Comscore Tracker

5 Pemain Termahal yang Dijual FC Porto ke Klub Premier League

Fabio Vieira baru saja diresmikan oleh Arsenal

FC Porto bisa dikatakan kerap memiliki talenta-talenta muda berbakat setiap tahunnya. Klub asal Portugal ini baru saja melepas gelandang muda mereka ke klub Premier League, Arsenal, yaitu Fabio Vieira.

Performa apiknya bersama FC Porto membuat Arsenal kepincut. Alhasil, pemain yang baru berusia 22 tahun ini didatangkan ke Emirates Stadium oleh Mikel Arteta.

Dalam sejarahnya, Porto cukup banyak menjual pemainnya ke Premier League dengan harga yang tinggi. Berikut lima pemain termahal yang dijual Porto ke klub Premier League.

1. Luis Diaz 

5 Pemain Termahal yang Dijual FC Porto ke Klub Premier LeagueLuis Diaz (football365.com)

Luis Diaz merupakan penjualan termahal kedua sepanjang sejarah FC Porto. Namun, ia adalah pemain termahal yang dijual Porto ke Premier League. Liverpool yang berhasil mendapatkan jasa pemain asal Kolombia tersebut pada musim dingin 2022 lalu.

Pemain yang berposisi sebagai winger ini ditebus The Reds dengan biaya 52 juta euro atau setara dengan Rp816 miliar.

Bersama Porto, ia mampu menorehkan 41 gol dan 19 assists dalam 125 pertandingan. Tak heran jika Liverpool rela mengeluarkan dana besar untuk mendatangkan Diaz.

2. Eliaquim Mangala

5 Pemain Termahal yang Dijual FC Porto ke Klub Premier LeagueEliaquim Mangala (skysports.com)

Pada musim 2014, Manchester City berhasil mendapatkan tanda tangan pemain asal Prancis ini. Eliaquim Mangala didatangkan The Cityzens dengan harga mencapai 50 juta euro atau setara dengan Rp782 miliar.

Selama berseragam Porto, Mangala mampu membukukan 13 gol dan 3 assists dalam 95 pertandingan. Sayangnya, bersama City, pemain yang berposisi bek tengah ini hanya menjadi bek pelapis. Ia hanya mampu mencatatkan 79 penampilan bersama City.

Baca Juga: 5 Pemain Terakhir yang Menjadi Top Scorer FC Porto, Siapa Saja?

3. Fabio Silva

5 Pemain Termahal yang Dijual FC Porto ke Klub Premier LeagueFabio Silva (teamtalk.com)

Fabio Silva merupakan jebolan akademi Porto. Penyerang asal Portugal ini berhasil promosi ke tim senior pada musim 2019. Silva hanya perlu semusim untuk membuatnya dilirik oleh klub Premier League. Silva akhirnya diboyong Wolves dengan harga 44 juta euro alias Rp695 miliar.

Angka tersebut termasuk tinggi mengingat saat itu Silva masih berusia 18 tahun. Didatangkan dengan ekspetasi yang besar, Silva justru tak tampil baik bersama Wolves. Musim ini sendiri, ia hanya bermain 22 penampilan dan tanpa berkontribusi mencetak gol di Premier League.

4. Fabio Vieira

5 Pemain Termahal yang Dijual FC Porto ke Klub Premier LeagueFabio Vieira (eurosport.com)

Sama seperti Fabio Silva, Fabio Vieira merupakan pemain yang berasal dari akademi FC Porto. Rekan senegara Fabio Silva ini telah tampil di tim senior sejak musim 2020 lalu. Berposisi sebagai gelandang, Vieira mampu tampil apik bersama FC Porto.

Musim ini sendiri, ia berhasil mencatatkan 7 gol dan 16 assists dalam 39 pertandingan di semua kompetisi bersama Porto. Performa apiknya membuat Arsenal rela mengeluarkan dana sebesar 39 juta euro atau senilai Rp608 miliar. Ia akan bergabung The Gunners musim depan.

5. Anderson

5 Pemain Termahal yang Dijual FC Porto ke Klub Premier LeagueAnderson (skysports.com)

Jauh dari nama-nama di atas, Anderson pernah menjadi penjualan termahal FC Porto ke Premier League. Hal itu terjadi ketika pemain asal Brasil ini berhasil diboyong Manchester United pada musim 2007. Angka transfernya mencapai 35 juta euro atau setara dengan Rp547 miliar.

Bersama Porto, Anderson hanya mampu mencatatkan 3 gol dan 5 assists dalam 23 penampilan. Namun, Anderson bisa dibilang berada di puncak karier ketika telah bergabung Manchester United. Ia mampu meraih sejumlah trofi bergengsi bersama Setan Merah.

 

Dengan biaya yang cukup besar, Fabio Vieira tentu akan dibebani ekspetasi yang besar oleh penggemar Arsenal. Mampukah ia tampil impresif di bawah asuhan Mikel Arteta dan meraih trofi bersama Arsenal musim depan?

Baca Juga: Dibeli Murah, 5 Pemain Ini Berhasil Dijual Porto dengan Harga Selangit

Ainur Rizki Photo Verified Writer Ainur Rizki

Orang yang suka ngopi dan sepak bola aja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya