5 Bukti Cristiano Ronaldo Pemain Terhebat Sepanjang Masa

CR7 membuktikan dirinya yang hebat lewat rekor-rekor

Cristiano Ronaldo merupakan legenda hidup di dunia sepak bola. Karena kepiawaiannya dalam memainkan bola dan mencetak gol, ia disebut sebagai pesepak bola terhebat dalam sejarah. Dalam banyak rekor, CR7 telah membuktikan anggapan itu bukan omong kosong.

Ronaldo selalu sukses membawa klub yang dibelanya menuju puncak. Ia merupakan anak emas di timnas Portugal. Tidak hanya itu, ia juga banyak meraih prestasi individu.

Apakah CR7 layak disebut sebagai pemain terhebat sepanjang masa? Berikut ulasan lengkap lima pembuktian Ronaldo:

1. Ronaldo merupakan pencetak gol terbanyak sepanjang masa

5 Bukti Cristiano Ronaldo Pemain Terhebat Sepanjang Masapotret Cristiano Ronaldo (twitter.com/ChampionsLeague)

Pesepak bola terbaik dinilai dari penampilan mereka di lapangan. Raihan gol menjadi salah satu buktinya. Statistik menunjukkan, Cristiano Ronaldo telah mencetak 794 gol, menjadi yang terbanyak dari pemain mana pun dalam sejarah sepak bola. Ia melampaui rekor yang semula dipegang Pele dengan 765 gol.

Pemain asal Portugal tersebut mencatatkan rekor gol ke-766 ketika masih membela Juventus. Ia ikut tampil saat Nyonya Tua menghadapi Hellas Verona di Serie A pada 21 Februari 2021 lalu. Dalam rekor ini, hanya Lionel Messi yang bisa menyaingi Ronaldo. Namun, anak emas Argentina itu masih tertinggal jauh. Messi baru mengoleksi 755 gol.

2. Pencetak gol internasional terbanyak

5 Bukti Cristiano Ronaldo Pemain Terhebat Sepanjang Masapotret Cristiano Ronaldo (twitter.com/Cristiano)

Dalam laga terakhir Grup F di Euro 2020 pada 23 Juni lalu, Ronaldo mencetak dua gol saat Portugal menghadapi Prancis dengan hasil imbang. Torehan itu berhasil menyamai rekor gol internasional milik Ali Daei (109 gol). Mereka berdua juga memegang rekor sebagai pemain yang mampu mencetak lebih dari 100 gol di laga internasional bersama tim nasional masing-masing.

Ronaldo kemudian membuktikan diri pada awal September 2021 lalu. Ia mencetak dua gol dalam kemenangan Portugal atas Irlandia di Kualifikasi Piala Dunia 2022. CR7 suskes meraih gol ke-111 melampaui rekor Ali Daei. Sejauh ini, ia telah mencetak 115 gol dalam 183 pertandingan untuk timnas Portugal.

Baca Juga: 5 Penyerang Top yang Tak Pernah Satu Tim dengan Cristiano Ronaldo

3. CR7 satu-satunya pemain yang mencetak lebih dari 50 gol di Premier League, LaLiga, dan Serie A

5 Bukti Cristiano Ronaldo Pemain Terhebat Sepanjang Masapotret Cristiano Ronaldo (twitter.com/FabrizioRomano)

Cristiano Ronaldo telah bertualang ke tiga negara berbeda selama karier profesionalnya. Ia telah mencicipi rumput Premier League, LaLiga, dan Serie A. Di masing-masing kompetisi, Ronaldo telah mencetak lebih dari 80 gol. Ia pun memegang rekor sebagai satu-satunya pemain yang suskes mencetak lebih dari 50 gol di tiga kompetisi tersebut.

Ronaldo mencetak 311 gol untuk Real Madrid selama berada di LaLiga. mencetak 81 gol untuk Juventus di Sere A. Sejauh ini, ia telah mengoleksi 88 gol bersama Manchester United di Premier League. Ini merupakan bukti bahwa CR7 tak takut berkarier di mana pun dan bisa tetap bersinar sebagai pemain terhebat sepanjang masa.

4. Ronaldo merupakan raja di Liga Champions

5 Bukti Cristiano Ronaldo Pemain Terhebat Sepanjang Masapotret Cristiano Ronaldo (twitter.com/ChampionsLeague)

Dari deretan statistik di Liga Champions, Ronaldo hampir menguasai seluruhnya. Ia merupakan pemain dengan penampilan terbanyak, pencetak gol terbanyak, assist terbanyak, bahkan pencetak penalti terbanyak dalam sejarah kompetisi. Pantas saja CR7 disebut sebagai raja di Eropa.

Ronaldo telah mencetak 140 gol dan 42 assist dalam 184 pertandingan bersama Manchester United, Real Madrid, dan Juventus. Di antaranya mencetak 19 penalti, lebih banyak dari semua torehan milik Lionel Messi. Meski sudah berusia 36 tahun, Ronaldo masih kuat bersaing di ajang Eropa dan belum ada tanda-tanda akan pensiun dalam waktu dekat.

5. Pencetak gol terbanyak pada 7 musim Liga Champions

5 Bukti Cristiano Ronaldo Pemain Terhebat Sepanjang Masapotret Cristiano Ronaldo (twitter.com/Cristiano)

Kehadiran Robert Lewandowski dan Erling Haaland menjadi ancaman baru bagi Ronaldo. Dalam tiga musim terakhir, ia absen dari puncak top skor Liga Champions, kalah oleh Lionel Messi dan kedua pemain tersebut. Namun, CR7 tetap punya rekam jejak yang bagus.

Ronaldo pertama kali keluar sebagai top skor Liga Champions pada 2007/2008 silam. Secara bertahap, ia mulai menguasai kompetisi hingga pernah jadi top skor dalam tujuh musim UCL (2007/2008, 2012/2013, 2013/2014, 2014/2015, 2015/2016, 2016/2017, dan 2017/2018). Hebat, bukan?

Memang tidak ada yang menobatkan Ronaldo sebagai pemain terhebat sepanjang masa. Namun, dilihat dari semua pembuktian tadi, hal tersebut patut diakui. Setuju?

Baca Juga: Telak, 6 Kekalahan Terbesar yang Pernah Dialami Cristiano Ronaldo

Akromah Zonic Photo Verified Writer Akromah Zonic

"Sometimes to stay alive, you gotta kill your mind" (Tyler Joseph)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya