6 Pencetak Gol Tertua dalam Sejarah Liga Champions, Para Legenda!

Para legenda yang masih produktif di usia tua 

Selalu ada yang menarik dari kompetisi kasta teratas di Eropa, yakni Liga Champions. Dari debut pemain hingga torehan gol dicatat dalam sejarah kompetisi tersebut.

Nah, kali ini sejarah mencatat ada beberapa pemain yang sudah tua tapi masih tampil di Liga Champions bahkan mampu mencetak gol. Langsung saja, simak ulasan lengkap enam pencetak gol tertua dalam sejarah Liga Champions berikut ini.

6. Paolo Maldini (36 tahun 10 bulan 29 hari) 

6 Pencetak Gol Tertua dalam Sejarah Liga Champions, Para Legenda!skysports.com

Paolo Maldini tampil membela AC Milan di partai final Liga Champions melawan Liverpool di Stadion Ataturk, Istanbul pada musim 2004/05 silam. Saat itu, Maldini yang mengemban tugas kapten sukses membuka keunggulan di menit awal. Milan unggul 3-0 sampai turun minum.

Namun, comeback memukau The Reds di babak kedua langsung menyamai keunggulan dan skor 3-3 bertahan hingga laga usai. Drama adu penalti akhirnya dimenangkan Liverpool.

Pertandingan final tersebut menjadi sejarah yang tidak akan terlupakan. Selain itu, sejarah juga mencatat Maldini di usianya yang ke-36 tahun, 10 bulan, 29 hari masih mampu mencetak gol.

5. Laurent Blanc (36 tahun 11 bulan 4 hari) 

6 Pencetak Gol Tertua dalam Sejarah Liga Champions, Para Legenda!dailystar.co.uk

Pada musim 2002/03, Manchester United berhasil menang dengan skor 3-2 atas Olympiakos Piraeus. Dalam laga tersebut, Laurent Blanc menjadi pencetak gol pertama di menit ke-21. Pencetak gol lainnya saat itu ialah Juan Veron (menit ke-59 dan Paul Scholes (menit ke-84).

Saat bertanding membela Setan Merah kala itu, Laurent Blanc tepat berusia 36 tahun, 11 bulan, 4 hari menjadikannya pencetak gol tertua di urutan kelima dalam sejarah Liga Champions.

4. Javier Zanetti (37 tahun 2 bulan 10 hari) 

6 Pencetak Gol Tertua dalam Sejarah Liga Champions, Para Legenda!bleacherreport.com

Javier Zanetti menjadi salah satu pencetak gol saat Inter Milan menang 4-3 atas Tottenham Hotspur di Liga Champions pada musim 2010/11 silam. Pertandingan saat itu berlangsung di Italia, tepatnya di stadion San Siro.

Yang menarik ialah usia Zanetti saat itu sudah 37 tahun, 2 bulan, 10 hari. Hal itu menjadikannya pemain tertua yang mampu mencetak gol di kompetisi tersebut dengan berada di urutan keempat dalam sejarah.

3. Filippo Inzaghi (37 tahun 2 bulan 25 hari) 

6 Pencetak Gol Tertua dalam Sejarah Liga Champions, Para Legenda!bleacherreport.com

AC Milan dipertemukan dengan Real Madrid dalam laga penyisihan grup Liga Champions musim 2010/11. Hasilnya imbang dengan skor 2-2, dan kedua gol milik Milan dicetak oleh Filippo Inzaghi.

Pemain yang dikenal dengan julukan Pippo tersebut kala itu sudah memasuki usia 37 tahun, 2 bulan, 25 hari. Tapi hebatnya, saat itu juga ia sukses memecahkan rekor sebagai bomber gol tersubur di Eropa dengan mengoleksi 70 gol.

2. Ryan Giggs (37 tahun 9 bulan 16 hari) 

6 Pencetak Gol Tertua dalam Sejarah Liga Champions, Para Legenda!thetimes.co.uk/PETER POWELL/EPA

Di bawah arahan Sir Alex Ferguson, Ryan Giggs yang sudah memasuki usia 37 tahun, 9 bulan, 16 hari masih dipercaya untuk tampil di Liga Champions musim 2011/12 saat Manchester United bertandang melawan Benfica.

Pertandingan kala itu berakhir imbang dengan skor 1-1. Gol Benfica dicetak oleh Cardozo di menit ke-24. Sedangkan gol Setan Merah dicetak oleh Ryan Giggs pada menit ke-42.

1. Francesco Totti - 38 tahun 1 bulan 29 hari  

6 Pencetak Gol Tertua dalam Sejarah Liga Champions, Para Legenda!goal.com/AFP

Di urutan pertama ada legenda dari AS Roma, Francesco Totti yang masih mampu mencetak gol di Liga Champions saat usianya sudah tak muda lagi. Pada UCL musim 2014/15, CSKA Moscow dipertemukan dengan AS Roma di penyisihan grup.

Kala itu hasilnya imbang 1-1. Gol Roma dicetak oleh Francesco Totti pada menit ke-43 yang kala itu usianya sudah 38 tahun, 1 bulan, 29 hari. Sedangkan gol CSKA sendiri dicetak oleh Vasili Berezutski di menit akhir.

 

Usia bukanlah penghalang untuk terus produktif di lapangan, maka dari itu sejarah Liga Champions mencatatnya. Ada legenda jagoanmu?

Akromah Zonic Photo Verified Writer Akromah Zonic

"Sometimes to stay alive, you gotta kill your mind" (Tyler Joseph)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya