5 Nama Terkenal yang Debut Liga Champions di Bawah Asuhan Erik ten Hag

Erik ten Hag telah melejitkan sejumlah nama bintang di UCL

Nama Erik ten Hag sedang jadi perbincangan hangat. Setelah habis kontrak dengan Ajax, pria berusia 52 tahun tersebut akan langsung diangkat menjadi manajer Manchester United untuk musim depan (2022/23).

Menilik perjalanan karier Ten Hag, ada sejumlah nama bintang yang sempat diperkenalkan olehnya di ajang Eropa. Salah satunya Sebastien Haller yang sempat jadi sorotan. Selain Haller, berikut sejumlah nama terkenal yang melakoni debut Liga Champions Eropa di bawah asuhan Erik ten Hag.

1. Matthijs de Ligt

5 Nama Terkenal yang Debut Liga Champions di Bawah Asuhan Erik ten Hagpotret Matthijs de Ligt (instagram.com/mdeligt_)

Tim junior Ajax jadi salah satu tempat akademi sepak bola yang cukup terkenal. Ajax telah melahirkan banyak nama terkenal yang sukses di Eropa. Matthijs de Ligt juga lulusan dari sana. Ia diangkat ke tim utama pada bulan Januari 2017.

Pada 2 Oktober 2018, untuk pertama kalinya, Erik ten Hag memberi kesempatan kepada Matthijs de Ligt untuk tampil di Liga Champions. Saat itu Ajax ditahan imbang 1-1 oleh Bayern Munchen di Allianz Arena.

Bek berusia 22 tahun tersebut sekarang membela Juventus. Ia resmi direkrut raksasa Italia pada 18 Juli 2019. Sejauh ini, Matthijs de Ligt telah tampil dalam 113 penampilan bersama Juventus.

2. Frenkie de Jong

5 Nama Terkenal yang Debut Liga Champions di Bawah Asuhan Erik ten Hagpotret Frenkie de Jong (instagram.com/frenkiedejong)

Frenkie de Jong bisa dibilang cukup sukses merumput di Spanyol bersama Barcelona sejak musim panas 2019. Namun, jauh sebelum itu, sang gelandang pertama kali bermain di ajang Eropa bersama Ajax.

Frenkie de Jong melakoni debut di Liga Europa pada 2016. Dua tahun setelahnya, ia melakoni debut Liga Champions di bawah asuhan Erik Ten Hag pada 19 September 2018 dalam kemenangan 3-0 atas AEK Athens.

Baca Juga: 10 Potret Frenkie de Jong, Pemain Tengah Barcelona yang Serbabisa

3. Donny van de Beek

5 Nama Terkenal yang Debut Liga Champions di Bawah Asuhan Erik ten Hagpotret Donny van de Beek (instagram.com/donnyvdbeek)

Donny van de Beek juga lulusan dari akademi Ajax. Ia telah bermain untuk tim junior Ajax sejak berusia 11 tahun pada 2008. Pada Januari 2016, pemain berdarah asli Belanda tersebut resmi diangkat ke tim utama.

Pada hari yang sama dengan Frenkie de Jong, Donny van de Beek juga melakoni debutnya di Liga Champions. Ia berhasil tampil mengesankan dengan ikut membubuhkan satu gol untuk Ajax. 

Sayangnya, karier Donny van de Beek agak meredup sejak bergabung dengan Manchester United pada musim panas 2020. Saat ini ia sedang menjalani masa pinjaman di Everton selama setengah musim sampai 31 Mei 2022 nanti.

4. Hakim Ziyech

5 Nama Terkenal yang Debut Liga Champions di Bawah Asuhan Erik ten Hagpotret Hakim Ziyech (instagram.com/hziyech)

Hakim Ziyech telah bersinar bersama Chelsea. Ia jadi gelandang serang kepercayaan klub sejak direkrut pada musim panas 2020 lalu dari Ajax. Sang gelandang pun ikut meraih gelar Liga Champions pertamanya bersama The Blues pada musim 2020/2021 lalu. 

Sebelum meraih kesuksesan tersebut, Erik ten Hag jadi pelatih yang pertama kali memperkenalkan Ziyech di ajang teratas Eropa tersebut. Hakim Ziyech juga melakoni debutnya pada 19 September 2018. Saat itu Erik Ten Hag memang memperkenalkan banyak nama.

5. Sebastien Haller

5 Nama Terkenal yang Debut Liga Champions di Bawah Asuhan Erik ten Hagpotret Sebastien Haller (twitter.com/AFCAjax)

Pada usia 27 tahun, Sebastien Haller baru melakoni laga debutnya di Liga Champions 2021/2022. Siapa sangka, Haller kala itu mampu mencetak empat gol sekaligus untuk Ajax. Klub menang 1-5 atas Sporting Lisbon.

Namun, Ajax tersingkir pada babak enam belas besar oleh Benfica. Sementara itu, dalam total 8 penampilan, Sebastien Haller sukses mencetak 11 gol dan 2 assist.

Di daftar ini, pemain asal Pantai Gading tersebut jadi satu-satunya pemain yang masih berseragam Ajax. Kontraknya masih akan bertahan sampai Juni 2025.

 

Donny van de Beek akan diasuh kembali oleh Erik ten Hag musim depan (2022/23). Ia diharapkan bisa mengembalikan performa sang pemain ataupun keseluruhan skuad Manchester United.

Baca Juga: 10 Fakta Sebastien Haller, Top Skor Sementara Liga Champions

Akromah Zonic Photo Verified Writer Akromah Zonic

"Sometimes to stay alive, you gotta kill your mind" (Tyler Joseph)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya