5 Kesepakatan Transfer Terakhir Chelsea dan Manchester City

Mateo Kovacic menjadi nama terbaru!

Chelsea dan Manchester City merupakan klub papan atas yang berlaga di English Premier League (EPL). Mereka memiliki hubungan akrab antara satu sama lain. Mereka kerap melakukan kesepakatan transfer dalam sedekade terakhir ini.

Mateo Kovacic merupakan nama terbaru yang bergabung dari Chelsea ke Manchester City. Setidaknya, ada lima kesepakatan transfer terakhir yang pernah terjadi antara Chelsea dan Manchester City. Siapa saja pemain yang dimaksud?

1. Wayne Bridge 

5 Kesepakatan Transfer Terakhir Chelsea dan Manchester CityWayne Bridge (mancity.com)

Wayne Bridge berseragam Chelsea terlebih dahulu sebelum pindah ke Manchester City. Ia bergabung ke Chelsea pada musim panas 2003. Sang pemain didatangkan dari Southampton. Ia juga merupakan lulusan akademi klub tersebut.

Berposisi bek kiri, ia sempat jadi andalan di lini belakang pada awal kedatangannya. Namun, performanya kian menurun pada musim-musim berikutnya. Pada musim dingin 2009, ia dilepas ke Manchester City. Ia ditebus dengan biaya 13 juta euro atau Rp225 miliar.

2. Daniel Sturridge 

5 Kesepakatan Transfer Terakhir Chelsea dan Manchester CityDaniel Sturridge (mancity.com)

Daniel Sturridge sejatinya pemain lulusan akademi Manchester City. Namun, ia jarang mendapatkan kesempatan bermain di tim utama. Ia hanya mencatatkan 32 pertandingan dengan mencetak 6 gol dan 4 assist selama membela Manchester City.

Daniel Sturridge memilih hengkang ke Chelsea pada musim panas 2009. Ia ditebus dengan biaya 7 juta euro atau Rp126 miliar. Sang pemain justru memiliki karier lebih cemerlang kala membela Chelsea. Ia tampil impresif dengan mencetak 24 gol dan 9 assist dalam 96 pertandingan.

Baca Juga: Manchester City yang Sudah Terbiasa Ditinggal Legenda

3. Willy Cabalerro 

5 Kesepakatan Transfer Terakhir Chelsea dan Manchester CityWilly Cabalerro (premierleague.com)

Manchester City merupakan klub Inggris pertama yang dibela Willy Cabalerro sepanjang kariernya. Ia bergabung pada musim panas 2014. Pemain asal Argentina ini ditebus dari Malaga dengan mahar 8 juta euro atau Rp139 miliar.

Usai tiga musim membela Manchester City, ia dilepas ke Chelsea pada musim panas 2017. Ia diboyong Chelsea secara gratis. Kedatangannya ke Chelsea memang hanya menjadi kiper pelapis sehingga ia cukup jarang dimainkan. Ia hanya mencatatkan 38 pertandingan dengan meraih 14 clean sheet.

4. Raheem Sterling

5 Kesepakatan Transfer Terakhir Chelsea dan Manchester CityRaheem Sterling (premierleague.com)

Raheem Sterling memiliki karier cemerlang kala berseragam Manchester City. Ia bergabung pada musim panas 2015. Pada musim tersebut, ia didatangkan dari Liverpool dengan mahar 67 juta euro atau Rp1,10 triliun. Nilai transfernya yang mahal itu mampu dibuktikan dengan kualitasnya di atas lapangan.

Raheem Sterling sukses menorehkan penampilan cemerlang kala membela Manchester City. Ia membukukan 339 pertandingan dengan mencetak 131 gol dan 95 assist. Kiprahnya di Manchester City berakhir pada musim panas 2022. Ia pindah ke Chelsea dengan mahar 59 juta euro atau Rp976 miliar.

5. Mateo Kovacic 

5 Kesepakatan Transfer Terakhir Chelsea dan Manchester CityMateo Kovacic (premierleague.com)

Mateo Kovacic merupakan pemain anyar yang berada dalam daftar ini. Pemain asal Kroasia ini memutuskan meninggalkan Chelsea pada musim panas 2023. Tercatat, ia telah berseraga, Chelsea selama empat musim lamanya.

Dalam periode tersebut, pemain berposisi gelandang tengah ini tampil apik dan jadi andalan. Ia telah mempersembahkan sejumlah gelar bergengsi untuk Chelsea. Pada musim panas 2023, ia pindah ke Manchester City dengan biaya 30 juta euro atau Rp505 miliar.

Kedatangan Mateo Kovacic tentunya untuk mengisi posisi yang ditinggalkan Ilkay Gundogan. Ilkay Gundogan memilih tak memperpanjang kontraknya dan bergabung ke Barcelona. Mampukah Mateo Kovacic menjalankan peran tersebut dengan baik?

Baca Juga: Resmi Berseragam Manchester City, Kovacic Pengin Panen Trofi

Ainur Rizki Photo Verified Writer Ainur Rizki

Orang yang suka ngopi dan sepak bola aja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya