5 Pemain Paling Banyak Melesatkan Shot on Target di Piala Dunia 2022

Siapa paling jago melepaskan tembakan maut?

Bagian paling seru dalam permainan sepak bola biasanya terjadi ketika tembakan dilesatkan ke arah gawang. Hal tersebut merupakan upaya pemain depan untuk menghasilkan gol. Semakin banyak tembakan, pertandingan akan semakin mendebarkan.

Meski tidak semua berbuah gol, tembakan yang dilesatkan selalu berhasil mengancam pertahanan lawan. Terlebih lagi jika tembakan itu tepat sasaran ke arah gawang, peluang gol semakin terbuka lebar. Oleh sebab itu, shot on target tak kalah penting. 

Di Piala Dunia 2022 Qatar yang sudah selesai digelar, sejumlah nama berhasil mencatatkan banyak tembakan. Bahkan, ada lima nama yang paling banyak melesatkan shot on target di turnamen tersebut. Siapa saja?

1. Lionel Messi (13 tembakan)

5 Pemain Paling Banyak Melesatkan Shot on Target di Piala Dunia 2022Lionel Messi (twitter.com/Argentina)

Pantas saja Lionel Messi dinobatkan jadi pemain terbaik di Piala Dunia 2022. Selain torehan 7 gol dan 3 assist, Messi juga terhitung melepaskan 32 tembakan dalam tujuh pertandingan. Sebanyak 13 di antaranya berhasil tepat sasaran.

Tim sekelas Prancis pun dibuat kelabakan di pertandingan final. Melansir data dari Squawka, empat dari lima tembakan Lionel Messi sukses mengancam gawang Hugo Lloris. Ia juga mencetak brace pada saat itu dan Argentina jadi juara usai memenangi adu penalti.

2. Kylian Mbappe (11 tembakan)

5 Pemain Paling Banyak Melesatkan Shot on Target di Piala Dunia 2022Kylian Mbappe (twitter.com/KMbappe)

Tak kalah garang, Kylian Mbappe jadi pemain kedua yang paling sering melepaskan tembakan di Piala Dunia 2022. Dari tujuh penampilan yang dilakoni, ia mencatatkan 31 kali tembakan. Bahkan, 11 di antaranya mengarah langsung ke gawang. 

Saat berhadapan dengan Denmark, Kylian Mbappe menciptakan 4 kali shot on target dan disusul 3 kali shot on target saat melumat Polandia. Dalam kedua pertandingan tersebut, pemain Prancis satu ini berhasil mencetak brace.

Maka, jangan heran Mbappe jadi pencetak gol terbanyak yang sukses meraih penghargaan Sepatu Emas di Piala Dunia 2022. Secara keseluruhan, sang pemain mengemas 8 gol dan 2 assist untuk Les Blues.

Baca Juga: 10 Fakta Menarik Olivier Giroud, Bomber Prancis yang Underrated

3. Olivier Giroud (6 tembakan)

5 Pemain Paling Banyak Melesatkan Shot on Target di Piala Dunia 2022Olivier Giroud (instagram.com/oliviergiroud)

Olivier Giroud melepaskan tembakan lebih sedikit, tetapi hampir setengahnya berhasil menggetarkan gawang lawan di Piala Dunia 2022. Meskipun hanya membukukan 4 gol, 6 dari 16 tembakannya tercatat tepat sasaran. 

Saat Prancis menang 4-1 atas Australia pada pertandingan pertama fase grup, lima tembakan Giroud sukses membuahkan dua gol. Pemain senior berusia 36 tahun itu juga mencetak satu gol penting ke gawang Inggris dan meraih penghargaan Man of the Match pada saat itu.

4. Ivan Perisic (6 kali)

5 Pemain Paling Banyak Melesatkan Shot on Target di Piala Dunia 2022Ivan Perisic (instagram.com/ivanperisic444)

Ivan Perisic jadi andalan Zlatko Dalic di Piala Dunia 2022. Perannya sangat vital sebagai pemain sayap Kroasia yang memainkan tujuh pertandingan dengan catatan waktu 671 menit di lapangan. Negaranya juga berhasil finis di posisi ketiga. 

Sama seperti Giroud, Perisic juga punya 16 tembakan dan berhasil mengarahkan 6 di antaranya langsung ke gawang. Namun, bukannya banyak membuahkan gol, Perisic justru lebih sering membuat assist. Ia menyumbang 1 gol dan 3 assist untuk Kockasti.

5. Dani Olmo (6 kali)

5 Pemain Paling Banyak Melesatkan Shot on Target di Piala Dunia 2022Dani Olmo (twitter.com/daniolmo7)

Skuad Spanyol di Piala Dunia 2022 dihuni banyak pemain bintang yang sedang naik daun. Mungkin alasan tersebutlah yang mendasari kenapa nama Dani Olmo kurang mendapat sorotan. Ditambah lagi, La Roja tersisih lebih cepat di babak 16 besar.

Padahal, tidak ada pemain Spanyol dengan tembakan sebanyak Dani Olmo. Ia melepaskan 12 kali tembakan dan setengahnya (6) tepat sasaran. Olmo sejatinya seorang gelandang, tetapi selama di Qatar dimainkan di posisi sayap kiri. Namun, ia hanya bisa mencetak 1 gol dan 1 assist.

 

Sebenarnya sejumlah pemain lainnya juga sering melesatkan tembakan di Piala Dunia 2022 Qatar, tetapi jarang tepat sasaran. Nah, lima pemain di atas paling jago menciptakan shot on target. Siapa jagoan kamu?

Baca Juga: 5 Gelandang U-25 Terbaik Musim Ini, Dani Olmo hingga Frenkie de Jong

Akromah Zonic Photo Verified Writer Akromah Zonic

"Sometimes to stay alive, you gotta kill your mind" (Tyler Joseph)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya