Pepe telah mencatatkan 127 caps bersama timnas Portugal dan mencetak 7 gol.

5. Joao Moutinho (145 caps)

6 Pemain Aktif dengan Caps Terbanyak di Timnas PortugalJoao Moutinho (instagram.com/joaomoutinho8)

Joao Moutinho merupakan salah satu pemain senior yang masih aktif berkarier di Eropa dengan membela Wolverhampton. Pemain yang berposisi gelandang tengah ini telah melakukan debut di timnas Portugal sejak musim 2005.

Bersama timnas Portugal, pemain berusia 36 tahun ini telah menorehkan 145 caps dengan mencetak 7 gol. Pemain yang dididik di akademi Sporting Lisbon ini masih dipercaya membela timnas Portugal meski kini usianya sudah tak muda lagi.

6. Cristiano Ronaldo (191 caps)

6 Pemain Aktif dengan Caps Terbanyak di Timnas PortugalCristiano Ronaldo (instagram.com/cristiano)

Terakhir, ada pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah di level timnas, Cristiano Ronaldo. Pemain kelahiran Funchal, 5 Februari 1985, ini merupakan pilar utama timnas Portugal sampai sekarang. Ia telah menjalani debut sejak musim 2003 silam.

Hingga kini, ia terus menunjukkan performa yang konsisten di lini depan dan telah menorehkan 191 caps dengan mencetak 117 gol. Catatan ini membuat Cristiano Ronaldo menjadi pemain aktif dengan caps terbanyak di timnas Portugal sejauh ini.

Belakang memang mulai bermunculan pemain bintang baru asal Portugal yang sukses menunjukkan performa apik bersama klub. Patut dinantikan bagaimana kiprah timnas Portugal di ajang Piala Dunia 2022 mendatang.

Baca Juga: Mantan Striker Timnas Portugal U-21 Dikabarkan Merapat ke Arema FC

Ainur Rizki Photo Verified Writer Ainur Rizki

Orang yang suka ngopi dan sepak bola aja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya