5 Mantan Pemain Barcelona yang Kini Membela Klub Luar Liga Top Eropa

Lionel Messi dan Sergio Busquets bergabung ke Inter Miami

Barcelona merupakan salah satu klub asal Spanyol yang memiliki prestasi mentereng di kancah domestik dan Eropa. Tak heran banyak pemain bintang yang ingin membela klub berjuluk Blaugrana ini. Banyak pemain yang datang ke Barcelona dan pergi setiap musimnya.

Pada musim panas 2023, Barcelona terpaksa harus melepas salah satu pemain andalannya, Sergio Busquets. Ia memilih pindah berkarier ke klub luar Eropa. Termasuk Busquets, berikut lima mantan pemain Barcelona yang kini merumput di klub luar liga top Eropa. 

1. Lionel Messi 

5 Mantan Pemain Barcelona yang Kini Membela Klub Luar Liga Top EropaLionel Messi (fcbarcelona.com)

Lionel Messi merupakan salah satu pemain terbaik yang pernah berseragam Barcelona sepanjang sejarah. Pemain yang juga berasal dari akademi Barcelona ini telah memberikan kontribusi yang luar biasa atas pencapaian yang dilakukan Barcelona. Namun, kiprahnya di Barcelona berakhir pada musim panas 2021.

Pada musim tersebut, ia memutuskan pindah dari Barcelona dan bergabung ke klub Prancis, Paris Saint-Germain. Usai dua musim membela klub Prancis tersebut, Messi memilih melanjutkan kariernya dengan bergabung ke klub Amerika Serikat, Inter Miami. Ia didatangkan secara gratis pada musim panas 2023.

2. Arturo Vidal 

5 Mantan Pemain Barcelona yang Kini Membela Klub Luar Liga Top EropaArturo Vidal (instagram.com/kingarturo23oficial)

Arturo Vidal bergabung ke Barcelona pada musim panas 2018. Pemain berkebangsaa Chile ini diboyong dari Bayern Munich dengan biaya 19 juta euro atau Rp312 miliar. Pemain berposisi gelandang ini membela Barcelona selama dua musim lamanya.

Arturo Vidal membukukan 96 pertandingan dengan mencetak 11 gol dan 11 assist. Kiprahnya di Barcelona berakhir pada musim panas 2020. Ia bergabung ke Inter Milan. Namun, pada musim panas 2022, ia memutuskan pindah ke klub Brasil, Flamengo.

Baca Juga: Demi Pensiun di Barcelona, Lewandowski Tolak Segepok Uang dari Arab

3. Luis Suarez 

5 Mantan Pemain Barcelona yang Kini Membela Klub Luar Liga Top EropaLuis Suarez (instagram.com/luissuarez9)

Luis Suarez adalah salah satu striker terbaik yang pernah dimiliki Barcelona. Ketajamannya dalam mencetak gol memang tak perlu diragukan lagi. Pemain asal Uruguay ini sukses membukukan 283 pertandingan dengan mencetakk 195 gol dan 113 assist selama membela Barcelona.

Usai enam musim di Barcelona, ia pindah ke Atletico Madrid pada musim panas 2020. Dua musim setelahnya, ia kembali ke negaranya dengan membela klub lamanya, Nacional. Pada musim dingin 2023, ia diboyong secara gratis oleh klub Brasil, Gremio.

4. Marc Bartra

5 Mantan Pemain Barcelona yang Kini Membela Klub Luar Liga Top EropaMarc Bartra (instagram.com/marcbartra)

Marc Bartra merupakan jebolan akademi Barcelona yang pernah menembus skuad utama. Ia dipromosikan ke tim senior pada musim panas 2012. Ia merupakan pemain yang kerap mengisi posisi bek tengah.

Sepanjang kariernya di Barcelona, ia membukukan 103 pertandingan dengan mencetak 6 gol dan 6 assist. Setelah keluar dari Barcelona, ia sempat membela Borussia Dortmund dan Real Betis. Pada musim 2022/2023, ia berkiprah di Turki dengan membela Trabzonspor.

5. Sergio Busquets 

5 Mantan Pemain Barcelona yang Kini Membela Klub Luar Liga Top EropaSergio Busquets (fcbarcelona.com)

Sergio Busquets menjadi nama baru yang keluar dari Barcelona dan melanjutkan kariernya dengan membela klub luar liga top Eropa. Pemain lulusan akademi Barcelona ini memutuskan pindah dari Barcelona pada musim panas 2023. Ia bergabung ke Inter Miami secara gratis.

Hal tersebut membuat pemain asal Spanyol ini akan berada satu tim dengan Lionel Messi. Saat membela Barcelona, ia menjadi salah satu pemain penting di lini tengah. Ketenangannya dalam memegang bola membuat sejumlah pelatih selalu mempercayainya.

Kelima nama pemain di atas pernah jadi pilihan utama saat berseragam Barcelona. Namun, usianya yang sudah tak muda lagi membuat mereka harus pergi. Alhasil, mereka memilih hijrah ke klub luar liga top Eropa.

Baca Juga: 5 Gelandang Potensial Pengganti Sergio Busquets di Barcelona

Ainur Rizki Photo Verified Writer Ainur Rizki

Orang yang suka ngopi dan sepak bola aja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya