5 Pemain Ini Dijual Mahal Arsenal ke Klub Premier League Lain

Termasuk Alexis Sanchez

Arsenal cukup rutin merombak skuad. Pemain bintang pun silih berganti di klub berjuluk The Gunners ini.

Dalam sejarahnya, Arsenal cukup pintar dalam melakukan aktivitas transfer. Beberapa pemain mereka berhasil dijual mahal ke klub lain, khususnya ke klub English Premier League (EPL).

Lima pemain ini dijual mahal Arsenal ke klub Premier League lain.

1. Alex Oxlade-Chamberlain 

5 Pemain Ini Dijual Mahal Arsenal ke Klub Premier League LainAlex Oxlade-Chamberlain (liverpoolfc.com)

Alex Oxlade-Chamberlain didatangkan Arsenal pada musim panas 2011. Pada musim itu, ia dibeli dari Southampton dengan biaya 14 juta euro atau Rp239 miliar. Meski dibeli dengan biaya murah, Oxlade-Chamberlain menunjukkan performa gemilang bersama Arsenal.

Pemain asal Inggris ini membukukan 198 pertandingan dengan mencetak 20 gol dan 32 assist. Berkat performa apiknya, ia dijual ke Liverpool pada musim panas 2017. Ia ditebus dengan biaya 40 juta euro (Rp660 miliar).

2. Alexis Sanchez 

5 Pemain Ini Dijual Mahal Arsenal ke Klub Premier League LainAlexis Sanchez (manutd.com)

Alexis Sanchez adalah eks striker andalan Arsenal. Pemain asal Chile ini menorehkan 166 pertandingan dengan mencetak 80 gol dan 45 assist. Setelah menunjukkan penampilan apik, ia diboyong Manchester United pada musim dingin 2018.

Manchester United rela menebus Alexis Sanchez dengan biaya 36 juta euro atau Rp590 miliar. Nilai transfer itu sedikit lebih kecil dibandingkan saat Arsenal membelinya dari Barcelona.

Baca Juga: 5 Pemain Termahal Dibeli Arsenal dari Klub Ligue 1 Prancis

3. Robin van Persie

5 Pemain Ini Dijual Mahal Arsenal ke Klub Premier League LainRobin Van Persie (manutd.com)

Robin van Persie bergabung ke Arsenal pada musim panas 2004. Ia didatangkan dari Feyenoord hanya dengan biaya 4 juta euro atau Rp78 miliar. Selama 8 tahun membela Arsenal, Van Persie memiliki catatan impresif.

Robin van Persie menorehkan 278 pertandingan dengan mencetak 132 gol dan 58 assist. Pada musim panas 2012, ia dibeli Manchester United dengan biaya 32 juta euro (Rp533 miliar). The Gunners meraih keuntungan besar dari penjualan sang pemain.

4. Alex Iwobi 

5 Pemain Ini Dijual Mahal Arsenal ke Klub Premier League LainAlex Iwobi (evertonfc.com)

Alex Iwobi merupakan pemain didikan akademi Arsenal. Ia mulai promosi ke tim senior pada musim panas 2015. Berposisi gelandang serang, ia jadi andalan The Gunners di lini tengah.

Selama berseragam Arsenal, ia membukukan 149 pertandingan dengan mencetak 15 gol dan 25 assist. Setelah 4 tahun berseragam Arsenal, ia pindah ke Everton. Alex Iwobi ditebus dengan biaya 32 juta euro atau Rp528 miliar.

5. Joe Willock 

5 Pemain Ini Dijual Mahal Arsenal ke Klub Premier League LainJoe Willock (nufc.co.uk)

Joe Willock memulai karier sepak bolanya dengan bergabung ke akademi Arsenal. Pemain berkebangsaan Inggris ini naik kasta ke tim senior pada musim panas 2019. 

Selama 2 musim membela Arsenal, ia mencatatkan 78 pertandingan dengan mencetak 11 gol dan 4 assist. Pada musim dingin 2021, ia dipinjamkan ke Newcastle United. Joe Willock akhirnya dipermanenkan Newcastle United pada musim panas 2021 dengan harga 29,4 juta euro (Rp478,9 miliar).

Kelima pemain di atas dijual Arsenal ke klub Inggris lain. Arsenal berhasil mendapatkan keuntungan besar dari sederet penjualan pemain di atas.

Baca Juga: 5 Lulusan Akademi Arsenal Terakhir yang Hengkang ke Klub Lain

Ainur Rizki Photo Verified Writer Ainur Rizki

Orang yang suka ngopi dan sepak bola aja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya