Comscore Tracker

7 Pemain Cetak Gol Penalti di Piala Dunia 2022, Messi hingga Ronaldo!

Ada banyak kejutan di Qatar

Piala Dunia 2022 Qatar menyajikan tontonan menarik pada pertandingan pertama babak penyisihan grup. Para penghuni Grup A sampai Grup  selesai menjalani laga pembuka mereka.

Beberapa pertandingan berakhir mengejutkan. Sebut saja Argentina dan Jerman yang kalah oleh tim nonunggulan. Dari sisi pemain, ada banyak pula yang mencetak gol, tidak terkecuali gol penalti.

Tujuh pemain cetak gol penalti di Piala Dunia 2022, termasuk Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo, dua pemain terbaik di dunia.

1. Enner Valencia (Timnas Ekuador) 

7 Pemain Cetak Gol Penalti di Piala Dunia 2022, Messi hingga Ronaldo!Enner Valencia (fifa.com)

Timnas Ekuador jadi tim tamu pertama yang berhasil menaklukkan tuan rumah dalam sejarah pertandingan pembuka turnamen antardunia. Tim berjuluk La Tri tersebut menang 2-0 atas Timnas Qatar di Piala Dunia 2022 Qatar, Minggu (20/11/2022).

Di balik kemenangan itu, ada kontribusi besar Enner Valencia. Kapten berusia 33 tahun tersebut berhasil dua kali menjebol gawang tuan rumah. Gol pertama dicetak dari titik putih. Ini merupakan kali pertama gol penalti jadi gol perdana di Piala Dunia. 

2. Mehdi Taremi (Timnas Iran) 

7 Pemain Cetak Gol Penalti di Piala Dunia 2022, Messi hingga Ronaldo!Mehdi Taremi (instagram.com/teammellifootball)

Wakil Timur Tengah lainnya, Timnas Iran, menelan hasil pahit di Stadion Internasional Khalifa pada 21 November 2022 lalu. Mereka dibantai habis-habisan oleh wakil Eropa, Timnas Inggris, hingga skor 2-6.

Saat Timnas Iran sudah tertinggal 0-4, Mehdi Taremi menciptakan gol hiburan pada menit ke-65. Sayang, Iran kembali digempur dengan dua gol sehingga Inggris unggul 6-1. Kemudian, pemain ini mencetak gol penalti, tetapi pada sisa tambahan waktu sehingga tidak berarti apa-apa.

3. Gareth Bale (Timnas Wales) 

7 Pemain Cetak Gol Penalti di Piala Dunia 2022, Messi hingga Ronaldo!Gareth Bale (twitter.com/FIFAWorldCup)

Gareth Bale jadi pahlawan yang menyelamatkan Timnas Wales dari jurang kekalahan. Berjumpa dengan Timnas Amerika Serikat, tim besutan Robert Page gagal memperoleh poin penuh pada Senin (21/21/2022). 

Kedua tim itu bermain saling balas serangan, tetapi Wales dijebol lebih dahulu oleh Timothy Weah pada menit ke-36. The Dragons hampir kalah sampai akhirnya mereka diuntungkan dengan hadiah penalti. Tendangan maut Gareth Bale sukses menembus gawang Star Stripes. Laga berujung imbang 1-1.

Baca Juga: Lionel Messi Kolaborasi dengan Es Krim Mitra Piala Dunia 2022

4. Lionel Messi (Timnas Argentina) 

7 Pemain Cetak Gol Penalti di Piala Dunia 2022, Messi hingga Ronaldo!Lionel Messi (twitter.com/FIFAWorldCup)

Digembar-gemborkan dari jauh-jauh hari, Lionel Messi malah gagal membawa timnya menang. Bahkan, mereka kalah oleh tim nonunggulan. Timnas Argentina dibekuk oleh Timnas Arab Saudi di Stadion Lusail pada Selasa (22/11/2022). 

Saat Lionel Messi mencetak gol penalti pada babak pertama, La Albiceleste memiliki harapan besar. Apalagi mereka punya permainan yang memukau dan peluang yang banyak. Namun, Saleh Al-Shehri melesatkan dua gol pada babak kedua. Skor 1-2 tak berubah sampai laga usai.

5. Ilkay Guendogan (Timnas Jerman)

7 Pemain Cetak Gol Penalti di Piala Dunia 2022, Messi hingga Ronaldo!Ilkay Guendogan (twitter.com/FIFAWorldCup)

Nasib serupa terjadi kepada Timnas Jerman yang kalah 1-2 oleh Timnas Jepang. Bermain sangar pada babak pertama, gempuran dari pemain depan Die Mannschaft tak sanggup menembus gawang Samurai Blue yang dijaga Shuichi Gonda pada Rabu (23/11/2022) malam. 

Skenario kekalahan yang dialami Timnas Jerman juga sama. Awalnya mereka unggul lewat penalti yang dieksekusi Ilkay Guendogan pada babak pertama. Sial, mereka malah dibobol dua gol pada babak kedua oleh pemain pengganti, Ritsu Doan dan Takuma Asano.

6. Ferran Torres (Timnas Spanyol)

7 Pemain Cetak Gol Penalti di Piala Dunia 2022, Messi hingga Ronaldo!Ferran Torres (instagram.com/ferrantorres)

Sementara itu, peserta Grup E lainnya, Timnas Spanyol, sukses memperoleh hasil memuaskan pada Rabu malam (23/11/2022). Mereka pesta sampai tujuh gol tanpa balas saat bersua Timnas Kosta Rika di Stadion Al Thumama.

Dari jajaran pencetak gol, terselip nama Ferran Torres. Winger 22 tahun ini menyumbangkan dua gol untuk La Roja. Satu gol dicetak di titik putih setelah Jordi Alba dilanggar pemain Kosta Rika, Oscar Duarte.

7. Cristiano Ronaldo (Timnas Portugal) 

7 Pemain Cetak Gol Penalti di Piala Dunia 2022, Messi hingga Ronaldo!Cristiano Ronaldo (twitter.com/selecaoportugal)

Timnas Portugal menang 3-2 dari Timnas Ghana di Stadion 974, Kamis malam (24/11/2022). Salah satu gol Selecao dicetak Cristiano Ronaldo. 

Ronaldo sempat menciptakan gol pada menit ke-31, tetapi dianulir sebab ada pelanggaran. Usai tanpa gol pada babak awal, ia akhirnya membuat keunggulan pertama melalui sepakan penalti pada menit ke-65. 

Kini Cristiano Ronaldo jadi pemain pertama yang sukses mencetak gol secara beruntun di lima edisi Piala Dunia. Sebelumnya tidak ada pemain yang mampu melakukannya.

Nama lainnya, Robert Lewandowski dan Alphonso Davies, juga mendapat kesempatan penalti dalam laga pertama Piala Dunia 2022 Qatar. Namun, mereka tidak berhasil mengeksekusinya menjadi gol.

Baca Juga: Sederet Dosa Cristiano Ronaldo kepada MU di Musim 2022/23

Akromah Zonic Photo Verified Writer Akromah Zonic

"Sometimes to stay alive, you gotta kill your mind" (Tyler Joseph)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya