Petualangan dan Kiprah Alvaro Morata di 4 Klub Elite Eropa, Mantul!

Alvaro Morata dilaporkan akan pulang ke Spanyol

Alvaro Morata beruntung bisa mencicipi karier bersama sejumlah klub besar di Eropa. Bermula di tanah kelahirannya, Spanyol, lalu ke Italia, sampai ke Inggris, Morata terbilang sukses.

Kabarnya, Morata akan kembali ke Atletico Madrid usai masa pinjamannya berakhir di Juventus (2020—2022). Klub berjuluk Si Nyonya Tua kesulitan mengamankan jasa sang pemain. Perjalanan karier Morata cukup menarik untuk diulik. Berikut kami rangkum petualangan dan kiprah Morata untuk empat klub elite yang pernah dibela.

1. Kisah Alvaro Morata yang pernah bermain di tim cadangan

Petualangan dan Kiprah Alvaro Morata di 4 Klub Elite Eropa, Mantul!Alvaro Morata saat masih membela Real Madrid. (twitter.com/WhoScored)

Petualangan Alvaro Morata tidak semulus kariernya sekarang. Dulu ia pernah mengenyam rumput di tim cadangan, Real Madrid Castilla, selama empat tahun (2010—2013). Morata mencetak 44 gol dan 12 assist dari 85 penampilan untuk Real Madrid Castilla. 

Meski demikian, sebenarnya Jose Mourinho telah mengizinkan Morata debut di LaLiga pada 12 Desember 2010. Morata juga sering bermain untuk tim utama pada saat itu. Ia baru secara resmi dikontrak Los Blancos pada musim panas 2013.

2. Real Madrid hanya dua musim memakai jasa Alvaro Morata 

Petualangan dan Kiprah Alvaro Morata di 4 Klub Elite Eropa, Mantul!Alvaro Morata saat masih membela Real Madrid (apnews.com)

Alvaro Morata meneken kontrak untuk tim utama Real Madrid pada 1 Juli 2013. Namun, kala itu posisi penyerang tengah lebih sering diisi oleh Cristiano Ronaldo dan Karim Benzema. Morata sering duduk di bangku cadangan yang membuatnya hanya tampil 34 kali di seluruh ajang. Morata mencetak 9 gol dan 1 assist. Kemudian ia pun dijual ke Juventus.

Real Madrid sempat membawa pulang Morata pada 2016 dan kala itu ia tampil memuaskan. Morata mencetak 20 gol dan 6 assist dalam 43 penampilan, tetapi Chelsea menggaetnya ke Premier League setahun setelahnya. 

Baca Juga: Dusan Vlahovic Mulai Ancam Alvaro Morata di Juventus

3. Kiprah Alvaro Morata di Juventus

Petualangan dan Kiprah Alvaro Morata di 4 Klub Elite Eropa, Mantul!Alvaro Morata saat membela Juventus. (twitter.com/WhoScored)

Juventus jadi klub paling banyak menggunakan jasa Morata. Dari seluruh karier sang pemain, 185 pertandingan telah dilalui bersama Si Nyonya Tua. Morata juga menyumbang 59 gol dan 39 assist untuk raksasa Italia tersebut.

Awal mulanya, Morata membela klub dari 2014 sampai dengan 2016. Ia sempat bertualang ke sejumlah klub besar lain hingga terakhir kali kembali ke Juventus dengan status pinjaman pada tahun 2020—2022.

4. Alvaro Morata juga pernah bertualang ke English Premier League

Petualangan dan Kiprah Alvaro Morata di 4 Klub Elite Eropa, Mantul!Alvaro Morata saat masih membela Chelsea. (twitter.com/WhoScored)

Alvaro Morata jadi buah bibir di mana-mana karena memecahkan rekor transfer saat direkrut oleh klub English Premier League (EPL), Chelsea. Klub berjuluk The Blues menebusnya dengan nilai 66 juta euro atau sekitar Rp1 triliun.

Namanya semakin naik daun usai mencetak 1 gol dan 1 assist dalam laga debutnya pada 12 Agustus 2017. Sebanyak 72 laga dimainkan Morata selama membela Chelsea dengan 24 gol dan 6 umpan yang dipersembahkan.

5. Sekarang Morata bisa kembali ke Atletico Madrid

Petualangan dan Kiprah Alvaro Morata di 4 Klub Elite Eropa, Mantul!Alvaro Morata saat membela Atletico Madrid. (twitter.com/WhoScored)

Saat masih terikat kontrak di Chelsea, Alvaro Morata pernah dipinjamkan ke Atletico Madrid selama satu tahun (2019—2020). Klub terkesan, kemudian mereka resmi membajaknya secara permanen di akhir musim.

Namun, lagi-lagi Morata dipinjamkan dan Juventus yang membutuhkan jasanya. Sejauh ini, Morata telah mencetak 22 gol dan 6 assist dalam 61 penampilan untuk Los Rojiblancos.

 

Tidak ada opsi pembelian dari pihak Juventus untuk Alvaro Morata. Keputusan telah dibuat, Alvaro Morata bisa balik ke Atletico Madrid atau hijrah ke klub baru. Kira-kira, bagaimana nasib Morata selanjutnya?

Baca Juga: 5 Klub yang Bisa Jadi Tujuan Alvaro Morata pada Musim 2022/2023

Akromah Zonic Photo Verified Writer Akromah Zonic

"Sometimes to stay alive, you gotta kill your mind" (Tyler Joseph)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya