Doyan Belanja, 6 Pemain Telah Diboyong Chelsea pada Musim Dingin 2023

Graham Potter jor-joran belanja pemain

Merujuk kepada data Transfermarkt, Chelsea jadi klub Eropa paling boros pada jendela transfer musim panas 2022 lalu. The Blues menghabiskan dana hingga 281,99 juta euro atau setara Rp4,6 triliun demi merekrut 7 pemain, salah satu di antaranya berstatus pinjaman.

Belum puas dengan hasil yang ada, Chelsea jor-joran lagi belanja pemain pada musim dingin 2023 ini. Memasuki pekan ketiga bursa transfer, total enam nama sudah merapat ke Stamford Bridge, termasuk Joao Felix sebagai pemain pinjaman.

Habiskan dana 178,5 juta euro atau setara Rp2,9 triliun, berikut enam pemain yang telah diboyong Chelsea pada musim dingin 2023!

1. Mykhaylo Mudryk

Doyan Belanja, 6 Pemain Telah Diboyong Chelsea pada Musim Dingin 2023Mykhaylo Mudryk (premierleague.com)

Chelsea berani menggelontorkan dana besar demi pemain asal Ukraina yang notabenenya belum pernah mengepakkan sayap ke luar negeri. Dia adalah Mykhaylo Mudryk, winger muda berusia 22 tahun yang direkrut dari Shakhtar Donetsk senilai 70 juta euro (Rp1,1 triliun).

Meski belum pernah membela klub unggulan di liga top, Mudryk punya pengalaman bermain di kompetisi Eropa. Ia mencetak 3 gol dan 2 assist dalam 6 penampilan di babak penyisihan grup Liga Champions (UCL) 2022/2023. Mungkin itulah yang membuat The Blues tertarik.

Mykhaylo Mudryk mendapat kontrak panjang, yakni berdurasi 8,5 tahun yang akan bertahan hingga Juni 2031. Mudryk sudah melakoni debutnya untuk Chelsea dalam laga melawan Liverpool di English Premier League (EPL) pada 21 Januari 2022 lalu.

2. Benoit Badiashile

Doyan Belanja, 6 Pemain Telah Diboyong Chelsea pada Musim Dingin 2023Benoit Badiashile (chelseafc.com)

Semua rekrutan Chelsea pada musim dingin kali ini masih berusia muda, termasuk Benoit Badiashile yang baru menginjak usia 21 tahun. Badiashile diboyong dari AS Monaco dengan kesepakatan transfer senilai 38 juta euro (Rp621 miliar).

Sama seperti Mudryk, Chelsea tak main-main menyodorkan kontrak berdurasi panjang kepada Badiashile. Bek tengah kelahiran Prancis yang memiliki darah Afrika tersebut diberi kontrak 7,5 tahun yang akan mengikatnya hingga 2030 mendatang.

Badiashile punya catatan 135 penampilan selama berseragam AS Monaco. Maka, tak heran ia langsung mendapat jam main penuh dalam dua pertandingan awalnya bersama The Blues. Badiashile tampil saat melawan Crystal Palace dan Liverpool di EPL. 

3. Noni Madueke

Doyan Belanja, 6 Pemain Telah Diboyong Chelsea pada Musim Dingin 2023Noni Madueke (premierleague.com)

Winger muda lainnya datang dari klub Belanda. Pada 20 Januari 2023 lalu, Noni Madueke resmi merapat ke Stamford Bridge dengan kontrak berdurasi 7,5 tahun dan opsi perpanjangan setahun. Sang pemain ditebus 35 juta euro (Rp567 miliar) dari PSV Eindhoven.

Madueke sendiri merupakan pemain keturunan Nigeria yang lahir di Inggris pada 10 Maret 2002 silam. Ia melancong ke Belanda untuk bergabung akademi PSV Eindhoven pada 2018. Sejak diangkat ke tim utama pada 2020, Madueke berhasil mencetak 20 gol dan 14 assist dalam 80 penampilan.

Dilansir laman ESPN, kembali ke Inggris dan bermain di Premier League adalah mimpi Noni Madueke dan keluarganya. Ia mengaku sudah tidak sabar ingin segera melakoni debutnya untuk Chelsea karena sejauh ini Madueke memang belum sempat diturunkan oleh Graham Potter. 

Baca Juga: 5 Klub dengan Pengeluaran Terbanyak dalam Satu Musim, Chelsea Teratas!

4. Andrey Santos

Doyan Belanja, 6 Pemain Telah Diboyong Chelsea pada Musim Dingin 2023Andrey Santos (instagram.com/andreysantos_5)

Selanjutnya ada talenta asal Brasil, Andrey Santos, yang datang ke Chelsea dengan semangat tinggi. Masih dilansir laman ESPN, youngster 18 tahun tersebut mengatakan senang mendapat kesempatan besar bisa bergabung dengan klub elite di liga top. 

Andrey Santos baru diperkenalkan Vasco da Gama ke sepak bola profesional pada Januari 2022. Bermain sebagai gelandang, Santos sudah memiliki catatan 8 gol dan 37 penampilan. Lalu, Chelsea merekrutnya senilai 12,5 juta euro (Rp203 miliar) pada 6 Januari 2023 lalu. 

5. David Datro Fofana

Doyan Belanja, 6 Pemain Telah Diboyong Chelsea pada Musim Dingin 2023David Datro Fofana (chelseafc.com)

David Datro Fofana meninggalkan klub Norwegia, Molde FK, untuk meneken kontrak berdurasi 6,5 tahun (sampai 2029) dengan Chelsea. The Blues mengeluarkan dana 12 juta euro atau sekitar Rp195 miliar saat menebus striker asal Pantai Gading tersebut. 

Dalam kurun waktu dua tahun membela Molde FK, David Datro Fofana berhasil mengoleksi 24 gol dan 10 assist dari 65 penampilan. Sayangnya, ia masih duduk di kursi cadangan saat Chelsea bermain di Premier League. Akan tetapi, Fofana sudah melakoni debut di FA Cup pada 8 Januari 2023. 

6. Joao Felix (pinjaman)

Doyan Belanja, 6 Pemain Telah Diboyong Chelsea pada Musim Dingin 2023Joao Felix (chelseafc.com)

Terakhir, Chelsea bersedia memberikan uang 11 juta euro (Rp178 miliar) untuk meminjam Joao Felix dari Atletico Madrid. Menurut laporan Sky Sports, Felix diizinkan pergi ke Chelsea lantaran hubungannya dengan Diego Simeone sedang kurang baik.

Masa pinjaman Felix di Chelsea hanya setengah musim sampai akhir 2022/2023. Ia akan kembali ke Atletico Madrid pada 30 Juni 2023. Namun, baru juga tampil sekali melawan Fulham, Joao Felix malah diganjar kartu merah dan telah melewatkan dua pertandingan lainnya di EPL. 

Chelsea memang sedang krisis pemain akibat badai cedera. Total, sembilan pemain masuk ruang medis, termasuk para andalan seperti N'Golo Kante, Reece James, bahkan Raheem Sterling. Oleh sebab itu, enam pemain anyar tadi diharapkan bisa mengisi kekosongan skuad Graham Potter.

Baca Juga: Ditebus Mahal, Benarkah Chelsea Membutuhkan Mykhaylo Mudryk?

Akromah Zonic Photo Verified Writer Akromah Zonic

"Sometimes to stay alive, you gotta kill your mind" (Tyler Joseph)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya