Menilik Perjalanan Karier Javier Mascherano Usai Resmi Gantung Sepatu 

Javier pernah membela West Ham, Liverpool dan Barcelona! 

Tepat pada 16 November kemarin, mantan pemain Liverpool dan Barcelona, Javier Mascherano secara resmi mengumunkan gantung sepatu dari sepak bola profesional. Sebenarnya pemain yang bisa berada di posisi gelandang dan bek ini sebelumnya sudah memutuskan pensiun dari Timnas Argentina.

Tetapi Mascherano sejauh ini masih aktif di lapangan dengan klub terakhirnya ialah Estudiantes. Nah, bagaimana riwayat karier Mascherano selama menjadi pemain sepak bola? Berikut ulasan lengkapnya.

1. Javier Mascherano memulai karier di River Plate, lalu ke Corinthians dan West Ham United  

Menilik Perjalanan Karier Javier Mascherano Usai Resmi Gantung Sepatu pinterest.co.uk

Karena lahir di Argentina, Javier Mascherano memulai karier seniornya di klub asal negara tersebut, yakni River Plate selama dua musim dari 2003 sampai 2005. Lalu klub Belanda, Corinthians menjadi singgahan berikutnya. Ia berkarier hanya satu musim dari 2005 sampai 2006.

Javier Mascherano mulai melebarkan sayapnya ke klub Liga Inggris, West Ham United pada Agustus 2006. Kala itu pemain berusia 36 tahun ini direkrut bersamaan dengan rekan setimnya, Carlos Tevez. Tapi ia hanya bertahan semusim dan karena langsung dipinjam dan dipermanenkan oleh Liverpool. 

2. Mascherano pernah satu musim membela Liverpool  

Mascherano pada awalnya hanya sebagai pemain pinjaman di Liverpool sejak Januari 2007. Setahun setelahnya pada Februari 2008 ia resmi dipermanenkan karena penampilan apiknya di lapangan. Sayangnya Mascherano hanya bertahan sebentar sampai tahun 2010 dengan tampil dalam 139 pertandingan

Baca Juga: Usai Gantung Sepatu, 7 Gelandang Ini Lanjutkan Karier sebagai Pelatih

3. Kiprah Javier Mascherano selama 8 tahun bersama Barcelona  

Karier klub terlama Javier Mascherano ialah bersama Barcelona, yakni selama delapan tahun. Ia resmi direkrut dengan kontrak empat tahun dari Liverpool seharga 22 juta pound pada bulan Agustus 2010.

Selama di Barcelona, Javier Mascherano ikut andil dalam memenangkan 19 trofi dengan 334 penampilan. Ia biasa bermain di posisi gelandang bertahan, jadi hanya satu gol yang mampu disumbangkannya.

4. Dua klub terakhir yang dibela Javier Mascherano  

Pada 2018, Hebei China Fortune menjadi singgahan Javier Mascherano selanjutnya. Ia dijual seharga 5,5 juta euro oleh El Barca. Akan tetapi di musim dingin Januari 2020 lalu ia pulang ke klub negara asalnya, yakni Club Estudiantes de La Plata.

Ternyata Mascherano ingin mengakhiri karier sepak bolanya di Estudiantes meski kontraknya baru akan habis di Juni 2021 mendatang. Pengumuman pensiun dirinya secara resmi diumumkan di akun Twitter resmi milik klub.

5. Karier internasional Javier bersama Argentina  

Perjalanan Mascherano di timnas Argentina sudah sejak September 2001. Tapi ia baru mulai ikut di tim senior pada 2003. Ia memutuskan berhenti dari karier internasional pada 2018 setelah menorehkan 147 caps.

Sayang sekali ia tak pernah meraih trofi bersama Argentina. Prestasinya hanya sampai perepat final di Piala Dunia 2010 usai kalah oleh Jerman, menjadi runner-up di Piala Dunia 2014 dan peringkat kedua di Copa America 2004, 2007, 2015, dan 2016.

Memang butuh proses yang panjang untuk berkarier menjadi pesepak bola profesional di Eropa. Riwayat karier Javier Mascherano bisa jadi contoh kerja keras yang luar biasa. Setuju?

Baca Juga: 10 Potret Robin Van Persie yang Makin Keren Usai Gantung Sepatu

Akromah Zonic Photo Verified Writer Akromah Zonic

"Sometimes to stay alive, you gotta kill your mind" (Tyler Joseph)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya