Comscore Tracker

6 Pemain Klub Medioker Bundesliga Perkuat Jerman di Piala Dunia 2022

Niclas Fuellkrug jadi pahlawan Jerman

Pelatih Timnas Jerman, Hansi Flick, tak perlu melirik pemain di luar Bundesliga Jerman. Pasalnya, para pemain berkualitas rata-rata bersarang di klub lokal, khususnya di Bayern Munich dan Borussia Dortmund.

Hal itu diperkuat daftar nama yang ada di skuad Jerman di Piala Dunia 2022 Qatar. Mayoritas datang dari klub lokal. Bahkan, Flick mencomot sejumlah pemain dari klub papan tengah.

Alih-alih menyoroti pemain berlabel bintang milik klub top, ternyata terselip enam pemain klub medioker Bundesliga yang perkuat Jerman di Piala Dunia 2022. Itu termasuk Niclas Fuellkrug yang sedang jadi buah bibir.

1. Kevin Trapp (Eintracht Frankfurt) 

6 Pemain Klub Medioker Bundesliga Perkuat Jerman di Piala Dunia 2022Kevin Trapp (instagram.com/kevintrapp)

Jangan remehkan penjaga gawang berusia 32 tahun ini. Walau perannya pelapis di Timnas Jerman, Kevin Trapp adalah kiper utama di klubnya, Eintracht Frankfurt. Ia jadi langganan di bawah mistar gawang. 

Sebelum jeda Piala Dunia 2022, Kevin Trapp selalu jadi starter dalam 24 pertandingan yang dilakoninya bersama Eintracht Frankfurt pada awal 2022/2023. Catatan itu termasuk di kompetisi penting macam Liga Champions Eropa (UCL).

2. Matthias Ginter (SC Freiburg) 

6 Pemain Klub Medioker Bundesliga Perkuat Jerman di Piala Dunia 2022Matthias Ginter (instagram.com/matzeginter28)

Matthias Ginter sempat berkelana ke Borussia Dortmund dan Borussia Moenchengladbach selama 8 tahun. Akan tetapi, ia kembali ke klub masa kecilnya, SC Freiburg, pada musim panas 2022 lalu. 

Ginter memang belum dimainkan di Piala Dunia 2022, tetapi sebelumnya merupakan pemain penting Jerman di Piala Eropa 2020. Penampilan solid di level klub jadi modalnya diajak ke Qatar. Bek 28 tahun tersebut mencetak 3 gol dan 4 assist dalam 23 penampilan untuk Freiburg musim ini.

3. Christian Guenter (SC Freiburg)

6 Pemain Klub Medioker Bundesliga Perkuat Jerman di Piala Dunia 2022Christian Gunter (instagram.com/cg30)

Rekan setim Matthias Ginter di SC Freiburg, Christian Guenter, ikut terpilih ke dalam skuad Jerman di Piala Dunia 2022. Guenter sendiri merupakan pemain senior yang sekarang memegang ban kapten Freiburg. Usianya saat ini sudah 29 tahun. 

Selama menapaki karier sepak bola, Guenter setia mengabdi kepada Freiburg. Hingga sekarang, jasanya belum tergantikan. Christian Guenter memimpin 23 pertandingan dan membuat 3 assist di level klub musim ini.

Baca Juga: 5 Negara Terakhir yang Jadi Lawan Pertama Timnas Jerman di Piala Dunia

4. Mario Gotze (Eintracht Frankfurt) 

6 Pemain Klub Medioker Bundesliga Perkuat Jerman di Piala Dunia 2022Mario Gotze (instagram.com/mariogotze)

Mario Gotze yang pernah bersinar kini dinaungi klub medioker, Eintracht Frankfurt, sejak musim panas 2022. Rupanya ia menemukan kembali skema yang pas untuknya. Dalam 23 penampilan, dirinya masih mampu menciptakan 2 gol dan 4 assist. 

Aksi heroik Mario Gotze di Piala Dunia 2014 Brasil akan selalu dikenang indah oleh publik Jerman. Gol tunggal yang dicetaknya ke gawang Argentina memastikan kemenangan Jerman di partai puncak. Die Mannschaft pun kelaur sabagai juara pada saat itu. 

Sejak Piala Eropa 2016, Gotze jarang seliweran lagi di timnas menyusul tidak dipanggil namanya ke Piala Dunia 2018 dan Piala Eropa 2020. Setelah sekian lama hilang dari pandangan, ia akhirnya ikut ke Qatar dan dimainkan pada laga pertama kontra Jepang walau cuma 11 menit.

5. Jonas Hofmann (Borussia Moenchengladbach)

6 Pemain Klub Medioker Bundesliga Perkuat Jerman di Piala Dunia 2022Jonas Hofmann (instagram.com/jonasho23)

Semua pemain yang datang dari klub nonunggulan di Bundesliga Jerman berusia 28 tahun ke atas. Jonas Hofmann sendiri sekarang sudah memasuki usia 30 tahun, tetapi kualitasnya masih mumpuni di level klub.

Buktinya, Hofmann mencatatkan 7 gol dan 7 assist hanya dari 15 penampilan untuk Borussia Moenchengladbach musim ini. Jerman juga sudah mengandalkannya dalam dua laga fase grup Piala Dunia 2022. Hanya saja menit bermain Hofmann masih minim.

6. Niclas Fuellkrug (SV Werder Bremen)

6 Pemain Klub Medioker Bundesliga Perkuat Jerman di Piala Dunia 2022Niclas Fullkrug (instagram.com/niclas.fuellkrug24)

Yang tengah jadi sorotan adalah Niclas Fuellkrug, penyelamat Jerman dari terkaman Spanyol. Pada putaran kedua fase grup Piala Dunia 2022, Die Mannschaft hampir kalah. Untungnya, Fuellkrug mencetak gol telat pada menit ke-83 yang membuat laga berujung imbang 1-1.

Niclas Fuellkrug sendiri merupakan pemain berusia 29 tahun yang saat ini berseragam Werder Bremen. Bukan pemain ecek-ecek, Fuellkrug ternyata sedang moncer bersama klubnya. Sejauh musim ini, dari 16 penampilan saja, ia sudah mencetak 10 gol dan 3 assist. 

Semua pemain dari klub medioker Bundesliga Jerman tadi sedang dalam performa terbaik di klub masing-masing. Jadi, tak heran kalau Hansi Flick membawa mereka ke Piala Dunia 2022 Qatar. Bisa diandalkan saat situasi genting.

Baca Juga: Duo Pencetak Gol Timnas Jepang Bermain di Bundesliga Jerman

Akromah Zonic Photo Verified Writer Akromah Zonic

"Sometimes to stay alive, you gotta kill your mind" (Tyler Joseph)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya