Untung Besar! Ini 5 Penjualan Termahal dalam Sejarah Liverpool

Sterling bersinar tapi Coutinho tenggelam di klub baru

Sepak bola bukan hanya sekadar olahraga, melainkan juga bisnis yang memberi keuntungan. Itulah mengapa setiap yang terlibat di dalamnya ikut meraup pendapatan besar, termasuk para klub yang berbisnis di bursa transfer.

Pembelian dan penjualan pemain menjadi pembahasan yang cukup menarik. Kali ini ada Liverpool yang pernah menjual beberapa pemain bintangnya dengan harga mahal. Simak lima penjualan termahal dalam sejarah The Reds berikut ini.

1. Xabi Alonso (34,5 Juta Euro)

Untung Besar! Ini 5 Penjualan Termahal dalam Sejarah Liverpoolgoal.com

Xabi Alonso datang ke Liverpool pada 2004 silam. Ia ikut meraih empat gelar bersama The Reds, yakni 1 gelar Liga Champions, 1 Piala FA, 1 Community Shield, dan 1 Piala Super Eropa.

Kemudian, pada musim panas 2009, pemain asal Spanyol ini dijual ke klub raksasa di negaranya, Real Madrid. Harga jualnya saat itu mencapai 34,5 juta euro atau sekirar Rp588,3 miliar. Alonso sudah memutuskan pensiun pada bulan Juli 2017. Klub terakhirnya yang ia bela adalah Bayern Munchen.

2. Fernando Torres (58,5 Juta Euro)

Untung Besar! Ini 5 Penjualan Termahal dalam Sejarah Liverpoolliverpoolfc.com

Torres adalah bintang Liverpool. Akan tetapi, saat masih berusia 26 tahun, pada Januari 2011, Fernando Torres dilepas oleh Liverpool ke Chelsea dengan kesepakatan transfer sebesar 58,5 juta euro atau sekitar Rp997,8 miliar.

Sejak kepindahannya itu, Torres tidak pernah lagi menemukan permainan terbaiknya. Torres memutuskan pensiun pada bulan Agustus 2019 lalu dengan klub terakhinya adalah Sagan Tosu. Sebelum pensiun di Sagan Tosu, penyerang satu ini pernah membela Atletico Madrid dan AC Milan.

3. Raheem Sterling (63,7 Juta Euro) 

Untung Besar! Ini 5 Penjualan Termahal dalam Sejarah Liverpoolbleacherreport.com

Salah satu penyerang terbaik di Manchester City saat ini sangat pantas disematkan kepada Raheem Sterling. Musim ini ia telah mencetak 6 gol dan 2 assist dalam 17 pertandingan di semua kompetisi untuk The Citizens.

Sterling merupakan jebolan akademi Liverpool. Ia dibeli oleh Manchester City pada 2015 dengan harga 63,7 juta euro atau sekitar Rp1 triliun. Transfer yang menguntungkan bagi kedua belah pihak.

4. Luis Suarez (81,7 Juta Euro)

Untung Besar! Ini 5 Penjualan Termahal dalam Sejarah Liverpoolplanetfootball.com

Luis Suarez berkarier di Liverpool selama lebih dari tiga tahun. Walau hanya sebentar, ia memberi kenangan manis bagi fans Liverpool dengan mencetak 82 gol dalam 133 pertandingan di semua kompetisi.

Catatan apik itulah yang membuat Barcelona tertarik untuk memboyongnya ke LaLiga. Akhirnya kedua klub menuai kesepakatan dengan nilai transfer hingga 82,7 juta euro. Saat itu usia pemain Uruguay tersebut masih 27 tahun. Setelah 6 tahun penuh kesuksesan di Barcelona, ia dilepas secara gratis ke klub rival, Atletico Madrid.

5. Philippe Coutinho ( 145 Juta Euro)

Untung Besar! Ini 5 Penjualan Termahal dalam Sejarah Liverpoolgoal.com

Philippe Coutinho adalah penjualan termahal dalam sejarah Liverpool. Bakat dari Brasil ini dibeli oleh Barcelona pada 2018 senilai 145 juta euro atau sekitar Rp2,4 triliun. Fantastis banget!

Namun, pemain yang sekarang sudah berusia 28 tahun tersebut kurang bersinar di Camp Nou. Ia pun sempat dipinjamkan ke Bayern Munchen selama semusim. Penampilan apik di Munchen membuat Barca memulangkan Coutinho ke LaLiga pada bulan Agustus lalu.

Lima pemain tadi memang punya bakat yang bagus, jadi gak heran kalau mereka dijual dengan harga yang mahal. Adakah idola kamu?

Baca Juga: Tak Hanya Menawan, 10 Potret Bukti Philippe Coutinho Sosok Family Man

Akromah Zonic Photo Verified Writer Akromah Zonic

"Sometimes to stay alive, you gotta kill your mind" (Tyler Joseph)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya