6 Pemain dengan Gol Terbanyak Sepanjang Sejarah Premier League

Didominasi pemain berkebangsaan Inggris

Premier League merupakan kompetisi teratas sepak bola asal Inggris. Banyak sekali pemain-pemain bintang yang berkompetisi di liga ini. Premier League dikenal akan persaingan antarklub yang sangat ketat dalam memperebutkan gelar juara.

Di sisi lain, ada beberapa pesepak bola yang mencetak di ajang ini. Setidaknya ada 6 pemain bintang dengan gol terbanyak dalam sejarah Premier League. Siapa saja mereka? Simak ulasan berikut ini!

1. Alan Shearer (260)

6 Pemain dengan Gol Terbanyak Sepanjang Sejarah Premier LeagueAlan Shearer (instagram.com/alanshearer)

Alan Shearer merupakan pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah Premier League. Mantan pemain Newcastle United ini menjadi mesin gol yang konsisten di Premier League. Selama memperkuat The Magpies, Alan Shearer sukses mencetak 206 gol dan 58 assist dalam 405 pertandingan.

Sebelum bergabung dengan Newcastle United, Shearer pernah memperkuat Blackburn Rovers dan mempersembahkan gelar Premier League pada 1995. Shearer juga pernah memenangi sepatu emas dalam 3 musim berturut-turut pada 1994--1997.

2. Wayne Rooney (208)

6 Pemain dengan Gol Terbanyak Sepanjang Sejarah Premier Leaguepotret Wayne Rooney membela Manchester United (instagram.com/waynerooney)

Wayne Rooney adalah salah satu pemain asal Inggris yang memiliki karier gemilang di Premier League. Mantan pemain Manchester United ini menjelma salah satu striker terbaik yang pernah berkiprah di Premier League. Ia juga sempat membela Everton sebelum memperkuat Manchester United.

Selama berkiprah di Premier League, Rooney sukses mencetak 208 gol dan 112 assist dari 491 laga di Premier League. Rooney memenangi 5 gelar Premier League dan 1 liga Champions bersama Manchester United. Mantan pemain timnas Inggris ini menjadi pencetak gol kedua terbanyak sepanjang sejarah Premier League.

3. Andy Cole (187)

6 Pemain dengan Gol Terbanyak Sepanjang Sejarah Premier Leaguepotret Andy Cole (instagram.com/andycole09)

Andy Cole adalah pemain berkebangsaan Inggris yang bersinar saat memperkuat Manchester United. Ia didatangkan The Reds dari Newcastle United pada musim 1994/1995. Selama membela Manchester United, Cole sukses memenangi sejumlah gelar bergengsi termasuk gelar liga Champions pada musim 1998/1999.

Dalam kiprahnya di Premier League, Cole mengoleksi 187 gol dalam 415 laga. Catatan tersebut membuat ia masuk dalam daftar pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah Premier League. Cole juga sempat memenangi sepatu emas pada musim 1992/1993 dengan koleksi 34 gol.

Baca Juga: 6 Catatan Menarik Kemenangan Manchester City Atas Manchester United

4. Sergio Aguero (184)

6 Pemain dengan Gol Terbanyak Sepanjang Sejarah Premier Leaguepotret Sergio Aguero (instagram.com/kunaguero)

Sergio Aguero bisa dikatakan sebagai pemain non-Inggris yang memiliki karier gemilang di Premier League. Ia merupakan pemain asal Argentina yang berkiprah di Manchester City. Ia didatangkan The Citizens pada 2011 dari Atletico Madrid. Ia menjadi mesin gol Manchester City selama bertahun-tahun.

Aguero sukses membukukan 184 gol dan 55 assist dalam 275 pertandingannya di Premier League. Aguero berhasil memenangi banyak gelar bergengsi bersama Manchester City dan menjadi legenda klub. Pada bursa transfer musim panas 2021, ia bergabung dengan Barcelona sebelum akhirnya gantung sepatu pada 15 Desember 2021.

5. Frank Lampard (177)

6 Pemain dengan Gol Terbanyak Sepanjang Sejarah Premier Leaguepotret Frank Lampard bersama Chelsea (skysports.com)

Frank Lampard merupakan pemain yang berposisi sebagai gelandang. Namun, ia masuk dalam daftar pencetak gol terbanyak dalam sejarah Premier League. Lampard mengoleksi 177 gol dan 116 assist dari 611 laga. 

Lampard bisa dikatakan legenda klub Chelsea. Selama membela The Blues, ia berkembang dan menjadi salah satu gelandang terbaik di dunia. Ia didatangkan Chelsea dari West Ham pada 2001/2002. Gelandang asal Inggris ini memutuskan pensiun pada 2017. Kini, ia merupakan pelatih klub asal Inggris, Everton.

6. Harry Kane (176)

6 Pemain dengan Gol Terbanyak Sepanjang Sejarah Premier Leaguepotret Harry Kane bersereagam Tottenham Hotspur (instagram.com/harrykane)

Harry Kane merupakan pemain yang masih aktif berkiprah di Premier League dengan memperkuat Tottenham Hotspur. Penyerang asal Inggris ini telah memperkuat Spurs sejak 2011. Namun, ia masih sering dipinjamkan ke klub lain untuk mendapatkan menit bermain yang banyak. Pada 2013, Kane telah konsisten membela Spurs hingga saat ini.

Kane telah memainkan 270 pertandingan selama berkarier di Premier League. Ia telah mencatatkan 176 gol dan 41 assist. Namun, Kane masih kesulitan meraih trofi bersama Tottenham Hotspur.

 

Nama-nama di atas merupakan pemegang rekor gol terbanyak dalam sejarah Premier League. Harry Kane baru menginjak usia 28 tahun. Akankah ia mampu memecahkan rekor Alan Shearer sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah Premier League?

Baca Juga: Fantastis, Harry Kane Lewati Catatan Gol Thierry Henry 

Ainur Rizki Photo Verified Writer Ainur Rizki

Orang yang suka ngopi dan sepak bola aja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya