Wonderkid Super Moncer, Begini Statistik Lengkap Florian Wirtz

Florian Wirtz telah mencapai 50 penampilan di Bundesliga

Pada musim panas 2020 lalu, banyak pemain muda yang menjalani debut profesional. Kini, mereka punya reputasi bagus dan mulai melebarkan sayap untuk bersaing secara sehat di Eropa.

Salah satu wonderkid moncer datang dari Bayern Leverkusen, Florian Wirtz, yang masih berusia 18 tahun pada 2021/2022 ini. Ia jadi salah satu bakat paling dilirik saat ini.

1. Profil singkat Florian Wirtz

Wonderkid Super Moncer, Begini Statistik Lengkap Florian WirtzFlorian Wirtz (twitter.com/bayer04_en)

Florian Wirtz lahir di Pulheim, Jerman, pada 3 Mei 2003. Artinya, sang pemain baru menginjak usia 18 tahun. Sejak kecil, Wirtz sudah masuk tim junior. Ia bermain di akademisi Brauweiler sampai usia 7 tahun dan untuk FC Koln sampai usia 15 tahun. 

Wirtz baru bergabung dengan Bayern Leverkusen pada musim dingin 2020 ke tim U19. Dalam waktu setengah musim saja, ia langsung diangkat ke tim utama. Pada usianya sekarang, Wirtz sukses mencuri perhatian publik di kancah sepak bola yang lebih tinggi.

2. Florian Wirtz jadi salah satu bakat muda termahal saat ini

Wonderkid Super Moncer, Begini Statistik Lengkap Florian WirtzFlorian Wirtz (twitter.com/EuropaLeague)

Dalam satu musim sejak debut profesional, bocah satu ini sudah memiliki nilai pasar mencapai 70 juta euro atau sekitar Rp1,1 triliun. Ia pun dinobatkan sebagai pemain termahal dalam skuad Bayern Leverkusen saat ini. 

Tidak hanya itu, Wirtz juga merupakan pemain termahal kedua di tim nasional Jerman, yang termahal keempat di Bundesliga, dan gelandang serang termahal kelima di dunia. Sudah pantas disebut pemain bintang, bukan?

Baca Juga: 9 Potret Florian Wirtz, Wonderkid Potensial Milik Bayer Leverkusen

3. Wirtz memecahkan rekor anyar di Bundesliga

Wonderkid Super Moncer, Begini Statistik Lengkap Florian WirtzFlorian Wirtz (instagram.com/flowirtz27)

Belum lama ini, Wirtz memecahkan rekor anyar sebagai pemain termuda yang mencapai penampilan ke-50 di Bundesliga. Sang pemain tampil membela Die Werkself ketika menghadapi Hoffenheim.

Dalam pertandingan tersebut, usia Florian Wirtz baru menginjak 18 tahun 7 bulan 12 hari. Ia pun berhasil menggeser Giovanni Reyna sebagai pemegang rekor sebelumnya.

4. Total penampilan Wirtz di semua kompetisi

Wonderkid Super Moncer, Begini Statistik Lengkap Florian WirtzFlorian Wirtz (instagram.com/flowirtz27)

Pada 2021/2022, Florian Wirtz telah tampil dalam 15 pertandingan di Bundesliga, 5 pertandingan di Liga Eropa, dan 1 pertandingan di DFB-Pokal. Untuk keseluruhan sejak debut pada 18 Mei 2020, Wirtz telah mencapai total 68 penampilan di semua kompetisi.

Florian Wirtz juga jadi wonderkid anyar tim nasional Jerman. Ia telah menjalani empat pertandingan sejak pertama kali dipercaya tampil pada 2 September 2021 lalu di bawah asuhan Hansi Flick.

5. Berapa koleksi gol dan assist Florian Wirtz?

Wonderkid Super Moncer, Begini Statistik Lengkap Florian Wirtzpotret Florian Wirtz (twitter.com/EuropaLeague)

Sejak awal, Florian Wirtz ditempatkan di posisi tengah sebagai gelandang serang. Penampilannya cukup mengesankan sejauh ini untuk membuat reputasi Leverkusen jadi bagus di mata para penggemar. 

Wirtz telah mengoleksi 17 gol dan 19 assist di semua kompetisi untuk Die Werkself. Jika dihitung dengan karier junior, pemain yang memiliki tinggi badan hingga 1,76 cm ini telah mencetak 31 gol dan 25 assist.

Florian Wirtz diprediksi akan bersinar pada masa depan. Sang pemain masih punya perjalanan panjang untuk mengepakkan sayapnya lebih jauh lagi.

Baca Juga: 10 Potret Florian Wirtz, The Next Kai Havertz Milik Bayer Leverkusen

Akromah Zonic Photo Verified Writer Akromah Zonic

"Sometimes to stay alive, you gotta kill your mind" (Tyler Joseph)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya