5 Penjualan Termahal Brighton Sepanjang Sejarah, Ben White Tertinggi!

Ada pemain baru Tottenham Hotspur, Yves Bissouma

Brighton & Hove Albion berhasil musim yang apik pada 2021/2022. Klub berjuluk The Albion ini mampu bertengger di posisi ke-9 klasemen Premier League. Torehan ini menjadi pencapaian tersendiri mengingat mereka hanya mampu berada di posisi ke-16 pada musim 2020/2021.

Salah satu pemain yang tampil apik musim ini adalah Yves Bissouma. Performa impresifnya membuat ia berhasil direkrut Spurs musim panas 2022. Biaya transfernya membuat Bissouma masuk jajaran penjualan termahal Brighton. Selain Bissouma, berikut lima penjualan termahal Brighton sepanjang sejarah.

1. Ben White (Rp1,01 triliun)

5 Penjualan Termahal Brighton Sepanjang Sejarah, Ben White Tertinggi!Ben White (skysports.com)

Ben White merupakan pemain yang berasal dari akademi Brighton sendiri. Pemain asal Inggris ini mulai membela tim senior pada musim 2018. Meski sempat dipinjamkan ke klub lain, Ben White mampu menunjukkan performa apik dan menjadi andalan Brighton.

Pemain yang berposisi sebagai bek tengah ini akhirnya dilepas The Albion pada musim panas lalu. Arsenal berhasil mendapatkan tanda tangan pemain tersebut. The Gunners rela merogoh kocek sebesar 65 juta euro alias Rp1,01 triliun. Angka ini membuat Ben menjadi penjualan termahal Brighton.

2. Yves Bissouma (Rp507 miliar)

5 Penjualan Termahal Brighton Sepanjang Sejarah, Ben White Tertinggi!Yves Bissouma (skysports.com)

Yves Bissouma merupakan nama baru yang berada di jajaran penjualan termahal Brighton. Pemain asal Mali ini telah membela Brighton sejak musim 2018. Ia diboyong dari klub Prancis, Lille, dengan biaya 18 juta euro atau senilai Rp292 miliar.

Berposisi sebagai gelandang, Bissouma mampu tampil impresif dan menjadi andalan Brighton di lini tengah. Performa apiknya membuat ia akhirnya diboyong Spurs musim panas 2022 ini. Sang pemain ditebus dengan mahar 32 juta euro atau setara dengan Rp507 miliar.

Baca Juga: 5 Gelandang Bertahan Terbaik Premier League Musim Lalu, Ada Bissouma!

3. Dan Burn (Rp260 miliar)

5 Penjualan Termahal Brighton Sepanjang Sejarah, Ben White Tertinggi!potret Dan Burn (dailymail.co.uk)

Dan Burn telah berseragam Brighton sejak musim 2018 lalu. Pemain berkebangsaan Inggris direkrut dari klub Inggris lainnya, Wigan. Namun, Dan Burn langsung dipinjamkan kembali ke klub lamanya. Burn kembali memperkuat Brighton pada musim dingin 2019.

Berposisi sebagai bek tengah, Burn berhasil tampil apik dan menjadi andalan Brighton di sektor pertahanan. Selama berseragam Brigthon, Burn mampu membukukan 84 penampilan dan mencetak 2 gol. Pada musim dingin 2022, ia dilepas ke Newcastle dengan mahar 16 juta euro alias Rp260 miliar.

4. Anthony Knockaert

5 Penjualan Termahal Brighton Sepanjang Sejarah, Ben White Tertinggi!Anthony Knockaert (skysports.com)

Berikutnya ada sosok pemain berkebangsaan Prancis, Anthony Knockaert. Pemain yang berposisi sebagai winger ini telah membela Brighton sejak musim 2016. Saat itu ia diboyong dari klub Belgia, Standart Liege.

Selama berkostum Brighton, Anthony mampu tampil apik di lini depan. Pemain berusia 30 tahun ini mampu mencetak 27 gol dan 25 assist dalam 139 pertandingan. Pada musim 2020, ia resmi dilepas The Albion ke Fulham dengan biaya 13 juta euro atau Rp203 miliar.

5. Leonardo Ulloa

5 Penjualan Termahal Brighton Sepanjang Sejarah, Ben White Tertinggi!Leonardo Ulloa (skysports.com)

Leonardo Ulloa sempat memegang rekor penjualan termahal Brighton sepanjang sejarah. Ia mulai membela Brighton pada musim 2013 silam. Pemain berkebangsaan Argentina ini diboyong dari klub Spanyol, Almeria.

Pemain yang berposisi sebagai penyerang ini hanya bertahan selama semusim bersama Brighton. Performa apiknya membuat Ulloa direkrut Leicester pada musim 2014. Bersama Leicester, Ulba berhasil meraih gelar Premier League pada musim 2016.

 

Tottenham Hotspur benar-benar akan menjadi penantang serius gelar Premier League musim depan. Kedatangan Yves Bissouma diharapkan akan mampu mempertajam lini tengah Spurs.

Baca Juga: 5 Pemain Brighton dengan Banderol Termahal saat Ini

Ainur Rizki Photo Verified Writer Ainur Rizki

Orang yang suka ngopi dan sepak bola aja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya