5 Pemain Terakhir yang Meraih Gelar Top Scorer di EPL, Haaland Terbaru

Dua pemain jadi top scorer pada musim yang sama

English Premier League (EPL) 2022/2023 telah berakhir. Manchester City berhasil memenangi gelar juara kasta tertinggi Liga Inggris. Mereka pun meraih trofi EPL selama 3 musim beruntun. The Cityzens menyamai rekor Manchester United.

Keberhasilan tersebut terjadi berkat kontribusi para pemain andalan. Bahkan, striker Manchester City sukses menyabet gelar top scorer. Nama Erling Haaland kini masuk dalam jajaran peraih gelar top scorer. Termasuk sang pemain, berikut lima pemain terakhir yang meraih gelar top scorer di EPL.

1. Jamie Vardy 

5 Pemain Terakhir yang Meraih Gelar Top Scorer di EPL, Haaland TerbaruJamie Vardy (premierleague.com)

Jamie Vardy merupakan striker andalan Leicester City. Sang pemain telah bergabung ke sana sejak masih bermain di Championship. Ia sendiri tampil konsisten pada tiap musim bersama tim kesayangannya.

Selama berseragam Leicester City, pemain asal Inggris ini telah menorehkan 427 pertandingan dengan mencetak 170 gol dan 68 assist. Musim terbaiknya terjadi pada 2019/2020. Pada musim itu, ia sukses mencetak 23 gol dan 5 assist dalam 35 laga di Premier League. Catatan tersebut membuatnya memenangi gelar top scorer EPL.

2. Harry Kane 

5 Pemain Terakhir yang Meraih Gelar Top Scorer di EPL, Haaland TerbaruHarry Kane (premierleague.com)

Kesetiaan Harry Kane bersama Tottenham Hostpur tak perlu diragukan lagi. Ia merupakan lulusan akademi Spurs. Meski belum pernah mempersembahkan trofi kepada mereka, ia selalu jadi andalan di lini depan.

Harry Kane telah meraih gelar top scorer sebanyak tiga kali. Ia terakhir kali memenanginya pada 2020/2021. Kane sukses mencetak 23 gol dan 14 assist dalam 35 pertandingan di Premier League saat itu.

Baca Juga: Harry Kane Masuk Daftar Transfer Manchester United

3. Son Heung Min

5 Pemain Terakhir yang Meraih Gelar Top Scorer di EPL, Haaland TerbaruHeung-min Son (tottenhamhotspur.com)

Son Heung Min menjadi salah satu pemain Asia terbaik yang pernah berkiprah di Premier League. Ia datang ke Inggris usai ditebus Tottenham Hotspur dari Bayer Leverkusen. Nilai transfernya mencapai 32 juta euro atau Rp521 miliar. 

Pemain berposisi winger ini memiliki catatan apik kala membela Spurs. Ia selalu jadi andalan di lini depan mereka. Bahkan, Son pernah meraih gelar top scorer pada 2021/2022. Ia mengoleksi 23 gol dan 9 assist dalam 35 laga di EPL.

4. Mohamed Salah

5 Pemain Terakhir yang Meraih Gelar Top Scorer di EPL, Haaland TerbaruMohamed Salah (liverpoolfc.com)

Musim 2021/2022 menjadi musim yang unik di Premier League. Pasalnya, gelar top scorer tak hanya dimenangi oleh satu pemain. Mohamed Salah juga menyabet gelar tersebut pada 2021/2022.

Salah tampil apik pada musim tersebut. Ia mengoleksi 23 gol dan 14 assist dalam 35 laga di EPL sehingga ikut meraih gelar top scorer. Salah juga mempersembahkan trofi Piala Liga Inggris dan FA Cup untuk Liverpool saat itu.

5. Erling Haaland 

5 Pemain Terakhir yang Meraih Gelar Top Scorer di EPL, Haaland TerbaruErling Haaland (premierleague.com)

Musim 2022/2023 menjadi musim debut Erling Haaland bersama Manchester City di Premier League. Meski begitu, ia langsung tampil mengesankan. Haaland nyetel dengan skema permainan arahan Pep Guardiola.

Erling Haaland pun sukses mencatatkan 52 gol dan 9 assist dalam 51 pertandingan di semua kompetisi bersama Manchester City. Sebanyak 36 gol di antaranya berhasil ia cetak di Premier League. Torehan tersebut membuatnya memenangi gelar top scorer EPL musim ini.

Dari daftar di atas, pemain asing cukup menguasai Premier League. Hanya Harry Kane dan Jamie Vardy yang merupakan pemain berkebangsaan Inggris. Menurutmu, siapa yang akan memenangi gelar top scorer Premier League 2023/2024?

Baca Juga: Peraih Player of the Season EPL 5 Musim Terakhir, Ada Haaland!

Ainur Rizki Photo Verified Writer Ainur Rizki

Orang yang suka ngopi dan sepak bola aja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya