5 Pemain Top yang Pernah Menimba Ilmu di Akademi VfB Stuttgart

Mulai dari Joshua Kimmich hingga Antonio Ruediger

VfB Stuttgart merupakan salah satu klub top yang berkompetisi di Bundesliga Jerman. Klub berjuluk Die Schwaben ini dikenal sebagai salah satu klub dengan akademi terbaik.

Cukup banyak pemain top yang pernah menimba ilmu di akademi Stuttgart. Namun, beberapa di antaranya memilih untuk meninggalkan Stuttgart dan bergabung dengan klub Eropa lainnya.

1. Joshua Kimmich

5 Pemain Top yang Pernah Menimba Ilmu di Akademi VfB StuttgartJoshua Kimmich (skysports.com)

Joshua Kimmich pernah menimba ilmu di akademi Stuttgart. Pemain asal Jerman ini telah bergabung sejak usia muda. Sayang, Kimmich tak berhasil menembus tim senior Stuttgart.

Hal tersebut membuat ia memutuskan untuk pindah ke RB Leipzig pada 2013. Meski begitu, kiprah Kimmich rupanya lebih berhasil ketika memutuskan untuk bergabung ke klub Jerman lainnya, Bayern Munich.

Ia bergabung dengan Bayern Munich sejak 2015 lalu. Berposisi sebagai gelandang tengah, Kimmich sukses tampil konsisten dan menjadi andalan Die Roten di lini tengah.

2. Bernd Leno

5 Pemain Top yang Pernah Menimba Ilmu di Akademi VfB StuttgartBernd Leno (sportmob.com)

Bernd Leno merupakan penjaga gawang. Kiper asal Jerman ini bergabung dengan akademi Stuttgart pada 2003 silam.

Leno lebih sering bermain dengan tim muda Stuttgart. Sayang, ia tak berhasil menembus skuad senior dan akhirnya dilepas ke Bayer Leverkusen pada 2012.

Selama berseragam Leverkusen, Leno justru tampil impresif di bawah mistar gawang. Setelah 6 tahun membela Leverkusen, Leno melanjutkan kariernya dengan bergabung ke Arsenal. Sayang, kini ia mulai tersisihkan di posisi utama setelah kalah bersaing dengan Aaron Ramsdale.

Baca Juga: 10 Potret Wataru Endo, Kapten VfB Stuttgart Asal Negeri Samurai

3. Timo Werner

5 Pemain Top yang Pernah Menimba Ilmu di Akademi VfB StuttgartTimo Werner (skysports.com)

Performa ciamiknya bersama tim muda Stuttgart membuat ia berhasil tembus ke tim senior pada 2013 lalu. Striker asal Jerman ini mampu membukukan 14 gol dan 11 assist dalam 103 penampilan.

Werner melanjutkan kariernya dengan bergabung ke RB Leipzig pada 2016. Performanya kian tajam bersama RB Leipzig.

Ia sukses mencetak 93 gol dan 40 assist dalam 158 penampilan. Catatan tajamnya itu membuat Chelsea mendatangkannya ke Stamford Bridge pada musim panas 2020.

4. Serge Gnabry

5 Pemain Top yang Pernah Menimba Ilmu di Akademi VfB StuttgartSerge Gnabry bersama Bayern Munich (skysports.com)

Serge Gnabry sempat menimba ilmu di akademi Stuttgart pada 2006 lalu. Saat itu, usianya baru menginjak 10 tahun.

Pada 2011, Gnabry kemudian bergabung dengan tim muda Arsenal. Sempat membela tim senior, Gnabry dinilai gagal bersaing di tempat utama. Ia akhirnya dipinjamkan ke West Bromwich Albion.

Arsenal akhirnya melepasnya ke WerderBremen pada 2016 lalu. Kini, Gnabry merupakan penggawa BayernMunich.

Ia sukses menjadi andalan di lini depan. Gnabry rupanya menemukan sentuhan terbaiknya bersama Die Roten.

5. Antonio Ruediger

5 Pemain Top yang Pernah Menimba Ilmu di Akademi VfB StuttgartAntonio Ruediger (skysports.com)

Antonio Ruediger bergabung dengan akademi VfB Stuttgart pada 2011 lalu. Pemain yang berposisi sebagai bek tengah ini berhasil promosi ke tim senior pada 2012.

Bersama Stuttgart, Ruediger mampu membukukan 80 penampilan dengan mencetak 2 gol dan 1 assist. Sempat dilepas ke AS Roma, kariernya kian gemilang setelah memutuskan untuk bergabung dengan Chelsea pada 2017.

Ruediger sukses menjadi tembok kokoh The Blues dan meraih sederet trofi. Namun, pada musim panas 2022 ini, ia telah dilepas Chelsea ke Real Madrid secara gratis.

Keputusan mereka untuk meninggalkan VfB Stuttgart adalah keputusan yang tepat. Mereka sukses tampil apik dan meraih sederet titel bergengsi bersama klub sepak bola masing-masing.

Baca Juga: 5 Produk Akademi VfB Stuttgart di EPL 2021/2022

Ainur Rizki Photo Verified Writer Ainur Rizki

Orang yang suka ngopi dan sepak bola aja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya