5 Catatan Menarik Mengenai Hat-trick Cristiano Ronaldo, Rekor Baru!

Ronaldo terus pecahkan rekor demi rekor

Semakin ke sini, ketajaman Cristiano Ronaldo semakin membuktikan bahwa ia memang pantas disebut sebagai pesepak bola terhebat sepanjang masa. Padahal sudah berusia 37 tahun, pemain asal Portugal ini tak sedikit pun terbenam di level atas Eropa.

Baru-baru ini, Ronaldo membuat publik heboh dengan hat-trick yang dicetaknya ke gawang Norwich City dan membantu Manchester United raih kemenangan. Ia berhasil mencapai rekor anyar. Apa itu? Berikut lima catatan menarik mengenai hat-trick Ronaldo selama ini.

1. Cristiano Ronaldo cetak hat-trick pertamanya pada 2008 silam

5 Catatan Menarik Mengenai Hat-trick Cristiano Ronaldo, Rekor Baru!potret Cristiano Ronaldo saat masih muda. (twitter.com/goal)

Cristiano Ronaldo hanya bocah biasa saat Sir Alex Ferguson merekrutnya dari Sporting Lisbon pada 12 Agustus 2003 silam. Namun, pemain berdarah Portugal ini punya bakat istimewa dan kerja keras ekstra yang membuatnya perlahan bersinar di Eropa.

Ronaldo tercatat mencetak hattrick pertamanya setelah lima tahun bersama Manchester United. Ia melakukannya ke gawang Newcastle United pada 12 Januari 2008. Kala itu, Setan Merah berhasil menang sampai enam gol tanpa balas di Old Trafford.

Pertandingan tersebut terjadi dalam lanjutan English Premier League (EPL) pekan ke-22 musim 2007/2008. Setan Merah bisa menang berkat tiga gol dari Ronaldo, dua gol dari Carlos Tevez, dan satu gol lagi dicetak oleh Rio Ferdinand.

2. Ronaldo kini telah mencapai 60 hat-trick, jadi yang terbanyak di dunia

5 Catatan Menarik Mengenai Hat-trick Cristiano Ronaldo, Rekor Baru!potret Cristiano Ronaldo (twitter.com/premierleague)

Sebelumnya, Cristiano Ronaldo telah mencetak hat-trick pertamanya musim 2021/2022 ke gawang Tottenham Hotspur, (12/3/2022). Selang sebulan, ia cetak hattrick kedua ke gawang Norwich City, kemarin (16/4/2022). Ronaldo pun akhirnya mencapai rekor anyar.

Kini Cristiano Ronaldo telah mencapai hat-trick ke-60 dalam kerier profesionalnya. Ia nenjadi pemain dengan hat-trick terbanyak sepanjang masa di dunia sepak bola. Torehan tersebut jauh meninggalkan Lionel Messi diurutan kedua yang baru mengoleksi 54 hattrick. 

Baca Juga: Cristiano Ronaldo Catat Rekor Bareng Manchester United, Fenomenal!

3. Masing-masing 30 hat-trick milik Ronaldo dicetak sebelum dan setelah berusia 30 tahun

5 Catatan Menarik Mengenai Hat-trick Cristiano Ronaldo, Rekor Baru!potret Cristiano Ronaldo (twitter.com/premierleague)

Catatan dan fakta menarik lainnya, Cristiano Ronaldo ternyata mencetak 30 hattrick miliknya sebelum berusia 30 tahun dan 30 hat-trick sisanya setelah berusia 30 tahun. Keseimbangan yang cukup menarik, di mana Ronaldo muda dan Ronaldo tua sama-sama menorehkan catatan serupa.

Dalam akun Instagram resminya, Ronaldo pun mengungkapkan akan membuat perbedaan. Artinya, CR7 akan berusaha menambah koleksi hat-trick-nya setelah berusia 30 tahun sehingga nanti akan ada perbedaan dan rekor anyar lainnya. 

4. Pecahkan hat-trick Ronaldo untuk klub yang pernah dibelanya

5 Catatan Menarik Mengenai Hat-trick Cristiano Ronaldo, Rekor Baru!potret Cristiano Ronaldo (twitter.com/ChampionsLeague)

Cristiano Ronaldo jadi pemain tersukses yang pernah merumput di banyak tempat. Ia sukses merumput di Premier League, LaLiga, dan Serie A. Dalam menorehkan hat-trick, Ronaldo juga berhasil mencetaknya untuk klub yang pernah dibelanya.

Ronaldo memang tidak pernah mencetak tiga gol untuk Sporting Lisbon. Akan tetapi, ia telah menorehkan 3 hat-trick untuk Manchester United, 3 hat-trick untuk Juventus, dan 44 hat-trick lagi untuk Real Madrid. Sisanya dicetak untuk tim nasional. 

5. Ronaldo juga cetak banyak hat-trick untuk tim nasional Portugal

5 Catatan Menarik Mengenai Hat-trick Cristiano Ronaldo, Rekor Baru!potret Cristiano Ronaldo (instagram.com/cristiano)

Tidak hanya untuk klub, tim nasional Portugal juga banyak pendapatkan hat-trick dari Cristiano Ronaldo. Setidaknya sepuluh hat-trick telah dibubuhkan Ronaldo untuk timnas.

Hat-trick pertama Ronaldo untuk Portugal dicetak pada 6 September 2013 di kualifikasi Piala Dunia 2014. Sedangkan hat-trick terakhir dicetak di kualifikasi Piala Dunia 2022, pada 12 Oktober 2021 lalu.

 

Membahas catatan rekor Cristiano Ronaldo memang gak ada habisnya. Masa kejayaan sang pemain juga belum berakhir. Ia masih haus gol meskipun sudah hampir berkepala empat. 

Baca Juga: Cristiano Ronaldo Mau Main Hingga 40 Tahun!

Akromah Zonic Photo Verified Writer Akromah Zonic

"Sometimes to stay alive, you gotta kill your mind" (Tyler Joseph)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya