Masuk Hall of Fame, Begini Perjalanan Karier Wayne Rooney

Resmi masuk Hall of Fame Premier League 2022

Bicara mengenai legenda sepak bola, jangan lupakan Wayne Rooney. Dia merupakan salah satu penyerang tengah tersukses dalam sejarah sepak bola. Kiprahnya di English Premier League (EPL) dan Tim Nasional Inggris patut diacungi jempol.

Wayne Rooney sekarang sudah menjadi seorang pelatih. Namun, sebelum mendapatkan posisi tersebut, tentu sang legenda pernah mencicipi asam garam bermain di lapangan hijau.

1. Wayne Rooney sudah belajar sepak bola sejak berusia 11 tahun

Masuk Hall of Fame, Begini Perjalanan Karier Wayne Rooneypotret Wayne Rooney (instagram.com/waynerooney)

Wayne Rooney sekarang sudah memasuki usia 36 tahun. Sang legenda lahir pada 24 Oktober 1985 di Liverpool, Inggris. Selama bermain di lapangan, Rooney biasanya mengisi posisi depan sebagai penyerang tengah.

Pantas saja Wayne Rooney subur dalam mencetak gol. Ternyata ia sudah belajar sepak bola sejak berusia 11 tahun. Rooney pernah masuk ke tim junior Liverpool Schoolboys, Copplehouse Boys' Club, dan Everton.

2. Kontribusi Wayne Rooney untuk Everton

Masuk Hall of Fame, Begini Perjalanan Karier Wayne Rooneypotret Wayne Rooney (instagram.com/waynerooney)

Everton jadi klub pertama Wayne Rooney di karier profesional. Ia melakukan debut di Premier League pada 17 Agustus 2002 saat berusia 16 tahun 9 bulan 14 hari. Rooney berkarier selama 2 tahun (2002—2004) pada periode pertamanya bersama Everton.

Wayne Rooney hijrah ke Manchester United pada 2004. Namun, setelah 13 tahun pergi dari Everton, ia sempat kembali membela klub berjuluk The Toffees selama setahun (2017/2018). Secara keseluruhan, Rooney membubuhkan 28 gol dan 5 assist dalam 117 penampilan bersama Everton.

3. Rooney menghabiskan sebagian kariernya untuk Manchester United

Masuk Hall of Fame, Begini Perjalanan Karier Wayne Rooneypotret Wayne Rooney (instagram.com/waynerooney)

Meskipun Everton jadi klub masa kecilnya, Wayne Rooney menghabiskan sebagian karier untuk Manchester United. Ia bermain di Old Trafford selama 13 tahun (2004—2017).

Wayne Rooney merupakan pencetak gol terbanyak dalam sejarah Manchester United dengan 253 gol miliknya. Sebanyak 146 assist juga telah ditorehkan sang pemain dalam 559 penampilan di semua ajang.

Pada 2009/2010, Rooney pernah dinobatkan jadi Player of the Year. Ia juga berhasil merengkuh delapan belas trofi bersama Manchester United. Salah satunya datang dari tim U-21.

Baca Juga: 9 Potret Kai Rooney, Putra Wayne Rooney yang Ikuti Jejak sang Ayah

4. Sebelum mantap jadi pelatih, Rooney pernah menjalani peran ganda sebagai pemain/pelatih

Masuk Hall of Fame, Begini Perjalanan Karier Wayne Rooneypotret Wayne Rooney (instagram.com/waynerooney)

DC United (2018—2020) dan Derby County (2020—2021) jadi dua klub terakhir yang dibela Rooney sebelum pensiun pada Januari 2021. Ia gantung sepatu dengan meninggalkan catatan 313 gol dan 168 assist dalam 763 penampilan untuk semua klub yang pernah dibelanya.

Torehan tersebut membuat pihak Derby County percaya bahwa Rooney bisa menjalani peran ganda sebagai pemain/pelatih. Ia pertama kali memimpin pertandingan pada 21 November 2020.

Selama 2020/2021, Wayne Rooney memimpin 35 pertandingan Derby County. Pada akhir musim, setelah resmi pensiun, ia mantap diangkat jadi manajer klub. Ada total 82 pertandingan yang telah dilaluinya di semua ajang saat ini.

5. Kiprah Rooney untuk Tim Nasional Inggris

Masuk Hall of Fame, Begini Perjalanan Karier Wayne Rooneypotret Wayne Rooney (instagram.com/waynerooney)

Talenta Wayne Rooney membuat Timnas Inggris memanggilnya ke tim senior pada 2003. Striker satu ini tidak butuh waktu lama untuk mengesankan Sven-Goran Eriksson, yang saat itu jadi pelatih Timnas Inggris.

Wayne Rooney pertama kali tampil dengan tim senior dalam pertandingan persahabatan menghadapi Australia pada 12 Februari 2003. Kala itu, ia masih berusia 17 tahun. Selama mengabdi kepada Timnas Inggris sampai 2018, ia mampu mencetak 53 gol dalam 120 penampilan.

6. Wayne Rooney resmi masuk Hall of Fame Premier League 2022

Masuk Hall of Fame, Begini Perjalanan Karier Wayne RooneyWayne Rooney telah resmi masuk Hall of Fame Premier League 2022. (premierleague.com)

Hall of Fame Premier League adalah penghargaan tertinggi yang diberikan kepada legenda sepak bola yang sukses bermain di Liga Inggris. Tahun ini, Wayne Rooney jadi salah satu legenda yang beruntung.

Wayne Rooney resmi dilantik masuk Hall of Fame Premier League pada Maret 2022 lalu. Ia bersanding dengan Patrick Vieira sebagai dua legenda paling awal yang dilantik tahun ini.

Setelah masuk Hall of Fame Premier League, Wayne Rooney diakui salah satu legenda paling hebat dalam sejarah kompetisi. Siapa yang bakal menyusul?

Baca Juga: Mengenang Sepak Terjang Wayne Rooney di Piala Eropa 2004, Bintang Muda

Akromah Zonic Photo Verified Writer Akromah Zonic

"Sometimes to stay alive, you gotta kill your mind" (Tyler Joseph)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya